h1

Usaha Rajutan

06/05/2007

rajutan-sukabumi.jpgKerajinan rajutan merupakan usaha yang dapat ditekuni dan menjanjikan keuntungan. Produk yang dihasilkan dapat berupa perlengkapan perempuan, mulai dari tas, dompet, gantungan handphone hingga sandal. Selain itu, produknya dapat berupa kopiah rajut untuk kaum laki – laki.

Usaha kerajinan rajutan ini berkembang di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Salah seorang pengusaha yang menekuni usaha ini adalah Iis Sumartini dan suaminya Bunyamin. Sentra kerajinan rajutannya terletak dikawasan Cibeureum, Bojong Galling, Sukabumi. Lokasinya berada disebelah barat Kota Sukabumi.

Untuk mencapainya dapat mengambil arah ke Sukaraja, lalu menuju Kebon Pedes, tepatnya di Kampung Ranji dikawasan Bojong Galling. Proses pembuatan kerajinan rajutan disini dikerjakan oleh tangan terampil para pengrajin wanita, yang sebagian besar ibu rumah tangga. Untuk membuat kopiah rajut, menggunakan bahan berupa benang nilon dan kain kasa.

Para ibu disini sangat terampil merajut kopiah. Bahkan ada yang dapat merajut kopiah dengan mata ditutup. Kopiah yang telah selesai kemudian dikemas rapih dan siap dijual.

Dalam satu hari, seorang pengrajin dapat menghasilkan dua hingga tiga kopiah rajut. Upahnya tiga ribu lima ratus rupiah per kopiah. Sentra kerajinan rajutan milik Iis ini setiap bulannnya dapat menghasilkan empat ribu kopiah rajut beragam model.

Mulai dari kopiah nasional, kopiah istambul, hingga kopiah gaul. Keunggulan kopiah rajut buatan Sukabumi bentuk rajutannya teratur dan lentur, sehingga nyaman dipakai. Kopiah rajut ini dipasarkan keseluruh Indonesia. Bahkan telah diekspor ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunai Darusalam. (Helmi Azahari/Dv/Sup)

3 komentar

  1. kalau mau belajar merajut enaknya dimana ya… mohon informasi


  2. Anda bisa check ke http://www.benangbenang.com untuk kursus merajut.


    • Terima kasih Infonya! langsung menuju TKP.. he.hee



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: