h1

Lunar Eclipse Gerhana Bulan Hari ini Terlama dalam Sejarah

06/15/2011

Lunar Eclipse atau Gerhana Bulan merupakan fenomena alam.  Lunar Eclipse atau gerhana bulan kembali terjadi pagi ini bertepatan 14 Rajab 1432 H -pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2011 adalah gerhana bulan terlama sepanjang sejarah, yakni mencapai 100 menit. Diperkirakan peristiwa gerhana bulan ini berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah, sebab lamanya saat total sekitar 100 menit karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi. Gerhana Bulan hari ini terjadi dan terlama dalam sejarah sebab  gerhana bulan total memang bergantung dari  pertama, jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi dan yang kedua  adalah  jarak bulan terhadap bumi.

Bahkan Logo Google malam ini terlah berubah dengan animasi Gerhana bulan (Lunar Eclipse) dan s eperti yang saya kutip dari Wiki, Gerhana Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.

DOWNLOAD  Proses Terjadinya Gerhana Bulan  Total Lunar Eclipse of 2011 Jun 15

Total Lunar Eclipse of 2011 Jun 15

Total Lunar Eclipse of 2011 Jun 15

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat. Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

Pada tanggal 1 Januari 2010 akan kembali terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS). GBS ini dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia pada saat dini hari di sadur dari BMG.

Gerhana Bulan

Gerhana Bulan 2010

Gerhana Bulan selalu terjadi pada saat Bulan berada pada fase purnama. Namun  demikian, tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan. Hal ini karena orbit Bulan mengelilingi Bumi  tidak bertepatan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2o. Apabila fase bulannya purnama dan posisinya di titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptikalah, gerhana Bulan akan terjadi. Contoh keadaan ini adalah pada tanggal 1 Januari 2010 nanti. Saat itu fase bulan sedang purnama, dan posisinya hampir di titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika. Hal ini dapat diperhatikan pada Gambar 1 di bawah, khususnya yang bagian atas.

Pada Gambar 1 di bawah diperlihatkan skematik proses terjadinya Gerhana Bulan Sebagian. Sebagai catatan, seluruh waktu yang ditampilkan pada Gambar adalah dalam untuk waktu Greenwich atau Universal Time (UT), sehingga penanggalannya pun menjadi lebih awal, yaitu 31 Desember 2009. Untuk waktu di Indonesia, karena lebih cepat 7 s.d. 9 jam daripada UT, maka penanggalannya akan menjadi 1 Januari 2010. Selain itu, untuk setiap tempat, waktu terjadinya gerhana akan berbeda-beda karena kejadian gerhana ini terkait dengan posisi lintang dan bujur pengamat. Untuk selanjutnya, hanya akan diuraikan kejadian gerhana Bulan sebagian ini secara global.

Pada bagian atas Gambar 1, dari kanan ke kiri menunjukkan proses terjadinya gerhana yang dimulai dengan mulai masuknya Bulan pada bayangan Penumbra Bumi, yang dinyatakan dengan P1. Hal ini terjadi pada 31 Desember 2009 pukul 17:17:08 UT. Pada saat tersebut piringan Bulan yang terlihat dari Bumi masihlah utuh. Selanjutnya, Bulan akan memasuki bayangan umbra Bumi pada pukul 18:52:43 UT. Mulai saat ini piringan Bulan akan tertutupi oleh piringan Bumi sehingga yang tampak oleh pengamat bukanlah piringan Bulan secara penuh, tetapi pada bagian pinggirnya akan gelap. Pucak GBS akan terjadi pada pukul 19:22:39,2 UT. Pada pukul 19:52:41 UT Bulan mulai meninggalkan bayangan umbra Bumi dan piringan Bulan yang terlihat dari Bumi kembali utuh. Total proses tertutupnya piringan Bulan ini adalah 59 menit 58 detik. Pada pukul 21:28:11 UT proses gerhana Bulan sebagianpun berakhir. Lama proses GBS ini dari awal hingga akhir adalah 4 jam 11 menit 3 detik.

Sebagaimana terlihat pada bagian bawah Gambar 1, daerah-daerah yang berwarna putih menunjukkan daerah bagi pengamat yang bisa mengamati GBS ini. Adapun daerah yang
berwarna hitam adalah daerah untuk pengamat yang tidak akan bisa mengamati GBS.
Daerah abu-abu sendiri menunjukkan daerah saat kejadian GBS terjadi ketika Bulan di sekitar Horison (terbit atau terbenam). Sebagaimana terlihat, untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah, para pengamat bisa menyaksikan keseluruhan GBS ini. Adapun untuk penduduk di wilayah Indonesia Timur, hanya akan menyaksikan proses dari P1 hingga U4. Proses P4 sendiri, yaitu ketika Bulan meninggalkan bayangan penumbra Bumi tidak akan bisa diamati karena saat itu Bulan sudah terbenam.

Secara astronomis, gerhana Bulan ini disebut GBS karena hanya sebagian piringan Bulan yang tertutupi oleh bayangan umbra Bumi. Pada GBS 1 Januari 2010 ini, piringan Bulan yang tertutupi saat maksimumnya hanyalah 8,2% dari keseluruhan piringan Bulan yang tampak dari Bumi. GBS ini juga termasuk anggota seri Saros ke 115 dan merupakan gerhana yang terjadi ke 57 dari 72 gerhana yang diperkirakan terjadi pada seri Saros ini.

Berbagai Foto Gerhana Bulan, Foto Google

 

 

 

 

 

 





8 komentar

  1. baru habis nyaksi’in gerhana bulan total(total Lunar Eclipse)..
    ngak bsa ngungkapin ma kata2…
    SUBHANALLAH,ALLAHUAKBAR………
    sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan


  2. bagus sekali,alam kuasa penuh keajaiban ini


  3. bagus sekali,alam kuasa penuh keajaiban ini


  4. subhanallah.. 🙂


  5. LOWONGAN KERJA ONLINE GAJI HINGGA 15 JUTA/BULAN, UNTUK PENDAFTARAN DI http://01kerjaonline.blogspot.com/


  6. SUBHANALLAH,ALLAHUAKBAR………
    sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan


  7. subhanallah….


  8. persiapkan diri untuk bersujud kepadanya



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: