h1

Deklarasi Banten Open Source – BAGOS

01/18/2011

RELAWAN TELEMATIKA BANTEN MENDEKLARASIKAN BANTEN GO OPEN SOURCE (BAGOS)

Deklarasi Banten Open Source

Deklarasi Banten Open Source

Pada pukul 10.00 WIB, sabtu, tanggal 15 januari 2011, Relawan Telematika Banten menyelenggarakan peluncuran (launching) Banten Go Open Source (BAGOS) bertempat di kampus BSI,BSD, Tangerang Selatan, yang diikuti oleh kurang lebih 1000 relawan TIK dan masyarakat Blogger, guru-guru TIK, mahasiswa, dan pelajar  se Provinsi Banten, pada event tersebut dihadiri oleh Gubernur Banten yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Banten, serta unsur Kepala SKPD dari Kadishubkominfo Provinsi Banten, Kepala Bappeda Provinsi Banten, Plt.Kepala Kesbangpol Provinsi Banten, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten, Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Kemenkominfo yang diwakili Direktur Pemberdayaan Telematika, Manager Area Serang yang diwakili Asisten Manager Area Serang PT.TELKOM Tbk, Direktur Utama BSI yang diwakili Direktur Marketing BSI.

Azis Keben

Azis Keben

Acara tersebut meliputi, pertama sambutan Ketua Panitia PenyelenggaraBAGOS, Sdr. Asep Muchsin, dalam sambutannya mengatakan bahwa Relawan Telematika Banten melaporkan hasil kegiatan penyelenggaraan event tersebut telah dilaksanakan dengan baik, selanjutnya sambutan dari Ketua Umum Relawan Telematika, Sdr. Tb.Azis Keben, dalam sambutannya mengatakan kepada para audiens “kalau kita menguasai informasi, maka kita akan menguasai dunia, dan juga beliau mengatakan bahwa”informasi adalah sumber dari segalanya dari kehidupan di dunia ini, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah swt dalam alqurnil karim “Hudalinnaas”, Hudal itu adalah petunjuk, petunjuk itu adalah sebuah berita, dan berita itu adalah sebuah informasi, untuk kita mengetahui segala apa-apa  yang kita cita-citakan dan apa-apa yang kita miliki, dan apa-apa yang kita impikan, bahwa kita harus mencari informasi itu sendiri, maka itu beliau mengajak kita semua untuk belajar dan belajar terus tentang informasi, kita sekarang hidup di era teknologi informasi, dimana dunia semakin dekat (borderless), artinya satu negara dengan lain tidak dipisahkan seperti pada jaman dahulu, dengan IT semuanyabisa dilakukan dengan mudah, dengan cara berbisnis, dengan cara berdialog, dengan cara memasarkan hasil produk, daln lain sebagainya, dan juga menghemat biaya yang sangat rendah (efisien).

Undangan Lounching Linux Banten

Undangan Lounching Linux Banten

Pada sambutannya, Gubernur Banten yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi banten, Sdr. Ir.Muhadi,MSP. menyatakan dukungannya terhadap gerak langkah Relawan Telematika Banten, untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsih pemikirannya untuk masyarakat banten pada umumnya, hal ini didukung oleh sambutan dari Kemenkominfo, yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pemberdayaan Telematika, Sdr. Drs. Bambang Prijanto,MSi, dengan memberikan kesempatan kepada Relawan Banten yang dikatakannya sebagai satu-satunya Relawan TIK yang ada di Indonesia berskala nasional, dan satu-satunya Provinsi banten yang memiliki political will dan good will untuk menggunakan dan memanfaatkan Banten Go Open Source (BAGOS) yang bersumber dari IGOS (Indonesia Go Open Source) yang berasal dari OSS (Open Source Software) dan FOSS (Free Open Source Software, sebagaimana diamanatkan dalam IGOS I Tahun 2004 yang dideklarasikan oleh 5 Kemetrian, selanjutnya pada Tahun 2008 IGOS II, yang dideklarasikan oleh 18 Kementrian, dan tanggal 15 Jantuari 2011, Provinsi Banten mendeklarasikan IGOS melalui BAGOS sebagai satu-satunya Provinsi pertama di Indonesia.

Panggung Udangan Linux Banten 1 ribu Undangan

Panggung Udangan Linux Banten 1 ribu Undangan

Launching BAGOS merupakan starting point kegiatan Gathering Party Blogger yang akan dilaksanakan pada minggu ke II bulan april 2011 di serang, dengan penuh harapan Ketua Umum Relawan Telematika Banten (Tb.Azis Keben) bahwa pada event tersebut BAGOS sudah dgunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh SKPD yang ada dilingkungan Provinsi Banten, Kabupaten/Kota, institusi publik, lembaga masyarakat, lembaga pendidikan, dan masyarakat telematika banten, dan meninggalkan software bajakan (ilegal) dari microsoft, dengan demikian Banten akan terbebas dari bajakan software ilegal yang dilarang berdasarkan UU.No.19 Tahun 2009 tentang HAKI, apabila kita tidak melaksanakan pemanfataan dan pengunaan OSS dan FOSS, maka rakyatlah yang akan menanggung beban setiap bulan Rp.20 milyard, dalam hal ini juga untuk mengurangi beban keuangan negara, tidak ada solusi  lain, kecuali memanfaatkan dan menggunakan OSS dan FOSS LINUX, karena negara tidak mengeluarkan biaya untuk software dimaksud 100%.

Undangan Linux Banten

Undangan Linux Banten

Selanjutnya, Ketua Umum Relawan Telematika Banten (Tb.Azis Keben) menyatakan pada akhir sambutannya,bahwa IGOS yang direkayasa dan dimodifikasi oleh Relawan Telematika Banten, menciptakan software LINUX sama persis fiturnya dan 3D dengan yang ada di software di microsoft, sehingga tidak meyulitkan bahkan memudahkan pengguna software LINUX bagi semua masyarakat yang ada di Provinsi Banten, artinya itulah sumbangsih pemikiran Relawan Telematika Banten bagi masyarakat Banten sebagai bentuk kecintaan dan semangat membangun informasi masyarakat Banten (MIB) pada tahun 2013.

(Sumber: FORMAT BANTEN)

5 komentar

  1. pesertanya luar biasa banyak.. semoga tujuannya tercapai..


    • Amin.. iya pesertanya kemarin membudlak, namun dengan segala keterbatasan tidak akan mengurangi tujuan yang ada.. BANTEN go Open Source


  2. Luar biasa semoga sukses ijin share yach


  3. Salam kenal yach



Tulis Balasan...