h1

Cianjur Selatan – Pisah

04/01/2007

pombensin.jpgSetelah warga Cipanas dan empat kecamatan di sekitarnya, kini giliran warga Cianjur selatan ramai-ramai ingin memisahkan diri dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, selama ini mereka merasa dianaktirikan di Kabupaten Cianjur. Itu terbukti masih sangat terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur.

Namun, karena keinginan memisahkan diri itu muncul di awal kepemimpinan Tjetjep MS sebagai Bupati Cianjur, sebagian kalangan menduga hal itu lebih disebabkan ketidakpuasan masyarakat atas terpilihnya Tjetjep sebagai bupati dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) lalu. “Tuduhan itu sangat keliru. Keinginan masyarakat Cianjur selatan untuk berpisah dari Kabupaten Cianjur sama sekali tidak terkait dengan hasil pilkada.

jalan-cianjur-rusak.jpgTapi murni keinginan masyarakat yang didasari hasrat untuk lebih berkembang. Tidak seperti sekarang, Cianjur selatan jauh tertinggal dibanding Cianjur utara. Itu terjadi karena pemerintah daerah menganaktirikan Cianjur selatan,” kata Ketua Paguyuban Peduli Pembangunan Cianjur Selatan, Saef Lukman, kepada Suara Karya, kemarin.

Saef menunjuk sejumlah kondisi yang menjadi alasan tersebut. Antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur seperti jalan serta fasilitas kesehatan dan pendidikan. “Ibu yang hendak melahirkan kerap bayinya tak tertolong karena susahnya transportasi. Dia harus pergi ke bidan atau puskesmas terdekat melalui jalan desa yang buruk dengan motor ojek. Tak aneh bila bayinya tak tertolong,” kata Saef.

Lagi pula, katanya lagi, keinginan warga selatan memisahkan diri itu bukan muncul mendadak. Tapi sejak tahun 80-an. Bahkan di akhir era Orde Baru, sekitar tahun 1996, DPRD setempat secara resmi sudah merekomendasikan pemisahan Cianjur selatan dari Kabupaten Cianjur kepada Mendagri.

Di situ antara lain disebutkan bahwa Kabupaten Cianjur Selatan – yang dalam rekomendasi itu dinamakan Kabupaten Sukanagara – akan beribu kota di kota Kecamatan Sukanagara atau di pusat kota Kecamatan Cibinong. Sedangkan wilayahnya mulai dari Kecamatan Campaka hingga Naringgul (sekarang meliputi 18 kecamatan). (Ar-Rasyid

CIANJUR (Suara Karya)

Gambar : Tampak Pom Bensi berdiri dengan Megahnya Menyambut Kedatangan Kita di Kecamatan Sukanagara Cianjur Selatan. Tetapi Tak Berapa Jauh dari Situ (200M) Tampak Jalan Yang mulai Berlubang siap Menghadang Perjalan Anda..

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: