h1

Bupati Cianjur Tertibkan LSM dan Ormas

06/18/2007

|Cianjur|Blog| Dengan iklim demokrasi yang semakin terbuka lebar saat ini, masyarakat semakin mudah untuk menyampaikan pendapat dan mengungkapkan inspirasi kepada pemerintah. Tak urung lagi, wadah-wadah untuk menampung aspirasi masyarakat tersebut semakin bermunculan baik berupa organisasi masyarakat (ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Namun Ironisnya, kemunculan ormas-ormas dan LSM-LSM tersebut banyak yang cacat hukum dan tidak tertib administrasi, khususnya di Kabupaten Cianjur.

Oleh karena itu, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 220/290.DI tanggal 15 April 2003 tentang Tata Cara Pemberitahuan Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan/LSM, Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM menerbitkan surat edaran bernomor 220/1178/Kesbang yang ditujukan kepada seluruh ormas dan LSM di Kabupaten Cianjur dengan tujuan untuk menertibkan ormas-ormas dan LSM tersebut.

Dalam Surat Edaran itu disebutkan bahwa dalam rangka tertib administrasi dan menghindari cacat hukum, Bupati Cianjur menghimbau agar ketua Ormas dan LSM untuk menyampaikan persyaratan yang ditujukan kepada Bupati Cianjur c.q Kepala Kantor Kesatuan Bangsa berupa:

·        Akte Notaris/ Akte Pendirian

·        Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

·        Program Kerja

·        Susunan Pengurus

·        Biodata Pengurus

·        Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengurus

·        Mengisi Formulir (Direktori)

Selain menertibkan Ormas dan LSM, Bupati Cianjur dalam Surat Edaran  bernomor 220/1139/ Kesbang  juga menginstruksikan agar ormas, LSM dan yayasan yang menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur harus memberikan laporan hasil kegiatan dan lpaoran keuangan. Laporan hasil kegiatan dan laporan keuangan tersebut agar disampaikan kepada Bupati Cianjur c.q Kepala Kantor Kesatuan Bangsa. |Kabupaten Cianjur|

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: