h1

Stok Beras Cianjur AMAN

01/17/2007

ASISTEN Daerah Bidang Perekonomian, Kasmiri, menegaskan, menjelang datangnya panen raya, stok beras di Cianjur masih aman. Menurut Kasmiri, kelangkaan serta kenaikan harga beras yang terjadi sebelumnya sudah terantisipasi dengan adanya operasi pasar murah (OPM) serta pendistribusian beras untuk masyarakat miskin (raskin).

Distribusi raskin sudah dilakukan untuk pagu bulan Juni dan Februari. Bahkan, kata Kasmiri, untuk pagu bulan Januari, telah didistribusikan sejak Desember 2006 lantaran sempat terjadi kelangkaan beras di beberapa daerah, terutama di wilayah Cianjur selatan.

“Masyarakat juga tercukupi dengan operasi pasar murah yang digelar setiap hari serta pasokan raskin yang sudah dimulai sejak Desember lalu,” kata Kasmiri.

Kasmiri tak memungkiri produksi beras setiap tahun mengalami peningkatan. Namun, katanya, hingga saat ini pasokan beras untuk lokal masih mengandalkan pembelian dari luar. “Sebab, beras dari Cianjur sendiri banyak dipasok ke daerah lain karena alasan harga jual lebih tinggi,” imbuhnya.

Berdasarkan keterangan, pendistribusian raskin di berbagai daerah hingga ke tingkat penerima cukup memengaruhi harga jual beras di pasaran. Salah satunya, permintaan beras kelas bawah saat ini berkurang. Hal itu dibuktikan dengan kurang lakunya beras OP. “Beras OP di sini kurang laku. Pembelinya terbatas, biasanya yang beli hanya penjual nasi uduk atau nasi kuning,” ujar Wahyu (30), salah seorang pedagang beras di PIC.

Mengenai pasokan beras, diakui Wahyu, pihaknya tidak mengalami kesulitan. Malahan pihaknya mendapat banyak penawaran dari bandar besar di luar Jawa Barat, seperti Cilacap, Semarang, dan Bantul. Malahan harga penawarannya terus mengalami penurunan. Sebelumnya, kata Wahyu, ia membeli beras Rp 5.650,00 per kilogram. Sedangkan saat ini, sudah ada tawaran dengan harga Rp 5.300,00 hingga Rp 5.400,00. (PK-1)***

Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: