h1

Budidaya Ikan Air Tawar

03/12/2011

ikan-tawar.jpgBudidaya ikan air tawar merupakan usaha yang menjanjikan keuntungan. Salah satu tempat budidaya ikan air tawar adalah di Waduk Cirata, Cianjur, Jawa Barat. Budidaya ikan air tawar di tempat ini dilakukan mulai dari pembibitan hingga pembesaran ikan.

Salah seorang yang menekuni usaha budidaya ikan air tawar adalah Edi Mulyadi. Dia melakukan pembibitan di kolam darat, hingga pembesaran ikan di keramba terapung.

Untuk mencapai lokasi budidaya ikan air tawar milik Edi dapat mengambil arah ke Cianjur, lalu menuju ke kawasan Pantai Meleber, Cirata.

Kolam pembibitan ini ada yang diperuntukkan untuk ikan mas, ikan nila dan ikan gurame, mulai dari berbentuk larva hingga menjadi anakan ikan,

Di tempat ini anak ikan dipelihara selama setengah bulan, hingga berukuran tiga centimeter. Kemudian anak ikan yang berkualitas bagus dipindahkan ke keramba terapung di Waduk Cirata.

Untuk menuju keramba terapung di Waduk Cirata harus menggunakan perahu. Lama perjalanan sekitar sepuluh menit. Barulah sampai ke keramba terapung milik Edi.

Di keramba terapung ini, Edi memiliki 25 kolam pembesaran ikan air tawar yang dijaga dua orang karyawannya. Ikan air tawar yang dibesarkan disini ikan nila, ikan mas, dan ikan gurame. Ikan nila dapat dipanen dalam waktu tiga hingga empat bulan.

Biaya terbesar mengelola keramba terapung adalah penyediaan pakan ikan. Untuk makanan ikan, Edi menghabiskan 4 kwintal pelet dalam sehari.

Membesarkan ikan nila dan ikan mas menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Karena itu, ikan nila dan ikan mas menjadi primadona. Di pasaran, harga ikan nila merah sekitar Rp 9 ribu per kilogram.

Namun memelihara ikan di keramba terapung seperti ini bukannya tanpa resiko. Resiko terbesar ikan mati karena terkena virus. Sejak tahun 2003 lalu virus menyerang ikan peliharaan disini. Edi yang telah menekuni usaha ini sejak tahun 1996 lalu juga terkena imbasnya. Dia sempat memiliki 60 kolam di tempat ini, namun kini menyusut hingga tinggal 25 kolam saja.

Ikan air tawar yang dibesarkan di keramba terapung di Cirata ini dipasarkan ke Jjakarta, Jawa Barat dan Banten. diperkirakan sekitar 70 persen kebutuhan ikan air tawar di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi dipasok dari kawasan ini.

Ikan nila dipasarkan dalam keadaan mati dan dibekukan dengan menggunakan es balok. Sedangkan ikan mas dipasarkan dalam keadaan hidup dengan dimasukkan kedalam kantong plastik yang diberi oksigen.

Kolam ikan terapung yang dikelola Edi dalam sebulannya dapat menghasilkan satu ton ikan nila, satu ton ikan mas dan setengah ton ikan gurame.

Download makalah Budidaya Ikan Air tawar :

  1. Untuk DOWNLOAD File Cara Budi Daya Ikan Patin,Pengelolaan -Makanan Ikan Patin dan Biaya Usaha KLIK DISINI!
  2. Info Harga Ikan Air Tawar 2009 KLIK di SINI
  3. Cara Membuat Pakan Ikan KLIK SINI

Jika ada Link Yang Error dan Rusak Mohon Beritahukan kepada kami..

113 komentar

  1. Salam kenal
    saya mau tanya sama temen2 yang udah pengalaman dalam mengelola KJA, yaitu 2bln yg lalu saya beli 1 unit KJA di waduk cirata dan untuk pengelolaannya saya serahkan sama penduduk setempat karena saya pikir sudah pengalaman mengelola Keramba jaring apung.tapi baru 2 bulan sudah habis pakan 1ton 100kg dengan banyak bibit ikan emas 125kg dan besar keramba 14m x 14m, pertanyaan saya berapa kg pakan ikan yang seharusnya dipakai untuk memelihara ikan mas selama 3 – 4bulan ( panen) . atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih


  2. .
    .
    MOHON MAAF! KOMENT DI TUTUP.. SILAHKAN MASUK KE FORUM CIANJUR..

    http://cianjurnews.com/forum


  3. salam kenal,
    saya ingin mulai usaha pembesaran ikan nila dan patin.mohon informasinya berapa harga bibit ikan tersebut untuk ukuran 4-5cm?dan berapa harga jual untuk ukuran konsumsinya saat ini?jika berkenan mohon informasi telp atau alamat untuk pembelin bibit ikan itu.atas bantuanya, trms, wasalam


    • info telat….. untuk bibit ikan patin paling mudah dicari, daerah cianjur, bogor, sukabumi, tangerang, parung. adalah beberapa daerah produsen patin…. tapi satu aja jangan lewat calo….. krn penentu kwalitas benih patin adalah pola kerja dan penanganan para pembenih.


  4. saya ingin mulai usaha pembesaran ikan nila dan patin.mohon informasinya berapa harga bibit ikan tersebut untuk ukuran 4-5cm?dan berapa harga jual untuk ukuran konsumsinya saat ini?jika berkenan mohon informasi telp atau alamat untuk pembelin bibit ikan itu.atas bantuanya, trms, wasalam


    • salam kenal,
      sy bru mulai usaha ikan mas sm nila, yg saya tayakan apakah ada buat ikan mas/nila vitamin buat percepat pertumbuhan ikan mas/nila dlm wktu 2 bln udah bs panen,sbb ya didaerah sy sesama petani kramba d sungai MAHAKAM (kaltim)beberapa petani dlm 2 bln udh bs panen dlm ukuran ikan mas/nila 1 kg 4/5 ekor. mksh


  5. saya ingin mulai usaha pembesaran ikan nila dan patin.mohon informasinya berapa harga bibit ikan tersebut untuk ukuran 4-5cm?dan berapa harga jual untuk ukuran konsumsinya saat ini?jika berkenan mohon informasi telp atau alamat untuk pembelin bibit ikan itu.atas bantuanya, trms, wasalam
    info bisa disampaikan ke hbraja01@yahoo.com atau 081319776050


  6. SAYA MEMBUTUHKAN IKAN PATIN DG BERAT 10 KG – 15 KG PER EKORNYA, DIMANA SAYA DAPAT BELI????


  7. kalau ada infornmasi ttg harga ikan air tawar dan pangsa pasar tlg call aku dnk dinmr 081358920089!ngnmng2 harga ikan gurami size 4/kg skrg brpa ya…..


  8. mhn menghubungi saya jika ada gurita 300 gr/up saya membutuhkan banyak.terima kasih.


    • pa sy ada gurita 300grm/up bisa kerim rutin.


  9. slm kanal dr aku untuk amir hasan,mir mngkn aku bisa ngasih sedikit mskn untk pemasalahan ttg budidaya.yg pertama coba periksa ph,sistem sirkulasi air dan yg paling pnting adalah daya dukung lahan.mngkin hanya itu masukan dr sy.thx..


  10. saya pingin melihara ikan nila dan patin andai kolam dinding dan lantainya kolam sisemen ada masalah ngak ya dan dimana saya mendapatkan bibitnya dan berapa harganya


  11. spesifikasi pemberian pakannya???


  12. assalamualaikum,
    saya mau tanya nih, kalau kolam yang airnya tenang (tidak ada pertukaran air) cocoknya dibudidayakan apa ya? thanks before.


  13. ceritain dong masalah up-welling,
    yang menyebabkan kematian massal


  14. boleh minta alamat lengkapnya… sehingga saya bisa survey kesana


  15. bagi agen ikan air tawar (nila, mas, tembakang, baung)yang ada di KJA Cirata dan KJA jatiluhur kami mengajukan penawaran untuk mengisi ikan ke palembang. Hub ke 081369233279. kebutuhan perhari ikan nila minimal 1,2 ton


    • Saya siap membantu hubungi saya segera di nomor HP-087823446637


  16. mohon informasi harga ikan patin ukuran konsumsi (sekitar 0,5-1kg per ekor)?
    trims banyak


  17. Kang Hery.. mohon Tinggalkan nOmor Kontak..**guna mempermudah kontak sesama pengunjung!

    *****terima kasih buat semua..

    Dan Salam : BloGGer CianJuR…


  18. untuk info harga ikan patin bisa ke hp saya 021-70066913. sebelumnya trims utk teh riva atas bantuannya.


  19. saya mau beternak lele khusus ukuran benih.kalau udah jalan kira-kira jualnya kemana yah?


  20. ada teknik pembenihan ikan gurame gak???
    kalau ada saya mau praktek lapangan di cianjur


  21. Ass.wr.wb
    Lam kenal bwt smuanya…Saya buka pabrik pakan di Tasikmalaya nich…
    Seandainya ada yang minat, saya menyediakan pakan ikan dan udang nich…Harganya cuma 6500 perKG, ada juga yang 7000 sama 8500 yang supernya…
    Menerima pemesanan dengan skala besar kok.

    Kalo ada yang mau hub ke HP.081323835419 atau RMH.(0265-565277)

    Di tunggu yach….


    • kandungan protein dll nya brapa


  22. MULAI DARI LARVA SAMPAI PANEN BERAPA LAMA KIRA-KIRA KALAU KITA MAU BUDIDAYA IKAN NILA, APA BIBIT YANG BAIK DAN BAGAIMANA CARA MEMILIHNYA


  23. salam rekan2 “senasib & seperjuangan”..
    numpang tanya…
    sya baru coba bududaya ikan nila hitam dan mas di KJA cianjur..
    mau minta saran2nya N terutama pakan ap yang cocok (murah dan cpt besarnya hehehe)
    trims sebelumnya


  24. salam rekan2 “senasib & seperjuangan”..
    numpang tanya…
    sya baru coba bududaya ikan nila hitam dan mas di KJA cianjur..
    mau minta saran2nya N terutama pakan ap yang cocok (murah dan cpt besarnya hehehe)
    trims sebelumnya


  25. cara budidaya ikan mas caranya gimana mas?


  26. saya Anto memiliki home industri yang memproduksi pakan ikan tenggelam untuk ikan lele, mas, nila. bisa hub saya di 085659292925. Mudah-mudahan bermanfaat


  27. Salam kenal semuanya,,,,
    kalo ada yang butuh bibit benih ikan nila hitam belo atau sangkal bisa hub saya di 085659297796. trim’s


  28. Bagi temen-temen yang membutuhkan bibit patin 4 inc yang langsung bisa ke keramba jaring apung bisa menghubungi saya di –081381133324–


  29. bagus


  30. bagi temen2 yg dah pengalaman memelihara ikan nila gips mohon pencerahan dong soalanya aku gi coba usaha tersebut….thanks before


    • lam kenal kang… mnta penjelasan dr hrga yng ente dftrin, trims …. bs hub. 021 4617137 atw di fb copywriter_kids@yahoo.com


  31. Jual lele 1 kg isi maks. 10 ekor FOB Bandung kapasitas per minggu 2 – 4 ton hub. 022-76123379


  32. punten.. numpang jualan ya

    jual BIBIT / LARVA

    1. NILA
    Larva = Rp.40/ekor
    2cm = Rp.80 /ekor

    2. PATIN
    3/4inch = Rp.90/ekor
    1 inch = Rp.150/ekor

    TERMURAH..
    GAK ADA MIN PEMBELIAN (AMBIL DI TEMPAT)
    MELAYANI SELURUH NUSANTARA

    HUB: 08788 05 86 907


    • Sepertinya potensi Ikan patin semakin hari semakin membaik dan binis ikan patin sungguh2 menggiurkan! Apalagi menjalang puasa seperti ini, jadi kepingin ikutan terjun ke dunia patin kembali nih!


  33. punten
    muw tanya kalo jual ikan patin ukuran 3/4-1inc
    pemasarannya kemana bos…?
    terus kalo untuk pembelian larva kemana pastinya yang harga nya paling murah kualitas bagus..
    kalo ada informasinya..
    terima kasih pa.


  34. hallo …………………..


  35. salam kenal saya mau cari induk nila jica yang merah mahon informasinya bro klu ada tolong ke email migwijonarko@yahoo.co.id makasih


  36. numpang nanya….
    berapa modal minimal yang di butuhkan untuk bikin kolam baru sebanyak 4 petak…..
    saya bisa dapatkan dimana???
    untuk daerah Cirata….
    trima kasih.


  37. saya cari nila dan bawal ukuran 8-10 ekor/kg 3 hari sekali 1 ton, teman2 yang pada punya ikan nih kirim kabar ya harganya berapa terima di jakarta. sohip_fh@yahoo.com makasih.


    • mohon petunjuk pembuatan pakan ikan tawar
      – ikan mujair
      – ikan mas
      – ikan nila
      – ikan lele
      – ikan gabus

      kirim alamat kartini@PLN.co.id


  38. dear bapak / ibu

    saya perlu dalam jumlah banyak ikan mujair dan patin utk pemakaian sendiri restoran di jakarta.
    bisa hub saya di email leander_nauli@yahoo.com
    atau 0815 8715 815

    thanks


  39. Assalamualaikum,,,saya mo jual bibit ikan mas,antara ukuran 80/kg sampai 120/kg harga bisa di konfirmasikan,,kalo anda berminat bisa menghubungi saya ke no hp 085693879902,,hatur nuhun…


  40. saya jual cd cara budidaya ikan air tawar. jika berminat silahkan hub.saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD budidaya di bid.peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/katalogCD


  41. adfadsf


  42. Bismillahirohmannirrohim..

    Permisi Semuanya.. Saya mau menawarkan Kolam Terpal untuk budidaya ikan konsumsi, belut dan Ikan hias. untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi blog saya :

    http://www.jualkolamterpal.blogspot.com/

    Mudah-mudahan bermanfaat, karena bisa dijadikan peluang usaha skala Mikro dan Makro.


  43. assalamualaikum.wr.wb..saya ingin mengadakan mesin pelet.. untuk ikan..


  44. ass wr wb maaf nih numpang nanya kalo nyari indukan ikan nila yang bagus dimana ya?? terima kasih


  45. kmaren bru ikut lomba tentank prikanan nic. trus aku di tanyain soal induk ikan mas iank matang gonad. terus udah di jwab dech sesui yg ada di teori. tpi ktanya di suru cari alasan lain. tolong donk di jelasin


  46. terima kasih..


  47. lam kenal boss…. ane mau tny hrga ikan air tawar grosir utk dijual kmbli khususnya ikan mas n lele


  48. salam kenal …
    saya mo tau tentang lokasih-lokasih dan nomor tlp tenkulak ikan gurame di wilaya garut dan parung.
    skalian klau bisa infokan ke saya stiap bulan mengenai harga jual ikan gurame


  49. kang punten mint informasinya jikalau ad yang membutukan ikan gurame berbagay macam ukuran dari telor sampai induk, hub. 081313874731. terima kasih


  50. kalau di jawa tengah bagusnya ikan apa ya?


  51. saya ingin tau bagaimana cara memelihara ikan nila untuk cepat berkemban karna saya sudah memiliki ikan nila sebanyak 221 ekor tapi ada yang cepat berkemban dan ada yang berkemban lama itu masalah nya apa…?bisa bantu ngah

    kirim ke Email najareh@yahoo.com


  52. @najario
    mudah-mudahan sudah ada yang kirim bantuan kepada anda ya..


  53. Lam kenal… Saya ingin belajar budidaya ikan air tawar khusus nya ikan nila & mas… Minta petunjuk nya! Makasih…


  54. saya baru akan memulai usaha pembesaran ikan nila dan patin,saya punya kolam L=6000m2 sudah permanen,dan siap tanam,tapi saya tidak tahu dari mana saya hrs memulainya,mohon saran-saranya


  55. semoga sukses usahanya


  56. semoga sukses


  57. salam kenal all… Saya rifai dari PANDEGLANG saat ini saya sedang budi daya ikan mas dan alhamdulillah sudah ada hasil nya. Tapi saya belum tahu harga berapa kalo menjual dgn harga partai besar… Saat ini saya hanya menjual ke penduduk setempat saja. hubungi saya bila berminat di nomer ini: 081905951770. Thx


    • Mas Rifai,
      Saya membutuhkan ikan mas dengan jumlah banyak untuk dikolam pemancingan dan ikan yang saya butuhkan adalah ukuran ikan 8 ekor/kg kalau berminat tolong dibalas salam H Abdul Gani alamat e-mail h.abdulg@yahoo.com tlp.rumah 022-6970801 HP-087823446637.


  58. sy mau ternak ikan mas dan lele!ada yg bs ksh tau ga gimana cara budidayanya?trima ksh


    • yang jelasnya sob anda punya lahan dan pounya tekad bukan hanya i2 km jg harus punya skill dalam budidaya dan jg harus punya modal besar (apabila dalam kapasitas intensif). so budidaya i2 mencakup 1 lahan, air, tebar benih,pemberian pakan, pengelolaan air pengendalian hama dan penyakit
      kemudian masalah yterbesarnya yaitu masalah pemasarannya aq kira cman i2 yang bisa aq bantu sekian wassalam


  59. Konsultasi budidaya ikan dan pemasaran ikan GRATIS silahkan datang ke Cianjur untuk melihat lihat kegiatan pembudidaya ikan, atau hubungi o81911807921.


  60. Maaf agan mau numpang jualan
    Benih ikan Nila Merah Super Size 80 s/d 100 Kg
    Siap Jual Harga Rp 22.000 /Kg ( Nego ) Barang Sudah Siap Diatas Kendaraan.
    Plastik Dan Kendaraan Tanggungan Pembeli Tenaga Kerja Dan Oksigen Tanggungan
    Pengirim (saya) Untuk pemesanan barang Diantar sampai tujuan harga Nego
    Tergantung jarak. Sistem pembayaran panjar 50% sisanya dibayar setelah barang
    sampai tujuan
    kontak 082115826439 ( Asep Kerli )lokasi Subang jawa barat


  61. Sy memiliki lokasi di daerah pegunungan dan mempunyai mata air yang cukup deras aliran airx,ikan jenis apa yang cocok dibudidayakan pada lokasi tersebut??
    terima kasih..


  62. makasih NENG sapitri udah masangin blog saya disini.
    mengenai pakan, menurut saya bukan masalah sulit. yang jelas bikin sulit itu karena pabrik pakan yang bikin harga ugal2an dgn alasan mahalnya tepung ikan tapi nyaris nggak pernah share keuntungan dgn petani. masalah pemasaran juga karena petani sering dikibuli sama tengkulak, pada timbangan dan harga!!!!
    kalo penyakit sama lingkunga, emang sering kita tidak berdaya, buktinya di jangari sering sekali kena “up-welling”…….
    salam kenal buat pengelola blog!
    http://indoorcommunity.wordpress.com

    riv fauziah : Gimana kalau Indoor sebagai pemasok pakan ikan segaligus penampung hasil panen….


  63. aduh maaf! kalo jadi pemasok pakan nggak dech, maklum belum dpt share yang bagus dari pabrikannya, he69x! apalagi jadi tengkulak……
    saya lebih konsen utk bantu bapak2 pembudidaya agar usaha mereka lebih baik!!!


  64. Sebagai Peblog Indonesia, menulis memberitahukan informasi yang sangat berguna kepada khalayak sudah dilakukan. Penting bagi kita untuk berbuat sesuatu yang nyata di Negara Republik Indonesia ini!


  65. sayangnya, budidaya ikan di KJA sering tidak memperhatikan kemampuan waduk. karena merasa untung gede, para pembudidaya memacu produksi tanpa memperhatikan keseimbangan lingkungan, up-welling adalah contoh nyata.
    saya menemukan blog mengenai budidaya ikan yang lumayan lengkap di http://indoorcommunity.wordpress.com


  66. haredang oe


  67. Kalau Mau Praktek Langsung – Langsung kelapangan saja di wilayah cianjur ada kok… di cirata-jangari, Kita bisa langsung praktek cara budidaya ikan. Jadi tahu deh kendala lapangan yang sebenarnya… Biasanya kendalanya adalah masalah Pakan Ikan yang seringkali timbul tenggelam seperti Pelampung Keramba terkena Hempasan kapan Para penambak..
    Masalah Pemasaran dan Penyakit bukan Hal sulit ditanggulangi… Tetapi masalah pakan Ikan adalah penentu keberhasilan para penambak ikan di wilayah Ikan (sesuai dituturkan Pak ALI Penambak Keramba Ikan di Cirata-jangari)
    Gimana Tertarik langsung praktek lapangan..? Atau sebagai suplayer Pakan Ikan..!!! he..he..
    Salam Kenal… cianjur…


  68. sy baru mau mencoba bisnis ini …tank’s


  69. Mau bantuin ngack yach aku pengen budidaya ikan air tawar dengan sistem keramba di wilayah Lampung Selatan Bisa ngak yach ? bahan masukan sumber airnya dari sungai dengan debet airnya ngak deras tetapi sumber air dari gunung bagaiman bagus ngak yach ?


  70. bisa untuk memperbaiki gizi keluarga n juga menjadi peluang usAHA


  71. salam kenal
    saya mau tanya kalau kita mau budidaya ikan di waduk cirata bagaimana prosudernya yach ….
    dan berapa harganya


  72. Bisnis Ikan Memang untung banyak.
    Kuota saya masih rendah, paling 2 mgg 1X panen 700 Kg s/d 1 ton per Minggu. Saya punya 8 net karamba di solo. Saya cuma pengen nanya detail keuntungan disana bisa nyampai berapa persen???
    Maksud saya FCR nya brp??
    1 KG daging butuh berapa KG pakan???
    Makasih….


  73. Salam Kenal dari saya….!!!
    Buat teman2 saya pengen memelihara ikan dan membuat kolam semi intesif bisa ngak saya minta dukungan materi berupa buku petunjuk teknis dan gambar kontruksi kolamnya dari teman2 atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih!!!!!!


  74. Dengan Hormat,

    Bagus para petani ikan bersatu mendirikan koperasi bersama dan bila perlu buat pabrik pakan ikan kecil sendiri, jadi biaya pakan ikan bisa ditekan.


  75. Salam,
    Bos. Ane Mu tanya nich Masalah Pakan Ikan
    Ada Yang Tau Alamat Distributor nya Di Sukabumi / Cianjur


  76. assalam..
    nama saya azwin, saya pengen pedoman praktis budidaya ikan air tawar (ikan nila dan mas), khususnya didanau.
    terima kasih atas bantuannya.


  77. Assalamu”alaikum.
    saya adalah pekerja BBI Aceh Singkil,
    tapi BBI kami belum begitu maju,
    mohon petyunjuk, soalnya saya mau ikut pelatihan tapi tak tahu dimana yang bagus, balainya dan bisa menimba ilmu, yang akan dikembangkan kepada masyarakat aceh Singkil


  78. saya seorang karyawan swasta,pengen mencoba bisnis budidaya ikan.,.
    boleh tau cara budi daya ikan air tawar?


  79. mohon sarannya, saya bersama para petani di tasikmalaya berupaya menyiasati harga pakan yang mahal dengan menampung limbah sisa makanan pabrik antara lain :jagung,kedelai,coklat,keju,tepung terigu,snack. yang kami tanyakan apakah formula tersebut bagus untuk pertumbuhan ikan? sebab kami belum tahu kadarnya yang harus di labolatrium karena kendala dana. termakasih


  80. saya mau tau alamat & nomor HP/telp tengkulak ikan air tawar(ikan : mas, nila, lele) yang ada di KJA Cirata- Cianjur.. soalnya saya mau buka agen ikan di bekasi. makasih ya sebelumnya… ditunggu jawabannya… klo ga sms aja ke nomor 085694996009 atau 02192303931. makasih sekali lagi atas infonya…Kang Enoh


  81. salam kenal mau tanya bagaimana mengatasi penyakit ikan terutama virus yg sekarang sedang mewabah di cirata salam


  82. Ass.kum,
    mau nanya neh, aku punya keramba di sungai Ciapus, Ciomas. permasalahannya adalah : awal memasukan ikan (Emas n Nila} minimal 30% dari jumlah yang dimasukan dalam keramba, mati. fisik ikannya rusak, luka2, sirip dan ekornya ancur, kadang matanya buta, bahkan lepas dari rongga matanya. kira2 bagaimana cara mengatasinya yah? oia satu lagi masalah, saya punya keramba baru 2 bulanan, tapi saya sudah memanen ular kadut tiga kali. lumayan besar ukurannya, diameternya mencapai 5 s/d 7 cm. bingung juga aku, ko bisa masuk ya? padahal jarak antar bambu,kira2 3 s/d 4 ml. garam bata sering jg ak masukin. ada masukan untuk yang satu ini? thanks before


  83. Bisnis peternakan ikan terapung memang hasilnya cukup menjanjikan walaupun terkadang ada rugi juga kalau harga ikan di pasaran turun drastis & harga pakan naik drastis tapi sejauh pengamatan saya tetap menguntungkan.Yang paling menyedihkan kalo kena virus, alhamdulillah Dep. Pertanian memberi perhatian khusus terutama kalo ada wabah virus.Kakak saya (H.Abu Bakar)peternak ikan terapung di waduk cirata, kalau mau tahu lebih jelas dateng aja ke sana


  84. Jadi tertarik nih dengan bahasan diatas..
    sekarang kan ikan mas lagi naik ya..,
    kebetulan ayah saya memerlukan ikan mas untuk dipasarkan di Pasar Ciroyom Bandung,
    Kalo boleh tahu harganya berapa (mungkin nggak di sini)tapi boleh kirim e-mail ke dejun23@yahoo.co.uk


    • Saya siap membantu ayah anda untuk menjadi rekan usahanya jika memang membutuhkan supply ikan dengan partai besar hubungi saya di nomor HP-087823446637 a/n H Abdul Gani


  85. Thanks yaaaaa temen temen gwe pada n4nya gwe semua, gemana caranya ngebudidayain ikan air tawar, maklum di sekolah aku ada lomba nge-budidayain ikan.
    So, thank you so much
    I’m sorry good bye🙂 hehehe


  86. Dh,

    Salam kenal dari saya.

    Saya baru sekitar bulan maret 2008 terjun ke dunia perternakan ikan NILA dan Ikan Mas.

    Pada minggu2 ini Ikan mas lagi terserang penyakit luka di badan dan lama kelamaan mati.

    Tolong kira-kira untuk Pengobatan dan Pencegahannya harus memakai obat apa ?
    Mohon Informasinya.


  87. assalamualaikum Wr.Wb
    saya nugi dari medan saya ingin bertanya situs apasaja yang menyediakan informasi budisaya ikan air tawar khusunya ikan gabus dan gurame


  88. allow…
    namaku roy dari lombok.aq punya lahan / kolam 12×8 m (kolam A)dan 9x8m (kolamB).
    yang aku ingin tau dan info selengkapnya
    gimana cara kita untuk bisa menjadi pembudidaya ikan air tawar jenis nila,karper dan gurame yang baik untuk 2 lahan tersebut.

    Riva : mohon bagi yg dapat memberikan gambaran mengenai pertanyaan mas roy silahkan share disini..! Atau jika ada artikel yg berhubungan dengan Budidaya, saya menerima artikel2 dan akan saya publis di blog saya yg sederhana ini..


    • saya sudah benyak budidaya … dan ini info yang menarik …salam kenal jabon


  89. salam smua …
    Saya mau tau dimana yaaa klau tempat sekolah pembudidayaan ikan patin,soalnya saya mau bgt blajar tentang pembibitan ikan patin,mhn informasi nya ditunggu di ( hafit@rocketmail.com ) terima kasih


  90. Saya, seorang mahasiswa pngin lbih tau ttg budidaya ikan betutu, kbarnya ikan ini berkhasiat dpt mengurangi kolestrol. tlong carikan ya? +han dr sy tlg lbih banyak lgi penjlsan ttg budidy ikannya,


  91. Neng, saya sedang melakukan pembudidayaan ikan air tawar jenis Nila & Mas selama kurun waktu 3 tahun saya tekuni ternyata harapan saya masih belum tercapai juga. Sekilas informasi keberadaan kolam saya
    1.Kondisi kolam tadah hujan
    2.Kedalaman kolam 1,2 meter
    3.Pasokan air dari sungai kecil melalui pipa ukuran 2,5 inchi
    4.Kalau musim kemarau pasokan air dari sumur dialirkan dengan paompa air
    5.Diatas kolam terdapat kandang ayam kampung
    6.Kondisi air kehijauan
    Apakah eneng dari ke 6 uraian tsb diatas harus ada yang direnovasi ? mohon balasannya


  92. tolong dong teman2,sy minta infonya klw ada yg mau jual ikan mas yg beratnya 2 kg ke atas saya mau beli untuk isi kolam pemancingan saya,,,
    HUB: ADI..081273098666 or 082177053168,,


  93. ohg ya lupa sklian bibit ikan mas,nila,lele,gurame saya juga mau..TRIM,s


  94. mau beli ikan baung air tawar dalam jumlah banyak bisa ngak ya….Hp. 081522735320


  95. Saya sedang membesarkan ikan mas dan nila, tapi masih rada bingung jika udah siap panen mau jual kemana ?

    mohon bantuannya dongggg …… bantuan dapat di kirim via email ke cibeber2002@yahoo.com biar saya tetap semangat menjalani usaha ini maklum masih pemula jadi bingung….

    terima kasih sebelumnya


  96. mencari ikan gurame 3 /kg min 200kg…

    phone : bagus 085810584716


  97. minta alamat dan nomor hp


  98. saya sedang menjalani usaha pemancingan ikan lele dan sekarang saya membutuhkan ikan lele minimal 1 kwintal ikan dengan berat minimal 2kg per ikan setiap minggunya kalo ada info tolong di share ya ke saya


  99. beli ular air kadut albino/water banded albino, putih
    budget ada 400ribu sampe palembang.
    menerima rekber,
    biasa kirim kirim, klo engga tau caranya nanti diajarin
    peliharaan lama,

    facebook.com/ikantapa
    0856 6935 4222



Tulis Balasan...

