h1

Jalur Alternatif Jonggol – Cianjur

10/01/2007

jalan-jonggol-pustus.jpgDi Detik Dot Com tadi saya membaca bahwa Dinas Perhubungan Jawa Barat menjamin kondisi jalan raya baik jalur utama maupun alternatif pada arus mudik nanti, zero hole pada H-7. Termasuk di jalur Pantura?

Demikian disampaikan Kasie Pengendalian Lalu Lintas Dishub Jabar, Endang Sobirin, saat ditemui detikcom di kantornya Jalan Sukabumi, Bandung, Senin (1/10/2007).

Hasil rapat terakhir dengan Dinas Bina Marga, perbaikan kondisi jalan saat ini sudah hampir 100% selesai, baik jalur alternatif dan utama. Kami jamin pada H-7 nanti, kondisi jalan sudah mulus, tanpa ada satu lubang pun atau zero hole,” ujar Endang.

Benarkah demikian?

jalan-jonggol-cianjur.jpgBaru Kemarin saya pulang ke Cianjur, biasayanya rute yang saya lewati adalah dari Tol Merak – Jakarta, Keluar BSD dan masuk tol lagi Tol kembali Pondok Aren Keluar Tol Pasar Rebo, kemudian masuk Tol Lagi arah Bogor (Tol Jagorawi)

Entah Kenapa saya berubah pikiran saya tidak ingin lewat Ciawi -Puncak – Cianjur. Karena belajar dari pengalaman Ciawi Puncak sering di buka tutup tetapi untuk jamnya saya kurang paham pada jam-jam berapa untuk buka tutupnya jalur Ciawi Puncak. Karena pengalaman pernah mengalami ditutupnya jalur arus dari bawah menuju puncak – cianjur. Akhirnya saya harus melewati Jalur Sukabumi – Cianjur, atau balik lagi ke Arah Jakarta dan keluar Cibubur – Cileungsi.

Akhirnya saya putuskan untuk keluar Tol Cibubur dan melawati Jalur Alternatif ke arah Cianjur yaitu dari Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cariu – Cikalong baru Cianjur.

Jalur Alternatif ini sebenarnya sangat padat, distribusi berbagai kebutuhan banyak yang melewati jalur ini ini nampak dari begitu banyaknya truk-truk yang mengangkut berbagai hasil bumi.

Tetapi sayang Jalur Alternatif ini tidak begitu diperhatikan dengan begitu banyaknya lubang-lubang disana-sini, terutama di daerah Cibeet – Cikalong Kulon. Pas di tanjakan yang paling tinggi jalanan putus. Maka berhati-hatilah! Perbaikan jalur ini masih bersifat tambal sulam.

Kerusakan yang terjadi pada jalur alternatif Jonggol tersebut paling parah terjadi di daerah Cibeet Kecamatan Cikalongkulon Kab. Cianjur. Di daerah tersebut, sebagian badan jalan mengalami amblas dan berlubang sehingga pengguna jalan hanya bisa menggunakan sebagian badan jalan saja.

Kerusakan ini, selain disebabkan kondisi tanah yang labil juga diakibatkan banyaknya kendaraan besar dengan bobot yang melebihi ketentuan, melalui jalur tersebut. Sedangkan ancaman tanah longsor, terutama pada saat musim penghujan datang, dikarenakan kondisi tanah di perbukitan yang berada di pinggir jalan kritris dan tandus. Kalaupun ada tanaman yang tumbuh hanyalah pohon pisang dan belukar.

Apalagi jika pas hari H nanti, jalur ini sangatlah ramai dipadati oleh para pemudik yang ingin mencari jalur alternatif. Jika tidak berhati-hati bisa mengakibatkan hal yang fatal karena jalanan yang tiba-tiba memburuk.

Mengutif kalimat :

Jalur Mudik Jabar Bebas Lubang

Hasil rapat terakhir dengan Dinas Bina Marga, perbaikan kondisi jalan saat ini sudah hampir 100% selesai, baik jalur alternatif dan utama. Kami jamin pada H-7 nanti, kondisi jalan sudah mulus, tanpa ada satu lubang pun atau zero hole,” ujar Endang.

Demikian disampaikan Kasie Pengendalian Lalu Lintas Dishub Jabar, Endang Sobirin, saat ditemui detikcom di kantornya Jalan Sukabumi, Bandung, Senin (1/10/2007).

Semoga Untuk Jalur Alternatif wilayah Jonggol Juga secepatnya dalam Perbaikan..! Dan Pemudik Bisa Melewati Jalur ini dengan Aman dan lancar..!

Selamat Bekerja Pak!

3 komentar

  1. Jalur Alternatif Jonggol, Walau kita jalan Seadanya, tetapi pemandangan cukup indah dan nyaman. Yang Paling Penting Di Jamin Tidak Macet..! Aman dan Lancar! Jalur Jonggol AMAN


  2. kota cianjur tempat ak d lahirkan kota yang penuh kedamayan rasanya ak merinduka mu..


  3. jonggol aman dan terpercaya



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: