h1

Warga Cianjur Selatan Menagih Jalan

08/02/2007

Nilai Tukar Produk Pertanian Masih Rendah

LUPA merupakan sifat manusia. Seperti para bakal calon (balon) Bupati Cianjur saat kampanye, mereka berjanji akan memerhatikan daerah Cianjur selatan, termasuk memperbaiki jalan.

jalan-rusak-parah.gifYa..saat kampanye, semua balon memang berjanji seperti itu. Tapi, kenyataannya hingga kini, jalan yang rusak sejak tahun 2000 belum diperbaiki,” ungkap Kepala Desa (kades) Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur, Dudih Rachmansyah, yang dibenarkan Ketua Badan Perwakilan Desa Karang Jaya, Dargana.

sukanagara.jpgUngkapan Kades Karang Jaya mungkin harapan para kades se-Cianjur selatan. Kalau pun mereka tidak mempunyai keberanian mengungkapkan hal tersebut, fakta di lapangan jalur jalan di Cianjur selatan, paling tidak jalur melingkar dari Karang Jaya – Sindangbarang – Cidaun – Naringgul kondisinya sebagian besar rusak parah.

Malah muncul ungkapan penduduk di sana, untuk membedakan wilayah Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Cianjur, lihat saja jalannya. Jika kondisinya rusak berat, itulah wilayah Kabupaten Cianjur, sekalipun tidak seluruhnya benar.

Sebut saja, jalan di Desa Cipelah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung hingga perbatasan dengan Kab. Cianjur, kondisinya sangat buruk. Banyak lubang dan bebatuannya berserakan, karena aspalnya mengelupas. Sehingga di jalanan yang menurun atau naik tajam, sempat melihat seorang bapak terpaksa harus menurunkan istri dan anak kecilnya dari sepeda motor, karena khawatir terjatuh.

Saking banyaknya jalan yang rusak dan sudah berlangsung lama, ojek khususnya dari Cipelah – Pagelaran – Cigombong maupun Cidaun – Naringgul merupakan sarana transportasi utama.

Ongkosnya sampai Rp 30.000,00 untuk jalur sepanjang 15 km. Bagi warga pedesaan di sana, yang sebagian besar petani, tarif sebesar itu cukup tinggi. Kendaraan umum Elf memang ada, tapi sangat jarang. Angkutan umum lainnya, minibus preman, tapi itu pun tidak banyak.

Kondisi tersebut berbeda jauh dengan wilayah Kab. Bandung. Mulai dari Ciwalini- Situ Patenggang hingga Cipelah atau dari Ciwalini-Naringgul, jalannya cukup mulus.

Ket Foto :

  1. DUA sepeda motor berjalan hati-hati saat melintas di jalan yang menghubungkan Karang Jaya – Sindangbarang Cianjur selatan, pekan lalu. Kondisi jalan yang rusak parah di Kab. Cianjur selatan tersebut berdampak pada kemiskinan warga setempat. Dengan tidak adanya akses jalan yang memadai, nilai tukar produk pertanian atau hasil laut menjadi rendah.* ENDI SUNGKONO/”PR”
  2. Kondisi Jalan Kecamatan Sukanagara Cianjur Selatan Yang Rusak Parah, Rusak Terparah Adalah Jalan Menuju keaarah Dalam Kota Kecamatan Sukanagara.

Kondisi Jalan Akan Lebih Buruk Lagi Jika Serang terkena Guyuran Hujan Sepeti Saat ini. Seperti di beritakan di : http://www.pikiran-rakyat.com

9 komentar

  1. iya….. lupa adalah sipat manusia betul,tapi janji adalah hutang,ingin jadi pangkat merayu rakyat, berjanji ini berjanji itu,itu adalah politikus-tikus,——————————————————-hey…….rakyat-rakyat cianjur selatan,ayo kita berdiri,berjalan menuju ruamah nya bupati cianjur,menagih hutang yang ia janjikan…….apa jawabnya……….MULUT TERKUNCI.


  2. Huh.. Janji Mu Palsu. Janji2 muluk penguasa adalah hal biasa. Potensi Cianjur Selatan Yang Terpendam Kalau Tidak digali Mulai Sekarang Kapan Lagi Pak….!
    Haruskah Menunggu Kami Untuk Memisahkan dari Cianjur… (CIANJUR DI ANAK TIRIKAN)

    riv fauziah : Memisahkan diri..? >:D< kalau demi kemajuan dan percepatan pembangunan untuk wilayah cianjur selatan kenapa tidak! Mendukung Selalu..!


  3. peshey :
    4s3p :
    Makanya Saya Tidak Pernah Percaya dengan Iming2 juga janji-janji manis seorang calon pemimpin. Entah Itu Mulai dari Pencalonan RT – RW sampai dengan Pencalonan Jabatan lain termasuk wakil rakyat.
    Janjinya PALSU.. Dan selalu mengatasnamakan Kepentingan Warga – dan kepentingan Rakyat. Tapi Ujung2nya Buat Kepentingan Perut sendiri saja kurang. Yang Pada akhirnya Untuk memperkaya diri sendiri dengan mengorbankan kepentingan orang banyak…. huuuuuuahhh….

    Sebagai “bagian dari masyarakat” yang telah “kenyang dibohongi para pemimpinnya” semestinya rakyat menyadari bahwa kampanye adalah ajang adu mulut dan janji palsu demi mendapatkan suara rakyat agar memilih mereka. Rakyat (kita) ini semestinya mampu membaca bahwa semasa Promosi (kampanye) saja mereka sudah memanipulasi realita yang ada demi meninakbobokan rakyatnya apalagi kelak menjadi seorang Pemimpin? Mungkin tidak segan mereka untuk melakukan perbuatan yang susah digambarkan dari kacamata norma agama.

    Bukan Berarti kita Harus GolPut Lho… Salam Cianjur


  4. jangan percaya sama politikal-politikus,namanya juga politik.minta-minta ingin di vote,karena ingin menduduki kepangkatan,setelah jadi pangkat lupa daratan………….hueaaaaah kau makan dari mana?………….lihat dulu rakyat-rakyatmu yang menunggu janjimu,berdirilah,berjalanlah,langkan kakimu,tengoklah rakyat-rakyatmu sebelum duduk di kursimu, dan bayarlah hutang mu pada rakyat,JANJI KUDU DI BAYAR.


  5. ya sekarang mah saatnya kita sadar n berjuang untuk kemajuan daerah kita…
    jangan salahnkan masyarakat,jangan salahkan warga yang tidak tau apa-apa….
    sekarang ayo kita bangun daerah kita…
    salah satu faktor adalah belum adanya putra daerah yang berpendidikan dan mampu memberikan sumbangsihnya untuk daerahnya…

    intinya pendidikan di daerah eta masih rendah..

    saya sarankan adanya suatu organisasi pembangunan daerah yang berasal dari putra daerah…yang lebih faham daerahnya sendiri..

    trima kasih


  6. komentar saya tentang kondisi jalan dari kota cianjur sampai ke ujung cianjur selatan, tepatnya kec. Cidaun, jangan terlalu dipermasalahkan. da moal di denge ku nu keur darariuk di korsi DPRD mah…..! lebih baik urang ngurus Akhlaq warga masyarakat nu makin rucah.


  7. mudah mudahan para pemimpin bisa melihat dgn keadaan tersebut….. saya sebagai penduduk hanya bisa berharap.


  8. ampun deh kalau mau pulang ke sini…udah males aja mikirin di jalannya..


    • Benar banget! apalagi kondisi sekarang! huuuh.. jelek banget jalannya, seharusnya perjalanan 2 jam jadi 5 jam! belom lagi kalau hujan, licin dan becek banget. kalau musim kemarau berdebu bak padang pasir..



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: