h1

Penguatan Keluarga Miskin di Cianjur

07/13/2007

Kabupaten Cianjur- Pemerintah Kabupaten Cianjur segera menggulirkan program penguatan ekonomi untuk keluarga miskin. Dalam tahap awal tahun 2007, program ini akan dilakukan di dua kecamatan dengan jumlah penerima dana sekitar 3.000 keluarga.

Wakil Bupati Cianjur Dadang Sufianto mengemukakan hal itu, Kamis (12/7), seusai sidang paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cianjur dalam rangka hari jadi ke-330. “Besarnya dana penguatan ekonomi tersebut yakni Rp 2 juta per keluarga,” kata Dadang.

Program itu digulirkan Pemkab Cianjur sebagai salah satu upaya mengatasi kemiskinan. Data sensus kependudukan Kabupaten Cianjur tahun 2005 menunjukkan, sebanyak 28,4 persen warga masih miskin. Dana penguatan ekonomi keluarga miskin merupakan pengalihan program dana bantuan langsung yang sempat dijalankan pemerintah pusat. Dana pusat itu dikelola tim dari Kabupaten Cianjur.

“Dana penguatan ekonomi keluarga miskin ini bertujuan untuk memberikan manfaat ekonomi jangka panjang, bukan jangka pendek, seperti yang terjadi pada bantuan langsung tunai,” ujar Dadang.

Manfaat jangka panjang hanya bisa dirasakan jika penerimanya memanfaatkan dana itu dengan kegiatan ekonomi produktif. Untuk itu, tim yang akan menjalankan program itu memberikan penilaian secara cermat terhadap para calon penerima dana sehingga program penguatan ekonomi tersebut berjalan tepat sasaran.

Setelah uji coba dilakukan di dua kecamatan tahun ini, kata Dadang, program penguatan ekonomi akan dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan jangkauan yang lebih luas berdasarkan evaluasi uji coba. (aha) KOMPAS

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: