h1

Menjaga Hubungan Rumah Tangga

02/03/2008

cincin-kawin-cianjur.jpgMemang kelihatanya sangatlah sepele dan simple, semua orang memandang sebelah mata masalah hubungan rumah tangga. Rumah tangga yang harmonis-damai adalah dambaan semua insan. Harta bukan jaminan dalam keharmonisan rumah tangga. Mobil dan rumah mewah bukan ukuran dalam keharmonisan rumah tangga. Hal-hal kecil ternyata bisa menjadi pemicu retaknya keutuhan Rumah Tangga. Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan agar perkawinan tetap harmonis ?
Menurut saya kiat-kiat dalam menjaga keharmonisan Rumah Tangga sangatlah sederhana cuma pengaplikasiannya harus membutuhkan tekad, niat yang sangat tinggi. Untuk menuju kedewasaan dalam berumah tangga memerlukan proses yang panjang.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk menuju rumah tangga yang harmonis dambaan kita semua :

1. Saling Percaya
Modal utama perkawinan adalah saling percaya. Jangan mudah percaya pada apa yang dikatakan orang lain tentang pasangan Anda. Karna berita dari pihak ketiga adalah banyak dikurang dan tambah sesuai versinya.

2. Saling Menghargai
Kalau bukan Anda yang menghargai pasangan Anda, siapa lagi ? Mulailah dari hal-hal yang paling kecil dan mungkin sepele. Apapun keinginan dan kebutuhan pasangan, andalah yang lebih mengetahui daripada orang lain. Hargailah pasangan Anda !

3. Saling Memaafkan
Bersedia untuk saling memaafkan sebelum sampai matahari terbenam ! Selesaikanlah semua perkara sebelum pergi tidur. Jangan membawa masalah rumah tangga keluar dari rumah, karna itu malah akan memperuncing masalah. “masalah bukanlah masalah jika kita bisa menyelesaikan masalah itu sendiri.

4. Bersikap Jujur dan Terbuka
Bagi suami-isteri tidak ada yang bersifat rahasia pribadi. Keterbukaan dan kejujuran dalam rumah tangga adalah mutlak. Tidak dapat di tawar-tawar lagi. Sepahit apapun kejujuran harus tetap di jaga.

5. Mau Berbagi Suka dan Duka
Sukacita suami adalah sukacita istri, sebaliknya dukacita isteri adalah dukacita suami pula. Jika masing-masing bisa saling merasakan rasa membagi dan melindungi akan tercipta dengan sendirinya.

6. Menerima Kekurangan Pasangan
Ingatlah bahwa pasangan Anda bukanlah malaikat. Maka terimalah segala kekurangan yang ada padanya. Jangan menuntut lebih dari itu ! Justru karena adanya perbedaan ini kita bisa saling melengkapi dan mengisi.

7. Selalu Berpikiran Positif
Ingatlah ini, banyak keluarga gagal dan hancur di tengah jalan karena selalu membangun pikiran negatif tentang pasangannya. Hilangkan pikiran-pikiran negatif mengenai pasangan. Lepaskan semua prasangka buruk.

8. Tetap Mesra
Berapapun usia perkawinan Anda, tidak jadi soal. Yang terpenting membangun kemesraan. Kemesraan bukan berarti bercumbu. Tetapi mesra dalam memperlakukan pasangan. Baik dalam perbuatan dan perkataan. Lembutnya kata-kata dan sikap bisa mengalahkan segalanya.

9. Ciptakan Kejutan
bagi Pasangan

Kadang-kadang kejutan yang kecil saja sangat berarti bagi pasangan, misalnya hadiah yang menurut anda sebagai keinginan / kemauan pasangan. Hadiah tidak harus mahal dan terkesan memaksakan diri. Yang terpenting adalah diberikan pada waktu yang tepat dan penuh dengan kesungguh- sungguhan.

10. Jangan Sepelekan Janji
Janji adalah hutang. Bila sudah berjanji pada pasangan, usahakanlah untuk menepatinya. Biarpun untuk hal-hal yang sepele.

11. Jangan Suka Mengatur
Pasangan Anda bukanlah anak kecil, maka perlakukanlah dia sebagai partner bukan sebagai anak kecil. Jangan suka mendikte pasangan. Karna hal ini akan membuat hati pasangan tidak nyaman.

12. Ciptakan Bulan Madu Kedua
Sesekali ajaklah pasangan Anda untuk berduaan sendiri jauh dari anak-anak untuk menikmati saat-saat indah sekedar untuk refreshing.

13. Tawakal dan berdo’a
Bimbing keluarga untuk lebih mendekatkan diri pada Allah. Serahkan semua pada yang Maha Kuasa, Karena dialah Pemilik Segalanya. Kita hanya sekedar menjalani apa yang sudah menjadi kehendakNYA.

10 komentar

  1. welah aku belon nikah tapi kalok dipakai sama nyang baru pacaran bisa?


  2. trimakasih buat tulisan yang indag ini……..


  3. Makasih yach, kbetulan bulan maret ni aku mo nikah, mudah-mudahan ni tips jadi referensi bwat nanti aku berumah tangga. syukron…


  4. makasih ya …


  5. Saya salah satu orang yang cukup banyak menelan masalah, meskipun diri pribadi saya belum merasakan kehidupan berumah tangga, tapi paling tidak saya bisa mengerti setelah saya membaca blog anda.


  6. Hatur nuhun pisan.saparantos maca tadi abdi janten ngaraos gaduh arti hidup berumah tangga anu saleureusna


  7. ma kasih ya, aq baru menikah tetapi suamiku mau menikah lagi dan dia tetap pacaran semenjak aq baru siap resepsi dan sekarang dah membicarakan tentang pernikahan keduanya terhadapku. aq sedih tapi aq sangat mencintai suamiku artinya aq sangat takut kehilanganya. ada yg bisa kasih saran g’


  8. sy seorang ibu rumh tangga, yang umur pernikahannya baru 6 bulan.saat ini sy sedang hamil 5 bulan, namun 1 bulan yg lalu sy telh pisah rmah dengan suamiku dan tanpa kbr sedikitpun.ini dikarnakn suamiku sering ringan tangan sekalipun aq dlm keadaan hamil.saat ini dia kmbali lg memnta maaf ats kesalhannx..jauh dilbuk hatiku sy sangat mencintaix namun ini sdh sering terjadi dari awal pernikahanku..begitupun dengan keluarga sy semua…sdh tdk ada yag se7 klo sy kmbli menjalin hub. lg denganx…akhirx skrg aq dan suami hanya bertemu sekali2 itupun dengan harus sembunyi2.. tolong saranx. makasih


  9. saya yg baru menikah 2minggu, makasih buat masukanya jd saya bs sedikit mengerti komitmen hubungan rumah tangga,,


  10. thanks..
    berguna sekali untuk kami yang sudah atau akan berumah tangga..



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: