h1

TILAWATIL QUR’AN STQ NASIONAL XXI TAHUN 2011

06/08/2011

LOGO STQ XXI

LOGO STQ XXI

Acara Pembukaan STQ XXI tingkat nasional Banjarmasin mengatakan jumlah peserta yang mengikuti STQ XXI tingkat nasional di Kota Banjarmasin mencapai 720 peserta dari 33 provinsi di Indonesia. Sedangkan total rombongan dari seluruh Indonesia mencapai lebih dari 2 ribu orang.

Untuk tempat perlombaan dipusatkan di empat titik yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Mahligai Pancasila, Gedung Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, dan Gedung Graha Abdi Persada Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Untuk akomodasi peserta, Gubernur Kalimantan Selatan mengakui masih ada kekurangan yakni minimnya jumlah hotel berbintang di Kota Banjarmasin. Alhasil, banyak diantara kafilah yang menginap di hotel kelas melati.

“Kami mengakui masih ada kekurangan terutama untuk kafilah yang masih menginap di hotel melati, itulah salah satu kekurangan kami tapi kami berharap tetap bisa memberikan yang terbaik” katanya.

Sedangkan Menteri Agama RI Suryadharma Ali dalam sambutannya mengungkapkan masyarakat Kalimantan Selatan sangat antusias menyambut gelaran STQ tingkat nasional yang diselenggarakan 4 hingga 11 Juni ini. STQ menurut Menteri Agama merupakan momen untuk mendekatkan umat Islam dengan Al Quran.

“Diharapkan dari STQ XXI tingkat nasional dapat menghasilkan qori maupun qoriah yang dapat mewakili Indonesia di ajang internasional. Saya berharap pengkaderan qori dan qoriah bisa dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya secara musiman” ucapnya.

LPPTQ yang ada di seluruh Indonesia dapat bekerja maksimal membina umat Islam agar mampu memahami dan mengamalkan Al Quran. Menteri Agama juga berharap, pemerintah daerah dapat mendorong budaya mengaji di daerahnya masing-masing. Pasalnya banyak informasi dan kemajuan teknologi yang justru dapat memunculkan sikap materialisme.

Pawai STQ XXI t

Pawai STQ XXI t

Dengan digelarnya STQ kali ini, Menteri Agama berharap akan memberikan dampak positif bagi umat Islam. Agama, menurutnya, berada dalam posisi yang fundamental bagi pembangunan karakter bangsa. Menteri Agama juga menyoroti adanya ajaran yang justru menciptakan radikalisme.

Menteri Agama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama panitia pelaksana STQ XXI tingkat nasional atas dukungan yang telah diberikan.

“Saya berharap STQ XXI tingkat nasional di Kota Banjarmasin dapat berjalan aman dan lancar” pungkasnya.

Pembukaan STQ XXI tingkat nasional ditandai dengan pemukulan bedug oleh Menteri Agama yang didampingi Gubernur Kalimantan Selatan, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan-Rudy Resnawan, dan beberapa unsur forum koordinasi pimpinan daerah. Dalam kesempatan ini pula Menteri Agama RI menandatanganani perangko seri STQ Nasional XXI.

Kegiatan STQN Ke XXI Di Banjarmasin Tanggal 4 – 11 Juni 2011 Diikuti 2400 Qori. Sebanyak 2.400 orang qori terbaik nasional dipastikan bakal mengikuti lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4-11 Juni 2011.

Kegiatan nasional itu akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang diwakilkan kepada Menteri Agama Suryadharma Ali, dan dipusatkan di kawasan Siring Sungai Martapura atau depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel tengah mempersiapkan penginapan dan akomodasi kafilah yang akan hadir dari 33 provinsi, termasuk desain panggung dan pengamanan rombongan kepresidenan.

Ketua Harian STQ HM Muchlis Gafuri mengatakan, perhelatan STQ Nasional XXI di Banjarmasin akan dipersiapkan dengan matang sehingga saat pelaksaannya tidak ditemukan hambatan berarti. Sekda juga berharap, berbagai lomba dalam STQ tersebut banyak melibatkan anak-anak usia sekolah sebagai generasi penerus.

“Pelajar perlu diberi peluang untuk mencintai kegiatan-kegiatan qurani. Momen STQ ini diharapkan menumbuhkan rasa simpati terhadap hiburan religi ketimbang hiburan konvensional,” katanya. Menurut Mukhlis, perhelatan STQ Nasional tersebut bakal dimeriahkan dengan pawai dan malam taaruf.

Jika anda Membutuhkan Informasi Mengenai STQ Nasional XXI Baik berutpa Daftar Para Peserta STQ Nasional XXI , jadwal Kegiatan STQ Nasional XXI, Tempat Menginap Peserta Kafilah STQ Nasional XXI  atau membutuhkan Informasi seputar STQ Nasional XXI dapat anda Download di bawah ini :

Download Jadwal Acara STQ Nasional XXI Banjarmasin

Download Daftar Kontak  PERSON KOORDINATOR PADA BIDANG STQN XXI

Download DATA+KAFILAH+DAN+KONTAK STQ XXI Tingkat Nasional

Download JADUAL ACARA DAN PENAMPILAN PESERTA STQ XXI Tingkat Nasional

Download Data Tempat Penginapan Kafillah STQ XXII Tingkat Nasional Banjarmasin

 

Link Terkait :

2 komentar

  1. STQN Ke XXI Di Banjarmasin Tanggal 4 – 11 Juni 2011 Diikuti 2400 Qori


  2. Selamat dan sukses buat kafilah kalsel… semoga prestasi ini dapat diwujudkan dalam bnetuk implementasi kandungan isi al qur ‘an pada kehidupan nyata dan menjalankan roda pemerintahan di kalsel. Al qur’an lebih membumi… bukan sekedar dibaca dan dilombakan… wassalam



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: