h1

Pengenalan Internet

01/01/2008

Apa Itu Internet ?

Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar kata-kata “Internet”. Dimana-mana orang-orang selalu berbicara tentang Internet. Sesama teman saling memberikan alamat e-mail mereka, belum lagi jika ada yang menanyakan soal homepage anda. Internet sepertinya sudah merupakan hal yang umum di masyarakat.
Internet adalah suatu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di internet, anda bisa mencari dan menemukan berbagai macam informasi yang meliputi segala bidang. Internet bukanlah merupakan arti yang sebenarnya melainkan jaringan komputer seluruh dunia atau lebih tepat lagi jaringan dalam jaringan. Dengan kata lain Internet adalah sistem yang menghubungkan komputer sedemikian rupa sehingga sesama pemakai komputer dapat saling menukar data, pesan, dan informasi dengan pemakai komputer lainnya di tempat yang berjauhan.

Saat ini jika orang berbicara tentang internet , yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut World Wide Web (www). Pada kenyataannya internet mempunyai banyak bagian:

  • World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web anda bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
  • Electronic Mail disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini anda bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Anda bisa mengirim e-mail ke teman anda di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan anda tidak perlu kuatir surat anda akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya. Untuk mengirim atau menerima e-mail dibutuhkan program e-mail yang juga terdapat di Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. Yang perlu anda lakukan hanya mengetik surat tersebut dan kemudian mengirimkannya. Di internet juga banyak tersedia Mailing List, fasilitas yang memungkinkan anda untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika anda bergabung dengan salah satu mailing list, anda bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut.
  • Telnet . Dengan menggunakan telnet anda bisa menggunakan komputer anda untuk berhubungan dengan komputer lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut.
  • File Transfer Protocol disingkat FTP . Melalui software FTP, anda bisa mengirim data atau file dari satu komputer ke komputer lain. Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
  • Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
  • Chat Groups adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
  • Newsgroup bisa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama. Di internet tersedia bermacam-macam newsgroup dengan tema-tema yang berbeda-beda. Apapun fasilitas yang anda gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet.

Melalui fasilitas fasilitas internet itu, anda bisa melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan anda. Untuk berhubungan dengan internet tentunya anda harus mempunyai komputer. Internet adalah jaringan komputer, oleh karena itu jalan satu-satunya untuk berhubungan dengan internet adalah melalui komputer. Selain itu juga diperlukan hard disk yang berisi software untuk berhubungan dengan Internet Service Provider dan Internet seperti web browser, dan hard disk untuk menyimpan informasi-informasi yang anda download. Untuk bisa mengakses internet tidak cukup hanya dengan komputer. Anda juga harus mempunyai :

Modem . Modem adalah perangkat hardware tambahan untuk komputer (baik jenis card / internal, maupun eksternal yang terletak di luar komputer). Pada dasarnya modem adalah alat yang memungkinkan komputer anda untuk berbicara dengan komputer lain melalui kabel telpon. Kata modem berasal dari kata modulasi demodulasi yang bisa diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis dari komputer menjadi suara / audio (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah nada suara tadi menjadi denyut elektronis kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi).

Modem memerlukan telepon untuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan anda memulai hubungan dengan Internet Service Provider pada dasarnya sama dengan proses anda menelepon biasa. Jika ada yang menelepon anda saat anda menggunakan modem, maka dia akan menerima nada sibuk dan tidak bisa menghubungi anda. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus anda bayar setiap bulan. Sehingga, modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat.

Software diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, anda tidak bisa mengakses internet. Contoh software yang diperlukan adalah :

  • Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator adalah browser untuk mengakses web yang paling baik dan terpopuler saat ini. Kedua browser ini juga bisa sekaligus berfungsi sebagai FTP, mail, dan newsgroup.
  • Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah software khusus untuk FTP.
  • Untuk e-mail, anda bisa menggunakan Internet mail / Outlook Express yang merupakan bagian dari Microsoft Internet Explorer atau Netscape Mail yang merupakan bagian dari Netscape Communicator.
  • mIRC atau ICQ adalah program untuk chatting yang paling populer saat ini. Dengan program ini anda bisa berbincang-bincang dengan orang lain melalui keyboard.

Untuk bisa bergabung dengan internet, anda harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet atau yang lebih sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Internet Service Provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada anda untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses anda cukup menghubungi Internet Service Provider melalui komputer dan modem, selanjutnya Internet Service Provider akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya SLJJ koneksi tersebut. Jadi misalnya ketika anda sedang mengakses homepage luarnegeri, maka Internet Service Provider-lah yang menanggung biaya hubungan ke luarnegeri. Anda cukup membayar biaya pulsa lokal yang digunakan untuk menghubungi Internet Service Provider tadi.

1.2    Apa Itu Ekstranet ?

Istilah dari teknik jaringan Ekstranet pada dasarnya merupakan sebuah campuran antara internet dan intranet. Pada ketiga bentuk jaringan digunakan teknologi yang sama, yaitu TCP/IP standar: Transfer Control Protocol mengatur pertukaran data antar program, sedangkan Internet Protocol mengatur lalu lintas data antar komputer.

Bentuk-bentuk jaringan berbeda-beda dalam hal penerapan dan realisasi teknisnya. Struktur Internet, jaringan pertukaran data yang kini sudah melingkupi seluruh bumi, terus bertambah luas seiring dengan perjalanan waktu. Internet ini bukan milik salah satu perusahaan, karenanya sulit dikontrol sehingga cenderung tidak aman.

Intranet adalah jaringan Internet dalam sebuah perusahaan dengan segala perlengkapannya: server E-Mail, server Web, server FTP, dan sebagainya. Karena perusahaan (lebih tepatnya salah satu bagian perusahaan (EDP)) yang bertanggung jawab atas jaringan, semuanya dapat diatur agar berjalan dalam jalur-jalur yang telah ditetapkan. Ini menjamin keamanan data. Semua PC dalam Intranet terdaftar, setiap pengguna memiliki hak akses yang ditetapkan dengan jelas dan terutama data yang sensitif tidak dapat diakses oleh sembarang PC.

Ekstranet merupakan kombinasi keduanya: setengah Internet, setengah Intranet. Ini dapat lebih mudah diterangkan dengan contoh: Karyawan dinas luar sebuah perusahaan asuransi kebanyakan berada di luar sesuai dengan tugasnya. Untuk percakapan konsultasi dan pekerjaan administrasi dilengkapi dengan sebuah laptop. Tentunya selama di luar ia juga ingin mengakses e-mail dari rekan kerjanya dan informasi dari server atau PC besar perusahaan. Lagipula, transaksi kontrak harus langsung dimasukkan ke database pusat pada mainfreme melalui sebuah server khusus transaksi.

Jadi, Ekstranet merupakan sejenis Intranet, yang dapat digunakan di rumah maupun di hotel. Teknik yang digunakan sama, demikian pula aplikasinya. Karyawan dan PC dinas luar, juga hak aksesnya, langsung dikenal dalam jaringan perusahaan. Banyak trik yang digunakan untuk mengoperasikan intranet dengan sistem pengaman sehingga memungkinkan karyawan mengakses jaringan perusahaan dari luar tanpa resiko. Jaringan perusahaan maupun laptop karyawan dinas luar tadi masing-masing merupakan pulau data. Area yang terkendali dan aman ini oleh sistem pengaman (Firewall) dipisahkan dari Internet yang sangat bebas, tak aman, dan mungkin berbahaya.

Namun demikian, kedua pulau tadi harus berhubungan untuk bertukar data: Mau tidak mau melalui Internet. Karyawan dinas luar masuk ke Internet melalui ISP sebagai jalur hubungan virtual. Dalam hal ini informasinya dikirim dalam bentuk terenkripsi dan dikemas dengan cermat. Berita dari sumber lain atau sumber yang tidak dikenal sama sekali tidak bisa masuk. Data dalam kemasan yang diterima melalui Internet, ditempat tujuan baru dibuka dan didekripsi. Dengan cara ini, hubungan Internet akan lebih aman, baik bagi perusahaan maupun karyawan dinas luar tersebut. Tanda tangan digital dan berbagai kontrol identitas yang rinci juga menambah aman, agar pihak luar tidak dapat mengakses data perusahaan yang sensitif.

1.3    Situs Web dan Home Page

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman- halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site) sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam WWW memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut sebagai URL (Universal Resource Locator). URL mempunyai bentuk dasar: protocol://hostname/[path/[filename]]

Contoh URL salah satu situs web:
http://www.edu.telematika.co.id/index.htm

protocol adalah suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau memanipulasi data. Contoh : server dan browser WWW harus mendukung protocol HTTP agar dapat digunakan.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internet Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server.

Host adalah alat yang memiliki Internet Protocol (IP) address di suatu network TCP/IP atau Internet. Alat (device) tersebut dapat berupa komputer, router, antena, modem, printer. Misal : IP Address dari TELKOM adalah 202.134.0.155, jika semua alamat situs berfomat seperti ini, tentu kita kesulitan dalam mengingat namanya, untuk itulah diperlukan hostname sebagai alat bantu. Jika kita mau membuka situs syscom, kita cukup ketik http://www.syscom.co.id. [path/[filename]] adalah lokasi penyimpanan dan nama file pada suatu server.

HyperText Markup Language (HTML) Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.

Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

One comment

  1. Aslmlykum.Bu salam kenal dan silahkan kalo mau silaturahim di blog saya. trima kasih



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: