h1

APPIDI – SMK HARUS SEDIAKAN LABORATORIUM DAN BENGKEL

07/07/2009

Pemerintah diminta agar lebih ketat dan selektif memberikan izin operasional untuk pendirian SMK baru. Pendirian SMK tidak mudah karena harus menyediakan lahan cukup luas dan laboratorium maupun bengkel praktik.

“Pendirian SMK baru saat ini sedang digenjot pemerintah agar persentase jumlah SMA dan SMK menjadi 40 persen dan 60 persen,” kata Ketua Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (Appidi) Jabar, Drs. H. Sali Iskandar, di Bandung, Senin (6/7).

Menurut dia, niat pemerintah memperbanyak SMK harus dikaji lebih mendalam karena akan berimplikasi luas, misalnya penyediaan fasilitas SMK, mutu lulusan SMK, sampai nasib SMA-SMA swasta yang kekurangan peminat.

Menurut Sali, Appidi Jabar mengkhawatirkan pendirian SMK tanpa dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang hanya akan membuat SMK sekadar belajar teori. Untuk membangun fasilitas SMK, kata Sali, tidaklah mudah dan murah karena menyangkut penyediaan lahan dan peralatan. “Pemerintah jangan terlalu mengobral izin SMK. Saat ini pemerintah sudah menutup izin SMA baru, tetapi jangan menjadikan SMK sebagai pelarian,” katanya.

Hal senada dikatakan Ketua Yayasan SMK SMIP YPPT, H. Narkama, di ruang kerjanya Jln. Sukabumi Dalam No. 3 Kota Bandung, Senin (6/7). Dia juga menduga banyaknya SMK yang belum dilengkapi dengan fasilitas praktik belajar sehingga bisa menjadi “SMK sastra”. “SMK harus punya laboratorium untuk praktik, harus membangun jaringan dengan pihak industri untuk tempat magang siswa ataupun penyaluran lulusan SMK. Perlu waktu untuk mendekati dunia usaha agar mau membuka akses buat SMK. Membangun SMK tidak semudah mendirikan SMA,” katanya.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kab. Bandung, Drs. Carma Rahmat mengatakan, dari 70 SMK negeri dan swasta di Kab. Bandung, sekitar 50 persennya belum memiliki laboratorium/bengkel kerja sesuai standar. “Kalau masalah ini tidak segera dibenahi, akan berdampak kepada mutu lulusan SMK,” katanya. (A-71)***

Sumber : http://www.ahmadheryawan.com

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: