h1

700 ribu dosis vaksin disebarkan Dinas Peternakan Cianjur

08/10/2007

KABUPATEN CIANJUr: Setelah ditemukan belasan ayam peliharaan warga mati mendadak dalam sepekan terakhir di tiga kecamatan, Dinas Peternakan setempat memvaksinasi ratusan ayam dan bebek. Sekitar 700 ribu dosis vaksin disebarkan untuk unggas yang diduga terinfeksi virus flu burung. Dinas Peternakan Cianjur juga menyemprot kandang-kandang unggas milik warga dengan desinfektan. Warga menyambut antusias upaya dinas peternakan ini. Mereka dengan sukarela membantu menangkap dan menyerahkan ayam-ayam yang akan divaksinasi.

Aksi serupa juga dilakukan Dinas Peternakan Magelang, Jawa Tengah. Mereka memvaksin semua jenis unggas peliharaan. Vaksinasi terutama dilakukan di desa-desa yang dinilai padat unggas dan rawan flu burung. Langkah pencegahan ini, karena tahun lalu Kabupaten Magelang dikategorikan sebagai zona merah flu burung dengan tingkat kematian unggas mencapai lebih dari 100 ribu ekor unggas.

Vaksinasi akan dilakukan di 80 desa dengan target vaksinasi sedikitnya 400 ekor unggas nonkomersial atau unggas milik warga. Warga mendukung upaya Dinas Peternakan ini, bahkan mereka menyatakan akan memberi dukungan dana operasional untuk vaksinasi jika pemerintah tidak punya cadangan.(BEY)

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: