h1

PLKB & PKB bersama GANTI Tak Sekedar Mengurus Kontrasepsi

10/03/2014

Gerakan Nelayan Tani Indonesia MOU BKKBNPetugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) selama ini identik dengan tugasnya dalam merangkul akseptor baru dan membina kelestarian ber-KB. Namun, tugas mereka sebenarnya tak cukup sampai disitu. Mereka juga harus siap membantu untuk menyiapkan masa depan generasi penerus dalam bidang kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Pembina PLKB dan PKB Indonesia Setia Edi MKes pada acara sarasehan pengurus Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) dan PLKB, PKB se-Jawa Tengah di Kampung Kopi Banaran Bawen, Minggu (21/9).

Setia Edi menambahkan, saat ini di Indonesia ada sekitar 23 ribu PLKB dan PKB. Mereka bekerja door to door dengan para kader, pemuka agama dan masyarakat. Pekerjaan mereka tak sekedar mensosialisasikan penggunaan alat kontrasepsi tapi juga menyiapkan masa depan generasi muda di bidang kesehatan.

Bersama Ketua IPeKBSementara itu Ketua Umum GANTI Prof Dr Ir Rokhim Dahuri MS mengatakan pihaknya terus mendorong konsep membangun penduduk dari sektor pertanian, perikanan dan kelautan. Kerjasama yang dilakukan antara GANTI dengan PLKB dan PKB diharapkan dapat membantu mewujudkan pembangunan penduduk yang baik dari ketiga unsur tersebut.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH menuturkan bonus demografi harus dimanage dengan baik. Keberhasilan dalam memanage akan membuat Indonesia menjadi negara besar. Namun jika gagal akan sangat berbahaya karena pasti menimbulkan banyak persoalan. Mulai dari meningkatnya angka kriminalitas, pengangguran, kematian ibu dan anak hingga kemiskinan.

Dia menjelaskan saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 250 juta jiwa. Di Jawa Tengah sendiri, berdasar data yang yang dimiliki pemerintah provinsi, jumlah penduduk sudah mencapai 39.251.216 jiwa. Sedang berdasar BPS 33.272.207 jiwa. Menurutnya data ini memunculkan problem kependudukan. Sebab itu, dia mengaku selalu cerewet dan crigis menggalakkan KB. Penyuluh diminta untuk senantiasa berinovasi dengan menggunakan metode unik, nyentrik dan asyik agar masyarakat mau ber-KB.

(Humas Jateng).

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: