h1

Menanam Cabai Merah

02/02/2009

image_00106Cabai merah (Capsicuslanum)merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ciri dari jenis sayuran ini rasanya pedas dan aromanya khas, sehingga bagi orang-orang tertentu dapat membangkitkan selera makan. Permintaan cabai menunjukkan indikasi yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan stabilitas ekonomi nasional yang mantap. Wilayah Cianjur Selatan area dan kondisi tanahnya sangat cocok untuk menanam cabai merah ini.

Seiring dengan berkembangnya industri pangan nasional, cabai merupakan salah satu bahan baku yang dibutuhkan secara berkesinambungan. Karena merupakan bahan pangan yang dikonsumsi setiap saat, maka cabai akan terus dibutuhkan dengan jumlah yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perekonomian nasional.

Pola permintaan cabai relatif tetap sepanjang waktu, sedangkan produksi berkaitan dengan musim tanam. Maka dari itu pasar akan kekurangan pasokan kalau masa panen raya belum tiba. Dalam kesempatan seperti ini beruntung bagi petani yang dapat memproduksi cabai sepanjang tahun. Fenomena ini perlu dicermati oleh petani yang ingin berbisnis cabai.

Berdasarkan hasil pengamatan, harga cabai mencapai puncaknya secara periodik tahunan pada hari raya Idul, dapat mencapai antara Rp.30.000 – Rp.50.000 per Kg, padahal dengan harga normal pada kisaran Rp.4.000 – Rp. 5.000 per Kg usahatani cabai masih layak diusahakan.

Meskipun cabai merah bukan bahan pangan utama bagi masyarakat kita, namun komoditi ini tidak dapat ditinggalkan, harus tersedia setiap hari dan harus dalam bentuk segar. Ketersediannya secara teratur setiap hari bagi ibu rumah tangga menjadi suatu keharusan. Meningkatnya harga cabai merah atau kelangkaan pasokan di pasaran mendapat reaksi sangat cepat dari masyarakat dan insan pers. Oleh sebab itu penyediaan cabai merah dalam bentuk segar setiap hari sepanjang tahun perlu dirancang secara baik.

Cabai merah termasuk sayuran rempah yang tidak dapat disubstitusi atau digantikan oleh komoditas lain. Mengingat permintaan cabai merah relatif stabil sepanjang tahun, maka management produksi perlu diatur, agar tidak terjadi fluktuasi baik produksi maupun harga. Pola produksi cabai merah selama ini sangat tidak beraturan sehingga yang semestinya usahatani ini sangat menguntungkan, seringkali mendatangkan kerugian bagi petani maupun konsumen.
Kenyataan di lapangan, pada umumnya petani cabai merah mengkonsentrasikan usahanya pada saat musim tanam optimum ( in-season), sedangkan pada produksi luar musim (off-season) tidak banyak petani yang membudidayakannya sehingga berakibat suplai ke pasar menjadi terbatas dan harga akan naik. Akan tetapi pada awal musim kemarau, petani berlomba-lomba menanam cabai merah, sehingga pada bulan Mei ; Juli produksi dan pasokan melimpah, dan harga menjadi jatuh. Kondisi yang tidak menguntungkan bagi petani ini ditambah pula dengan terbatasnya serapan produk segar cabai merah oleh industri-industri pengolahan. Padahal sebenarnya dengan teknologi budidaya yang sedikit diperbaiki, seperti menggunakan mulsa plastik dan tanam pada bedengan, yang dikombinasikan dengan irigasi hemat air (irigasi tetes), cabai merah berhasil dibudidayakan kapan dan dimana saja. Untuk mengembangkan agribisnis cabai merah yang menguntungkan, perlu diterapkan management produksi. Selama 3 tahun terakhir ini Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura telah melakukan identifikasi dan pemantauan secara intensif besarnya permintaan mingguan dan pola produksi cabai merah. Dari pemantauan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kebutuhan nasional cabai merah lewat pasar induk hanya berkisar 750.000 – 800.000 ton/tahun atau 60.000 -70.000 ton/bln.
Mengingat selama ini Pulau Jawa memberikan sumbangan sebesar + 65% dari total produksi idealnya diperlukan areal tambah tanam setiap bulan cukup sekitar 5.000 ha untuk menghasilkan 40.000 – 50.000 ton/bln.

cabaiku-di-cianjur-selatanKeseimbangan Produksi – Serapan Pasar Hakekat dari management produksi cabai merah adalah merencanakan luas tanam dan produksi setiap bulan, sehingga dapat menyeimbangkan produksi dengan serapan pasar. Meskipun elasitas permintaan akan produk cabai yang tidak tahan simpan/termasuk rendah, namun tingkat konsumsi masyarakat ratarata/ relatif tetap.

Cianjur Selatan memiliki agroklimat yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan tanaman cabai dan buah-buahan. Cianjur Selatan dengan ketinggian 1.100 m merupakan keunggulan komparatif untuk bisnis di bidang usahatani baik sayuran dan buah-buahan.

Dan jangan heran jika anda berjalan mulai dari Gegerbitung (sukabumi) lewat takokak terus arah ciguha (sukanagara) sampai ke arah pasir nangka disepanjang jalan banyak terdapat tanaman cabai dan sayuran-sayuran yang tumbuh dengan subur.

Jika ada Ingin Bertanam dan Budi daya cabai di dalam POT berikut ini adalah Makalah mengenai Budidaya Tanaman cabai di dalam POT sebagai altirnatif budidaya dengan ruang yang sempit namun tetap menghasilkan yang optimal.

Dowenload artikel Budidaya Tanaman Cabai di dalam POT disini

46 komentar

  1. boleh tau gmn cara menampilkan baca entry selengkapnya di halaman blog anda?
    saya coba tidak bisa terus. trims.


    • Untuk Memotong Artikel pada WP ada perintah atau klik tanda (===) pada menu edit pada entri artikel.


  2. Assalammu’alaikum Wr Wb

    Teh Riva perkenalkan, Nama saya Ratna (Mahasiswi IPB semester 8).

    Begini teh, Kebetulan saya sedang menyusun skripsi mengenai risiko harga komoditi cabai merah. saya membtuhkan beberapa informasi mengenai cabai. Informasi tersebut harus saya dapatkan melalui wawancara dengan petani cabai merah yang memasok hasil pertaniannya ke Pasar Induk Keramat Jati (saya mengambil data harga dari pasar tersebut).

    Menurut informasi yang saya terima, petani cabai cianjur memasok hasil pertaniannya ke pasar induk keramat jati. Jadi saya berencana untuk melakukan penelitian di Cianjur. Pertanyaan saya adalah

    1. Dimanakah tepatnya sentra penanaman cabai di Cianjur, jika dari Bogor biasanya kita akan naik mobil L300 menuju Bogor. Kira-kira nanti kita harus turun dimana ya teh?

    2. Jenis cabai merah yang ditanam di Cianjur itu jenis apa ya teh, cabai merah keriting ataukah cabai merah besar?

    Terima kasih banyak ya teh atas perhatian dan responnya


  3. Bumi kita memang subur loh jinawi .(coklat.Kopi.Jambu.Blimbing.Cengkeh.Cabe dll) sgala macam produk pertanian bisa tumbuh subur di bumi kita ini. Tetapi yg menjadi kendala pokok bagi para petani kita lagi lagiadalah “MARKETING”pasca panen, dan rata2 petani kita adlh petani tradisional dan tidak melulu memproduksi produk2 pertanian dalam skala besar . .(termasuk saya)


  4. thx. .
    tulisannya ya teh,,,
    klo da yang laen,email yukie yah…
    jgn lupa..
    ukerzt_14@yahoo.com


  5. saya sangat ingin membentuk sebuah organisasi kecil di wilayah sukabumi yang memiliki konsep dasar perlindungan bagi petani.memang sudah ada HKTI tapi itu kan skala nasional, padahal seharusnya sebuah jejaring harus diperkuat dari sel paling kecil. organisasi yang saya ingin bentuk adalah bersifat paguyuban petani yang nirlaba dan tentunya memiliki konsen terhadap kepentingan petani agar mereka “tidak jatuh miskin pada saat panen” seperti yang sudah-sudah. Perlindungan dari permainan harga oleh tengkulah mutlak diperlukan tapi yang lebih penting lagi adalah ilmu pemasaran yang dapat saya dan rekan-rekan bisnis saya tawarkan. 100 % gratis (nirlaba)….. silahkan ditanggapi…..


    • Saya ingin bergabumg


  6. saya rencana akan menanam cabai di greenhouse dengan luas 2000 meter apa untung dan ruginya dan apa pengaruh greenhouse thd produksi cabai. jika mbak riva pernah menemui bddy tnm cabai dlm greenhouse tlg dimana dan hasilnya bagaimana. saya ada di jember jawa timur. matur nuwun sebelumnya.


    • Pak Budi : saya belum pernah menggunakan sistem greenhouse dalam menanam cabai. Jika ada kawan2 yang mengetahui sistem menanam cabai menggunakan greenhouse mohon infonya. Terima kasih


      • kalau mungkin ada data dari hasil penelitian di kampus dgn skala kecil atau teman teman mbak riva yang menulis thesis / skripsi . nanti kalau aku sudah menanam insya alloh aku kasih datanya ini menarik karena bisa menanggulangi harga cabai yang sangat fluktuatif dengan membentuk petani plasma dengan sistem green house. matur nuwun. o ya aku pernah tinggal di areal perkebunan di kec cibinong cianjur selatan selama 2 tahun. mbak riva ada di mana?


  7. kami mau mencari bibit cabe merah yang dapat ditanam secara tradisional, dengan modal pas-pasan, karena kebanyakan petani2 kita tidak mempunyai modal yang cukup untuk budidaya cabe merah secara modern.


    • klu cabe modalnya sangat besar klu d malang kira2 3000-3500 per btang


  8. siang mbak…

    mbak saya lagi bth cabe dr cianjur…

    saya lagi bth cabe keritng merah, cabe merah besar dan cabe rawit ijo dari daerah cipanas cianjur.

    apa sy bsa blnj cabe dr mbak??

    tks

    agung(08995450617)


  9. begini mbak, faujiah. saya mau nannya, apakah menanam cabai merah yang menggunakan polybag bisa mamperoleh hasil yang sama dengan yang di tanam pada lahan persawahan atau ladang ?….


  10. asalamualaikum teh kenakan nama saya dede saya mau taya nih tentang obat cabe
    saya pernah nanam cabe merah keriting daun cabenya kuning terima kasih wasalm


  11. saya ingin menanam cabai d daerah purworejo menurut anda tanah daerah sini gmana dan bagaimana cara mengatasi penyakit pada tanaman cabai terimakasih


    • didaerah purworejo sangat cocok tukmenanam cabaimerah eriting….merk korea tm 99….saya juga dari prworejo selatan


  12. ass
    mbakk mohon info karena kebetulan saya sedang akan penelitian S3 masalah petani cabe di cianjur. apa bisa dibantu?


  13. Assalamualaikum.
    Mbak bisa bantu minta artikel tentang pertanian dan perkebunan. aku mau pasang di blog yang baru aku buat. kalau Boleh biar saya edit ulang, referensi tetap saya masukkan. semakin banyak tanaman yang di bahas semakin bagsu.
    Terimakasih


  14. Thanks atas blog yg ada. Seiring perkembangan teknologi,adalah sngat dmungkinkan,bila para petani,dpt melihat ataupun mencari solusi dari masalah yg mereka hadapi dilapangan. Jd saran saya,adalah untuk dapat memuat, tata cara bertanam cabai yg baik secara komplet,& juga penanganan penyakit2 yang ada pada tanaman cabai,berikut pupuk & pestisida yang digunakan. Trims & salam hormat.


  15. barangkali teman2 mau main ke kebun cabe sy di sukanagara cianjur..kebetulan sedang mau panen.kalo berkenan bisa lihat foto2nya di facebook dg alamat email tersebut. htr nuhun


  16. ups..lupa : elh4kim@yahoo.co.id


  17. tolong kirimkan cara menanam cabai didataran rendah dengan curah hujan rendah


  18. untuk kelompok tani cabe jika susah dalam pemasaran cabe.PT.Heinz ABC Indonesia siap menjamin pasar melalalui kontrak dengan varietas cabe besar sbb : Biola, Imperial, Gada, Hot Beauty, Adipati dan fantastik.


  19. saya ingin bergabung


  20. kami akan membantu menangani market Cabai utk export asalkan dari awal pengelolaan & penyemaian benih dgn penerapan standard HCCP


  21. met pagi mba, mau tanya apa jual bibit cabai,kalau ada berapa harga dan ongkos kirim ke bogor (cibinong),thx.


  22. Kami merencanankan akan budidaya cabai merah kerting, mohon informasi analisa biaya per Ha,Terima kasih


  23. Saya seorang Mahasiswa yang juga merangkap sebagai petani dari Bukittinggi, Sumatera Barat.
    Disini biasanya saya menjual komoditi Cabe Merah hanya kepasar tradisional disini. Dengan harga yang lumayan Minim. Biasanya saya menjual dengan harga Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000,-.
    Dengan harga yang demikian,saya biasanya hanya dapet keuntungan paling banyak 5% dari modal yang saya keluarkan. Bisa gak klo cabe saya dikirim kesana, berapa harga cabe merah disana? Disini kami memproduksi cabe merah dengan mutu yang lumayan bagus, biasanya kecil2 deng panjang >10 cm. Dan rasa yang lumayan pedas, Jika bapak2 ato ibu2 yang disana bisa menjual dengan harga Rp. 35.000,- saja saya bisa pasok 1 ton cabe merah/ minggu dengan kwalitas yang OK kesana. Namun saya gak punya transportasi dan angkutan kesana, sebenarnya sich bisa aja saya kirim melalui ekspedisi kesana, namun saya gak ada kenal sama orang2 disana. Siapa yang ingin berbisnis cabe merah, silahkan saja hubungi saya di no. Hp. 085274208102
    Ato di 07527022660
    An. Meri Sandra Putra


  24. Saya seorang mahasiswi Fakultas Pertanian IPB ingin bertanya tentang budidaya cabai.. apakah ada persyaratan khusus supaya cabai itu bisa menghasilkan produksi yang maksimum??
    dan mengapa harga jual cabai di Hari Raya meningkat dan persentasenya lebih tinggi daripada bahan pokok lainnya??


  25. saya mau bertanya masalah cabai merah.,
    kalao d tanam d bekas tanaman cabai apa pengaruhnya., dan apa yang harus saya lakukan., karna saya tidak punya lokasi lain.,


  26. Maaf sebelumnya, Pabrik kami PT. PLASTIN EKA PRAKARSA yang berlokasi di Bandung memproduksi plastik mulsa dengan mutu prima karena diproduksi dari biji palstik fresh/gress ( bukan dari biji plastik hasil daur ulang ).
    Sisi bagian atas mulsa yang berwarna perak berguna untuk memantulkan sinar Ultra Violet dari cahaya matahari sedangkan sisi bagian bawah yang berwaran hitam berguna untuk mencegah pertumbuhan rumput dan tanam gulma lain yang merugikan tanaman sehingga penyerapan unsur hara tanah oleh tanaman emnjadi optimal.

    Ukuran plastik mulsa yang kami produksi sbb :

    – 30 micron ( Tebal) x 60 cm ( lebar, jika dibentang 120 cm) x 500 m ( panjang), Berat per roll 18 kg ==> harga Rp. 450,000/roll – Franko JABOTABEK

    – 28 micron ( Tebal) x 60 cm ( lebar, jika dibentang 120 cm) x 500 m ( panjang), Berat per roll 17 kg ==> harga Rp. 400,000/roll – Franko JABOTABEK

    Selain lebar 60 cm kami juga memproduksi lebar 45 cm dan 50 cm atau sesuai permintaan customer.

    Min. order : 300 roll

    Pembayaran : DP 30% sisa 70% saat barang akan dikirim

    Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

    Budi Ghozali
    PT. PLASTIN EKA PRAKARSA
    JAKARTA OFFICE
    HP : 087881832020
    ESIA : 021-96026944
    email : plastin_EP@yahoo.co.id
    Pabrik : Jl. Cijerah No. 21 – Bandung


    • Wah info yang sangat Menarik,.. Mungkin diantara para pembaca ada yg tertarik! silahkan kontak tersebut diatas..

      Terima kasih komentarnya..


  27. mbak saya mau pindah rumah ke daerah depok (belakang UI depok), saya punya rencana ingin menanam cabai di pot, bisakah diberikan saran bagaimana menanam cabai di pot-pot rumah,

    numpang blogwalking yah P E R T A M I N A


  28. assalamu’alaikum semua,saya berasal dari selong lombok timur. daerah saya termasuk daerah pertanian. saya berkeinginan sekali agar bisa berbisnis di bidang ini. setidaknya menjadi pengirim hasil pertanian ke daerah lain. hasil pertanian daerah saya terutama sekali adalah cabe rawit, cabe keriting, cabe merah besar, kacang hijau, kacang polong, jagung, dll. bagi yang berminat bekerjasama berbisnis ini bisa menghubungi saya. bentuk kerjasamanya bisa kita diskusikan lebih lanjut. yang terpenting adalah kejujuran. saya bisa bertindak sebagai pemasok dan teman-teman yang berminat sebagai penghubung. apakah ada tertarik? hubungi saya melalu email saya di: reediti@yahoo.com. terimakasih.


  29. asslamualaikum….


  30. assalamualaikum….
    saya mau tanya tentang penanggulangan cacar buah ap fugisidanya n kenapa harga cabai dari petani kok cma 4500


  31. aslkm. teh mau tanya mengenai kondisi permintaan cabai merah untuk 3 tahun terakhir (2008-2010) khususnya untuk daerah jawa barat. terima kasih


  32. kak, apa saja yang sering dikeluhkan para petani cabai?


  33. di kediri dg harga 7000 masih impas krn harga saprotan naik terus


  34. kak boleh tanya gak tentang tanaman cabe


  35. Menarik sekali cara budidaya cabai diatas.


  36. Kak, Boleh tanya tentang cara nanam cabai yang bisa sehat?


  37. Perkenalkan nama saya Made dari Bedugul Bali
    saya menenam cabai merah jenis WIBAWA, setelah berumur kira kira 3 minggu mengalami daun Kriting dan Beberapa daunnya menjadi kuning seperti daun Bonsai Kerdil. yang saya tanyakan:
    apa penyebat penyakit tersebut diatas
    apa ada obat tuk mengembalikan daun yang kuning tersebut?
    dan obat untuk daun yang kritingnya?
    terima kasi atas infotrmasinya


    • Assalammualaikum Wr. Wb.

      Interested.
      saya jadi ingin berbisnis cabe merah
      Mau nanya untuk didaerah Jonggol Cileungsi bisakah budidaya cabe merah.
      mungkin jika ada kawan-kawan yang sudah atau mulai berbisnis cabe merah, sudi kiranya agar saya dapat berinvestasi.

      hubungi saya yach di:
      barly90@gmail.com

      Thx anyway.

      Wassalam.
      Barly



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: