h1

Simpus – Sistem Informasi Puskesmas

02/02/2008

Dalam rangka mewujudkan Visi “Memandirikan Masyarakat untuk Hidup Sehat” dan Misi “Membuat Rakyat Sehat”, Departemen Kesehatan menyelenggarakan perannya dengan menempuh empat strategi utama, yaitu: (1) mobilisasi sosial (menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat), (2) meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, (3) meningkatkan surveilans, monitoring dan sistem informasi kesehatan, dan (4) meningkatkan pendanaan kesehatan.

Upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, di antaranya meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar. Di sini peran Puskesmas sebagai institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan di jenjang tingkat pertama yang terlibat langsung dengan masyarakat menjadi sangat penting. Puskesmas bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya yaitu dengan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerjanya agar terwujudnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Dengan demikian, akses terhadap pelayanan kesehatan terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat ditingkatkan melalui peningkatan kinerja Puskesmas.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja Puskesmas diperlukan data dasar Puskesmas mengenai sarana, prasarana, peralatan, dan tenaga yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan. Namun data dasar Puskesmas yang berhasil dikumpulkan selama ini kualitasnya relatif masih rendah. Hal ini disebabkan metode pengumpulan data yang digunakan tidak mampu menjamin updating data dilakukan dengan baik karena cakupan pengumpulan datanya masih rendah.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dalam rangka membangun data dasar Puskesmas yang berkualitas, akan diselenggarakan pendataan Puskesmas yang mencakup data sarana, prasarana, peralatan, dan tenaga yang dilakukan secara sensus terhadap seluruh Puskesmas di Indonesia. Pendataan Puskesmas diharapkan menjadi penilaian terhadap pembangunan Puskesmas selama ini dan sebagai masukan dalam perencanaan untuk membangun pelayanan kesehatan yang berkualitas di masa yang akan datang.

Buku ini merupakan pedoman dalam melaksanakan Pendataan Puskesmas, yang di dalamnya menguraikan berbagai hal yang menyangkut apa, mengapa, bagaimana, di mana, dan kapan pelaksanaan pendataan Puskesmas? sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya dapat dilakukan dengan benar.

Tujuan Pendataan Puskesmas

  1. Tersedianya data dasar puskesmas yang meliputi bangunan, peralatan, sarana penunjang, tenaga serta biaya di puskesmas dan jaringannya yang valid dan reliable untuk kebutuhan daerah, pusat, dan stake holder serta pihak lain yang membutuhkan.
  2. Diperolehnya peta kondisi puskesmas dan jaringannya.

Tujuan Pedoman Pendataan Puskesmas

Tujuan Umum Pedoman Pendataan Puskesmas ini adalah sebagai acuan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Dinas Kesehatan Provinsi untuk melaksanakan Pendataan Puskesmas.

Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai adalah:

  1. Tersedianya acuan mekanisme kerja pengumpulan, pengolahan untuk Pendataan Puskesmas.
  2. Tersedianya acuan untuk analisis dan penyajian data Pendataan Puskesmas.
  3. Tersedianya acuan penjadwalan kegiatan Pendataan Puskesmas.

Ruang Lingkup Pendataan

Data yang dikumpulkan adalah data-data yang menyangkut sarana, prasarana, peralatan, dan tenaga yang ada di Puskesmas. Pada pendataan puskesmas tahun 2006 data tesrsebut dibagi menjadi 10 bagian sebagai berikut:

1) Identitas Wilayah

Pada bagian Identitas Wilayah, dilakukan pendataan terhadap Nama Provinsi, Nama Kabupaten/Kota, dan Nama Kecamatan tempat puskesmas berada.

2) Identitas Puskesmas

Pada bagian Identitas Puskesmas, dilakukan pendataan terhadap kode puskesmas, jenis puskesmas, no urut puskesmas, nama puskesmas, dan alamat puskesmas.

3) Karakteristik Puskesmas

Pada bagian Karakteristik Puskesmas, Pendataan dilakukan terhadap Jumlah dan Nama Desa/Kelurahan, Letak Administratif, Letak Geografis Wilayah, Letak Strategis, Status dan Luas Tanah, Luas dan Kondisi Bangunan Puskesmas serta Bangunan Ruang Perawatan.

4) Bangunan Perumahan

Pada bagian Bangunan Perumahan, dilakukan pendataan terhadap data Jumlah, Kondisi, dan Pemanfaatan Rumah Dinas Dokter/Dokter Gigi, Rumah Dinas Paramedis, Rumah Dinas Tenaga Non Kesehatan, dan Bangunan Asrama.

5) Sarana Penunjang

Pada bagian Sarana Penunjang dilakukan pendataan terhadap Jumlah dan Kondisi Sarana Transportasi, Sarana Komunikasi dan Informasi, Sumber Energi, dan Prasarana.

6) Peralatan Puskesmas

Pada bagian Peralatan Puskesmas, dilakukan pendataan terhadap Jumlah dan Kondisi paket peralatan Poliklinik Set, Minor Surgery, Peralatan KIA, Imunisasi Kit, Sanitasi KIT, Audio Visual Kit, Dental Kit, Dental Unit, Laboratorium Set, Nutrition Kit, Radiologi Unit, dan KIE Kit.

7) Pengorganisasian Puskesmas

Pada bagian Pengorganisasian Puskesmas, dilakukan pendataan tentang Pengorganisasian dalam penyelenggaraan Program Pokok dan Program Pengembangan Puskesmas. Selain itu, juga dilakukan pendataan tentang jenis dan jumlah tenaga yang bertugas di Puskesmas dan jaringannya.

8) Program Puskesmas

Pada bagian Program Puskesmas, dilakukan pendataan terhadap program pokok dan program pengembanngan yang dilaksanakan oleh puskesmas.

9) Pembiayaan Puskesmas

Pada bagian Pembiayaan Puskesmas, dilakukan pendataan terhadap besarnya Biaya Pelayanan di Puskesmas dan Biaya Operasional Puskesmas.

10) Jaringan Puskesmas

Pada bagian Jaringan Puskesmas, dilakukan pendataan terhadap Pustu, Polindes, Bidan di Desa, Posyandu, Kader Posyandu, Pos Obat Desa, Pos UKK dan Pos Kesehatan Desa.

 

Info : http://www.telematika.co.id | http://www.banten.web.id | http://www.telematika.info

2 komentar

  1. salam kenal untuk mas dan mbak riva (atau aa dan teteh ya) saya dr klaten..kalau boleh tau apa simpus sdh bs berjln di cianjur? saya kebtln jg seneng dan sedang mengembangkn simpus di bbrp puskesmas, mgkn bs belajar dr cianjur..mas atau mbak ada yg kerja di puskesmas? terima kasih sebelumnya..


  2. salam kenal mbak, artikelnya bagus lho, makanya Kami admin dari dinas kesehatan kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo memuatnya juga di website kami.Terima kasih



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: