h1

Ingin Terampil dan Mandiri? Ikut Pramuka Dong!

08/13/2007

kegiatan-pramuka.jpgHari gini ikut Pramuka? Di benak kalian, Pramuka mungkin tidak semenarik main playstation, nonton kartun di televisi, atau jalan-jalan di mal. Padahal, kalau kamu sudah terjun di dalam kegiatan Pramuka, kamu pasti akan bilang kalau Pramuka itu sangat asyik dan menyenangkan. Tak percaya? Coba deh..!

Jangan salah, Pramuka bukan kegiatan hura-hura. Sebaliknya, kamu bisa belajar banyak dari kegiatan ini. Mulai dari belajar mandiri sampai kepemimpinan.

Tahukah kalian, apa lambang Pramuka (Praja Muda Karana) di Indonesia? Kalian pasti tahu. Ya benar sekali, tunas kelapa. Mengapa Pramuka dilambangkan dengan tunas kelapa? Tak lain dan tak bukan, karena seluruh bagian dari pohon kelapa memiliki manfaat.

Kalian tahu bukan, buah kelapa bisa dimakan dan diambil santannya. Batang pohonnya bisa dijadikan kayu untuk berbagai keperluan. Sementara daunnya, bisa pula dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Daun kelapa yang tua, bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat atap rumah. Sedangkan yang muda, bisa kamu gunakan untuk membuat sarang ketupat atau aneka hiasan dari janur. Nah, sesuai dengan lambangnya yaitu tunas kelapa, para anggota Pramuka pun diharapkan bisa memberi banyak manfaat, tak cuma untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain atau lingkungan sekitarnya.

Untuk diri kalian sendiri, kegiatan Pramukan juga bisa memberi banyak manfaat lho. Sebenarnya, tanpa kalian sadari, melalui beragam kegiatan Pramuka, kalian diajak untuk menjadi mandiri. Contohnya begini, kalian pasti tahu Pramuka memiliki beragam kegiatan yang diselenggarakan di alam luar. Salah satunya perkemahan. ”Nah, lewat perkemahan itu, setiap anggota Pramuka diajarkan untuk belajar hidup mandiri,” kata Kak Saiko Damai, kepala bagian hubungan masyarakat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dalam kegiatan perkemahan, kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya sendiri. Sehabis makan, kalian harus mencuci piring dan sendok sendiri. Begitu pun urusan mengatur dan merapikan pakaian, mesti dikerjakan sendiri. Bahkan, saat berkemah kalian juga diajarkan untuk memiliki sikap pemberani. Kalian mesti tidur di dalam tenda dengan penerangan seadanya, tanpa ditemani kakak, ayah, atau ibu kita.

Jadi, kalian diharapkan untuk berperan aktif seratus persen saat perkemahan tersebut. Artinya, walau masih duduk di bangku sekolah dasar tapi kalian sudah harus bisa belajar untuk mengatur diri sendiri dan tidak menjadi penakut. O ya, kegiatan perkemahan ini, biasanya baru boleh diikuti oleh anggota Pramuka yang sudah duduk di bangku kelas 5 atau 6 sekolah dasar.

Ingin Tahu Sejarah Pramuka.. Klik DISNI!

5 komentar

  1. Aku sih setuju banget dengan pernyataan bahwa kegiatan pramuka itu menarik. Soalnya waktu SD aku ikut pramuka. Tapi trus ga bisa lanjut…karena harus bantu ortu.
    Semoga kegiatan Pramuka semakin menantang dan dapat dipertahankan serta dikembangkan.
    Salam

    Ginan|Blog Cianjur : Dulu Sekolah saya, Hampir tiap bulan selalu diadakan PERSAMI. Kita diajarkan untuk belajar menciantai alam, dan mengenal alam lebih dekat. Pendidikan Ke pramukaan atau pendidikan yang saya dapatkan dari ikut pramuka banyak membantu dalam kehidupan bermasyarakat….
    SALAM PRAMUKA…!


  2. Mas, masih ingat tepuk pramukanya, nggakm he3x. Salam Pramuka!!

    Ginan|Blog Cianjur: Tepuk Pramuka.. Masih ingat tuh.. apalagi sekarang sering perjalanan Cianjur – Merak, Nah ada yang aneh di Tol Jakarta – Merak, Rambu Kejut di Tol Jakarta – Arah Merak Menggunakan Ritme TEPUK PRAMUKA… Coba Deh..!


  3. wah, pengen sekali ikut, tapi saya udah tua, apa masih bisa ya??
    sayang sekali dari SD, tidak pernah ada kesempatan seperti itu..

    Ginan|Blog Cianjur| : Ikutan saja, Kakek-Nenek juga boleh ikutan kok…!


  4. Kunjungan Balasan… MERDEKA!

    |Ginan|BlogCianjur| : Merdeka Juga..


  5. tetap semangat…
    salam pramuka!!!



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: