h1

Perjuangan Ayam Pelung

04/02/2007

ayampelungku.jpgSuara kokok ayam terdengar mengalun merdu saat itu. Suaranya terdengar khas, mengalun panjang dengan volume yang lantang, lengkap dengan suara angkatan, tengah dan suara akhir. Saat itu adalah kontes Ayam Pelung yang berlangsung di Cianjur, Jawa Barat, pusatnya Ayam Pelung.

Ayam Pelung jawara dinilai dari kokokan dan penampilannya. Kokokan Ayam Pelung terlihat dari volume suaranya, dursi kokokan atau kebat, suara angkatan, suara tengah dan suara akhir, atau tungtung.

Tampilan Ayam Pelung juga terlihat lebih gagah dibanding ayam yang biasa kita lihat. Ia besar dan memiliki bulu yang gemerlap. Bobotnya yang jantan bisa mencapai 3,4 kilogram, sementara yang betina 2,5 kilogram.

Tak heran dengan penampilan dan kokokannya yang lebih ini, banyak orang yang menggemari. Cianjur sebagai sentranya memiliki agenda tetap untuk kontes, yang diselenggarakan oleh Himpunan Peternak dan Pengemar Ayam Pelung Indonesia (HIPAPPI).

Harga Ayam Pelung jawara bisa mencapai belasan juta rupiah. Ia dirawat dengan khusus dan diyakini bisa menjadi bibit unggul untuk Ayam Pelung. Namun anggapan ini tak sepenuhnya dianut penggemar Ayam Pelung, karena ada pula pendapat yang mengatakan kualitas suara akan merosot bila dikawinkan dengan betina.

Sementara ada penelitian yang menyebutkan bahwa perihal kokokan diwariskan secara kultural melalui proses meniru, seperti yang ditemui pada burung pipit. Namun apapun Ayam Pelung tetap menarik minat penggemarnya, dan tak pernah surut.

Menurut Ketua HIPAPPI Cianjur, Agus Abdurrahman, peternakan Ayam Pelung tersebar di sejumlah tempat di Cianjur. Tercatat ada 800-an peternak dan pemilik demplot Ayam Pelung.

Hanya, para peternak dan penggemar Ayam Pelung cukup prihatin dengan serangan wabah flu burung, yang mau tidak mau membuat mereka was-was.

Menurut Ibu Akini, pemilik demplot Ayam Pelung, kalau sebelum wabah flu burung menyerang, peternak dan pemilik demplot bisa menjual hingga 3 ekor Ayam Pelung, dengan omset 500 ribu hingga 3 juta rupiah setiap minggunya. Kini seekor Ayam Pelungpun tak mudah dijual dalam sebulan.

Sulitnya menjual Ayam Pelung kini, membuat peternak terpaksa memotong Ayam Pelung betina untuk dikonsumsi. Padahal memotong Ayam Pelung pada masa lalu adalah tabu, apalagi untuk dikonsumsi.

ayampelungku3.jpgKalangan peternak, pemilik demplot dan penggemar Ayam Pelung amat berharap wabah flu burung segera lenyap. Usaha bukan tidak mereka lakukan, vaksinasi dan pembersihan kandang secara periodik, terus berlangsung. Namun itu tidak dapat hanya mereka sendiri yang bergerak, perlu gerakan serius dari instansi terkait.

Bagaimana jadinya bila kita tak lagi mendengar kokokan Ayam Pelung di Cianjur, kota yang diyakini tempat kelahiran Ayam Pelung. Jangan sampai itu terjadi.(Idh) Indosiar-News

e-mail : riva_fauziah@yahoo.com

Link Terkait :

  1. Prospek dan Perhitungan Usaha Budidaya Ayam pelung KLIK DOWNLOAD SINI
  2. Prospek dan Cara Budidaya Ayam Ketawa Atau Ayam Dangdut yang sedang Trend dapat di KLIK DOWNLOAD SINI

Dan anda Dapat Download Artikel dibawah ini untuk proses pembelajaran dalam hal usaha dan Budidaya :

21 komentar

  1. stahun yang lalu ak ikutan concur ayam pelung di sutau daerah di kab bandung…sebenarnya saya hobi ayam pelung tidak sengaja…ya sudah jodoh mungkin. tapi sekarang kayanya ayam pelung sebabagai salah satu plasma nutfah asli indonesia harus dijaga kelestarianya…sekarang saya sedang ngembangin ayam pelung di daerah saya Kp. Babakan Cianjur desa Sukamanah pangalengan kab, Bandung…
    saya dengan bantuan orang tua coba sosialisai ke kawan, tetangga dan masyarakat sekitar
    alhamdulialah sekarang mereka udah pada coba ganti ayam kampung dengan ayam pelung…\
    sebenarnya penggemar pelung di daerahku semenjak dulu banyak..cuma karena gk ada organisasinya..jadi kurang terurus..dan kekurangan informasi, seperti penelitiaan dari balitnak ciawi bogor yang mengatakan abahwa ayam pelung tahan virus flu burung..kurang terosialisasikan ke masyarakata.
    kini dah mulai banyak peternak dan penggemar di daerahku…masih sedikit kalo dibandingkan dengan daerah lain..ke depan pengennya jadi kampung ayam pelung..dimana 40 persen masyarakatnya elihara ayam pelung….
    yang butuh bibit kontak aku di 081321874872 hasan_upd@yahoo.com


    • buat kawan2 penggemar ayam pelung, sekarang ini banyak pertanyaan ke saya seputar ayam pelung juara tang telah jadi legenda,,,, karena banyak yang mengaku2 jadi ayam legenda, ya itu sah2 aja silakan,,,namun kalau kita perhatikan pendpat para pakar yang sudah lebih dari 30 tahun bergelut di dunia lomba dan penangkaran ayam pelung, sebut saja misal pa Ugun, pa mahin,dari garut dan pa Jaling dari cianjur dan ustad nana dari bandung, menyebutkan misal dari pa ugun menyebutkan nama: SI MEGA, LEMBAYUNG, MENTARI, SI JAGAT, TERAKHIR PUN GOYONG, versi Pa Jaling : LEMBAYUNG, PUN GOYONG, SI MEGA , MENTARI, SI BINTANG, SI MAYANG, SI JAGAT…
      nah menurut sya dari pendapat para pakar itu terdapat kesamaan nama ayam yaitu si mega, mentari, lembayung,Si jagat pun goyong….
      kepada kawan2 mungkin ini dapat jadi bahan buat kita untuk menilai apa ayam yang telah lalu jadi legenda atau tidak….karena menurut para pakar itu telah banyak sekali ayam juara ( ya pasti lah karena kontesnya juga serring) namun yang menjadi legenda hanya ayam itu, susah menemukan kelas seperti ayam 2 itu..yang terakhir adalah pun goyong sekitar tahun 2006 an…dari sana sampai sekarang belum ditemukan lagi ayam sekelas itu….mari kita galakan penangkaran bibit berkelas, siapa tahu muncul yang kelas legenda
      oleh hasan surahman Oktober 8, 2010 at 2:17 am
      Balas

      *

      BUAT KAWAN2 YANG MINAT DAN MINTA DIKIRIM AYAM PELUNG KE LUAR PULAU JAWA , KAMI BERUPAYA MEMBANTU…APALAGI KALAU SEBELUMNYA SALAING BERKOORDINASI, SOALNYA ONGKIRNYA MAHAL KALAU SENDIRIIAN , JADI KALAU BARENG2 YANG BISAS LEBIH MURAH…TERUTAMNA YANG PALING POKOK KELENGKAPAN DOKUMEN SERTA IZIN PEMASUKAN TERNAK DARI DISNAK PROPINSI MASING2…..OKE DEH BAGI YANG MINAT SAYA INSYALAH BANTU…BISA MENGHUBUNGI DI 081321874872..TRIMAS
      oleh hasan surahman Oktober 14, 2010 at 2:20 am


  2. mohon kasih tau di kota surabaya yg menjual ayam pelung asli, n harga 1 pasang ayam pelung tu brp umr 1-2bln dg kualitas ok, aq pgn jd penggemar ayam pelung…..


    • jual ayam pelung di jl. buntaran no8a manukan wetan tandes surabaya.
      silahkan anda hubungi 031 77976046


  3. Aku pengen juga nih memelihara ayam pelung. Bisa nggak di kirim ke jatim ?


    • jual ayam pelung di jl. buntaran no8a manukan wetan tandes surabaya.
      silahkan anda hubungi 031 77976046
      oleh agus November 7, 2010 at 3:41 pm


  4. Aku juga ada rencana pelihara ayam pelung, Aku di Surabaya. Ada yang bisa bantu kasih informasi mengenai bibit. Dari cianjur kirim ke surabay apa bisa ? emailku pinujie@yahoo.com


    • udah dapat ayam pelung mas?


  5. ass.kum…
    saya udin, tinggal di jogja.
    saya tertarik kepengen ternak ayam pelung.

    kira2 ayam pelung itu cocok nggak di kembangkan oleh pengangguran seperti saya..???
    dimana saya bisa dapatkan bibit berkualitas…??

    trimakasih..

    wassalam.


    • jual ayam pelung di jl. buntaran no8a manukan wetan tandes surabaya.
      silahkan anda hubungi 031 77976046

      saya juga asli jogja


  6. Trmksh pak hasan,ng sia2 sy ke bandung cm cr ayam plung.
    Skg sy puny aym plung asli jw brt


  7. dikembangin aja mas koko di jogja


  8. Utk para pecinta ayam pelung di jawa timur,bisa datang ke tempat saya di kota MALANG – JATIM, tersedia usia 0-6bln.
    hub.Bp Achmad
    0341 8608008 – 081333488008 – 081332326632


  9. udah banyak yang pesen mas?


  10. alhamdulillah kang hasan..krn sy pengen smua masyarakat jatim memelihara& melestarikan ayam pelung..yg tadinya suka memelihara ayam bangkok sekarang perlahan2 pindah ke ayam pelung..ya,sy jd spt kang hasan nih.mau buat perkampungan ayam pelung..hehehe


  11. kalau di sidoarjo ada gak ya peternak ayam pelung?kalau pak ahmad malangnya mana pak?


  12. Pusat ayam pelung di wilayah solo dimana ya jeng? matur nuwun.
    Mohon diberikan kisaran harga misal tuk doc, umur satu bulan, 3 bulan, 1 tahun yang sudah jadi. matur nuwun nggih.


  13. sdr.kakakfida, sy penangkaran ayam pelung di kota malang.biasa melayani pengiriman ayam pelung ke solo..bisa hub sy: 0341 8608008, 081333488008, 081332326632


  14. untuk wilayah lampung,siapa yg bisa bantu saya mendapatkan ayam pelung,soalnya saya berminat membudi dayakan ayam pelung dan juga kelinci anggora.yg berminat membantu bisa kontak ke no hp 0812 7933 2323/08 998 030 998.sebelumnya trimakasih atas bantuanya.


  15. Didaerah sy udah jarang ada ayam. Apalagi ayam kampung. Udah susah nyarinya. Sekalipun ada ayam kampung cuma dipasar aja.

    Mau sih ternak ayam. Tapi sering ada razia dari kelurahan, jadi sementara keinginan untuk beternak ditahan dulu..

    Kapan yah gak ada razia ayam lagi di jakarta. Biar sy bisa pesan ayam nya…


  16. kalau di pulau Lombok NTB apa ada yang jual bibit ayam pelung? soalnya aku tertarik niih trims



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: