h1

Blogger Perkuat Kerja Sama Asia Tenggara

05/11/2011

blogger commmunity banten web idKerja sama regional Asia Tenggara selama ini hanya menjadi domain politik pemerintah, antar birokrat negara. Kini, melalui komunitas blogger, kerja sama itu bisa dilaksanakan dengan basis antar masyarakat.

Blogger memiliki sejumlah peran penting untuk membangun kekompakan antar negara Asia Tenggara. “Menghadapi era globalisasi, perlu perkuatan kawasan Asia Tenggara. Tanpa pondasi yang kuat, tidak bisa terwujud,” kata Hazairin Pohan, mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, sekaligus blogger dalam acara deklarasi komunitas blogger Asia Tenggara, di rumah makan Es Teler 77, Jakarta, 10 Mei 2011.

Turut hadir dalam acara deklarasi tersebut, Aris Heru Utomo, diplomat sekaligus blogger; Gempur Abdul Ghofur, blogger Surabaya, Presiden Blogger Indonesia sekaligus ketua deklarasi Iman Brotoseno; blogger aktif Wicaksono; dan diramaikan oleh sekitar 30-an blogger.

Menurut Pohan, blogger memiliki peran penting dalam perkuat kerja sama regional. Misalnya dalam mengatasi gesekan antar negara Asia Tengggara. Gesekan bisa diperkuat dengan adanya komunitas yang berbasis masyarakat. Tak hanya dalam mengatasi masalah, blogger juga bisa menjadi wadah untuk memperkuat ekonomi.

Aris Heru Utomo menambahkan ada sejumlah peran penting yang perlu dipahami para blogger. Mereka dapat menghasilkan sesuatu yang nyata bagi Asia Tenggara dalam berbagai isu, misalnya dalam isu lingkungan dan sosial. “Bukan sekadar kumpul-kumpul, tapi menghasilkan sesuatu yang konkret,” katanya. Blogger juga dapat berperan membangun pemahaman masyarakat tentang kerja sama negara Asia Tenggara.

Sementara, Abdul Ghofur mengkritisi bahwa selama ini para blogger masih menggunakan bahasa yang terlalu berat sehingga sulit dipahami oleh masyarakat awam. Padahal, seharusnya cukup menggunakan bahasa sehari-hari yang dapat menyampaikan pesan dengan cerdas. “Bahasa yang mudah dicerna, bahasa yang dipakai komunikasi sehari-hari,” katanya.

Ia juga sepakat blogger memiliki peran mediasi. Ia yakin jika pemahaman di tingkat masyarakat terwujud, berbagai isu sensitif yang menimbulkan gesekan dengan negara tetangga dapat teratasi. Blogger bisa menyampaikan informasi maupun solusi. [Aqda Swamurti]

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: