h1

Cianjur Longsor Akibat Hutan Gundul

09/18/2011

hutancianjur Gundul

hutancianjur Gundul

Kejadian Longsor yang sering melanda kabupaten cianjur tidak lepas dari ulah manusia sendiri yang dengan menebang hutan secara membabi buta tanpa memperhitungkan efek yang akan ditimbulkan kemudia hari.

Kalau kita melewati jalan arah cianjur selatan, (jalan Campaka – Sukanagara ) kini daerah sini bukan lagi terlihat hutan yang lebat dan rimbun, yang ada adalah hutan yang terlihat gundul dan gersang, akibat penebangan hutan secara besar-besaran.

Menurut warga sekitar, penebangan hutan ini dilakukan oleh pihak perhutani dengan ijin resmi karena menurut warga seringkali melihat mobil perhutani dan mobil kepolisian setempat parkir di sekitar area penebangan hutan tersebut.

Hutan Cianjur Gundul

Hutan Cianjur Gundul

Dan masih menurut wargsekitar, sangat di sayangkan jika hutan tersebut dibabat tanpa melakukan reboisasi dengan benar, karena akibatnya akan berdampak buruk dengan warga sekitar terutama pada musim kemarau seperti ini warga sekitar sudah merasakan dampaknya dengan berkurangnya sumber mata air yang mengalir. Dahulu sebelum ada penebangan hutan di sekitar lokasi, air mengalir dengan derasnya, dan sumber mata air masih mengeluarkan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Namun setelah adanya penebangan hutan, debit air sungai mulai banyak berkurang, dan sumber mata air di sumur-sumur warga banyak yang mengalami kekeringan bahkanuntuk mendapatkan air bersih dari sumur harus melakukan penggalian sumur yang lebih dalam lagi.

Warga sekitar jugadicemaskan adanya longsor susulan yang pernah terjadi di ciawitali-sukamekar beberapa tahun yang lalu yang telah memakan korban, bahkan kini bekas longsor di ciawitali-sukamekar telah berdiri tempat pengergajian kayu gelondongan, kalau tidak percaya kalau nanti melewati jalan di depan silahkan lihat tutur warga sekitar.

Upaya pencegahan pengundulan hutan masih menurut warga sekitar sudah banyak dilakukan, baik oleh warga juga rapat desa telah dilakukan, namun penebangan hutan masih berlangsung seperti sekarang yang terlihat, paparnya.

Seperti yang di takutkan warga jika musim penghujan di bulan desember 2011 nanti, entah apa yang akan terjadi, mungkin di sekitar lokasi akan terjadi longsor yang lebih besar lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Dan sebelum musim penghujan bulan depan saya harus siap-siap mengungsi di rumah saudara yang berada di desa sekitar untuk mengantisipasi adanya longsor, paparnya sambil berlalu meninggalkan kami…

 

Link Terkait :

hutan-cianjur-selatan-gundul
kejadian-longsor-kabupatan-cianjur

 

6 komentar

  1. maka dari itu kita harus menagdakan penghijauan bersama,,,
    untuk mencegah datangnya kembali..


  2. salam kenal ukhti abdi oge urang cianjur linggih di cipanas


  3. Cianjur yang indah dan hijau, apakah bener sekarang gundul ? Oh sayang sekali.


  4. Bosen dengerin banyak nyawa yang harus melayang akibat longsor yang diakibatkan penggundulan lahan dan hutan. Pemerintah sebagai penanggung jawab masyarakat seharusnya lebih proaktif mencegah itu semua. miris


  5. ingin menebang harus berani menanam, …


  6. Prihatin dengan infrastruktur Kabupaten Cianjur, sepertinya kepedulian Pemkab Cianjur terhadap sarana jalan kurang sekali apalagi di Jalan Ciranjang menuju Cibarengkok yang merupakan Sentral produksi pertanian sangat tidak layak sebagai jalan produksi tidak ada kepedulian dari bupati Cianjur saat ini mohon kiranya bupati cianjur membuka mata bahkan saat kunjungan wabub ke Cibarengkok masyarakat menenam pohon pisang dan membuat kuburan di jalan raya tersebut tapi hingga kini juga tidak memdapat respon dari Pemkab sungguh terlalu



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: