h1

Cianjur Selatan – Tertinggal

07/12/2007

sukanagara2.jpgSetelah warga Cipanas dan empat kecamatan di sekitarnya, kini giliran warga Cianjur selatan ramai-ramai ingin memisahkan diri dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, selama ini mereka merasa dianaktirikan di Kabupaten Cianjur. Itu terbukti masih sangat terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur.

Namun, karena keinginan memisahkan diri itu muncul di awal kepemimpinan Tjetjep MS sebagai Bupati Cianjur, sebagian kalangan menduga hal itu lebih disebabkan ketidakpuasan masyarakat atas terpilihnya Tjetjep sebagai bupati dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) lalu. “Tuduhan itu sangat keliru. Keinginan masyarakat Cianjur selatan untuk berpisah dari Kabupaten Cianjur sama sekali tidak terkait dengan hasil pilkada.

puskesmas-sukanagra.jpgTapi murni keinginan masyarakat yang didasari hasrat untuk lebih berkembang. Tidak seperti sekarang, Cianjur selatan jauh tertinggal dibanding Cianjur utara. Itu terjadi karena pemerintah daerah menganaktirikan Cianjur selatan,” kata Ketua Paguyuban Peduli Pembangunan Cianjur Selatan, Saef Lukman, kepada Suara Karya, kemarin.

Saef menunjuk sejumlah kondisi yang menjadi alasan tersebut. Antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur seperti jalan serta fasilitas kesehatan dan pendidikan. “Ibu yang hendak melahirkan kerap bayinya tak tertolong karena susahnya transportasi. Dia harus pergi ke bidan atau puskesmas terdekat melalui jalan desa yang buruk dengan motor ojek. Tak aneh bila bayinya tak tertolong,” kata Saef.

Lagi pula, katanya lagi, keinginan warga selatan memisahkan diri itu bukan muncul mendadak. Tapi sejak tahun 80-an. Bahkan di akhir era Orde Baru, sekitar tahun 1996, DPRD setempat secara resmi sudah merekomendasikan pemisahan Cianjur selatan dari Kabupaten Cianjur kepada Mendagri.

Di situ antara lain disebutkan bahwa Kabupaten Cianjur Selatan – yang dalam rekomendasi itu dinamakan Kabupaten Sukanagara – akan beribu kota di kota Kecamatan Sukanagara atau di pusat kota Kecamatan Cibinong. Sedangkan wilayahnya mulai dari Kecamatan Campaka hingga Naringgul (sekarang meliputi 18 kecamatan). (Ar-Rasyid

CIANJUR (Suara Karya)

Gambar : Kondisi Jalan Wilayah Sunagara Yang rusak Parah dan Kondisi Puskesmas Sukanara yang Rusak.

11 komentar

  1. seandainya…masyarakat selatan cukup terwakili di birokrasi (tentunya oleh orang2 yang masih merasa orang selatan dan jujur), rasanya pembangunan di selatan tidak akan jauh tertinggal.
    tapi…keterwakilan mestinya bukan karena “jatah” melainkan karena kompetensi!!!
    jadi…layaknya kita bertanya sejauh mana kompetensi orang selatan utk bisa duduk di birokrasi shg bisa membangun selatan (bahkan kemudian, kalo perlu, memisahkan diri).
    nampaknya…akan lebih indah, Bu!!!
    saya…orang selatan sukabumi (karena kita punya kasus yg nyaris sama, betul?)

    #Juragan : Salah satu hambatan kemungkinan belum ada dan belum terwakili secara Birokrasi, makanya cianjur selatan selalu di sisihkan dan dianaktirikan oleh cianjur kota. Semua serba lamban dan telat…


    • lamun kitu akang satuju pisan, ngarojong pisan kana pendapat ti akang..by budak cidaun.


  2. Kamarana atuh satria Cianjur Selatan [?!], Moal kitu sapertos nungguan bintang murag tilangit, ngarep – ngarep urang dayeuh ngabagjakeun urang sisi, ah mending urang robah nasib teh ku sorangan, yu … tandang …Yu mulang nu ngumbara … mulang rasa, mulang karsa …


  3. …saya tertarik untuk membawa produk dari daerah cianjur,terutama hasil bumi & alam yang bisa dijual dijakarta ataupun konsumen luar negeri,bisa dapat informasi melalui siapa/kemana?mohon respon kembali

    Warm Regards

    Teguh aksa
    cv.arina karya sarana-jakarta


  4. Wah… dah lama gak denger kabar cianjur selatan… kumaha ayeuna??? cianjur selatan memang masih jauh jika dibanding dengan cianjur kota… miris memang… Dulu sempet ke Jayanti… pantainya masih asri… orang-orangnya ramah ^_^… apa lagi saat itu hujan, wah pokokna endah pisan dech dunia di cianjur selatan… Andai ada kesempatan untuk dapat memajukannya… yuck bareng-bareng bangun bumi cianjur tercinta “bukan utara atau selatan” “tapi cianjur kita”… Kemarin pada suatu kesempatan, di sini sempet promosikan cianjur untuk daerah penelitian terutama bidang kelautan dan rumput lautna ke temen-temen yang mo lanjut S2… yach moga ja besok cianjur kita akan menjadi lebih baik… Yuck bangun bareng-bareng…


  5. tong misah raga cianjur ! cilaka ! ayeuna hayu urang rempug gawe keur nangtungna pakidulan, make jeung teu bisa. sok mung enya cinta ka pakidulan, tong punta penta ngahinakeun diri. saha bae tokohna, aya teu ? mun euweuh urang jual bae ka negeri jiran. nya sakitu heula bae, sampurasun !


  6. saymah lewih hade dijual bae,daripada di anakterekn ku cianjur. geus era,geus lain jamana..mash katingaln kenh..by budak punck bayuning,cidaun


  7. Untuk Membangun Cianjur Selatan diperlukan keseriusan dan keberanian politik antara lain : (1) Perlu membuat masterplan yang didukung oleh RTRW/RDTR yang pro-Cianjur Selatan. (2) Bupati dan Gubernur harus merasakan jadi warga Cianjur Selatan dan memiliki keputusan berani agar wilayah ini bisa maju dalam target waktu yang jelas. (3) Perlu adanya kampanye dari semua kekuatan agar potensi Cianjur Selatan dapat mengundang orang untuk berinvestasi. (4)Memisahkan diri dan menjadi Kabupaten tersendiri kalau perlu reperendum !!!!!!


  8. sy setuju..sy kul jauh mudah2n bisa berpartisipasi untuk cianjur selatan..sy juga orang kidul..mudah2n nanti sy kembali setelah berhasil untuk sedikit berkontribusi bagi cianjur bagian selatan..


  9. sokkk atuh akang2 tong ngaromongna hungkul, lakuken ti kiwari mulai ti hal kecil. buktiken ka cjr, dukungan sapenuhna warga puncak bayuning cidaun.


    • Cianjur Selatan – Tertinggal Berita 12 Juli 2007, Memang kondisi infrastruktur jalan rusak parah, namun di awal 2008 infrastruktur jalan mulai dalam perbaikan.. Thank infonya gan!



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: