h1

Data Teknis Permainan HandSpy

10/25/0209

Permainan Handspy

Permainan Handspy

DATA TEKNIS PERMAINAN HANDSPY

1.    CIRI KHAS PERMAINAN
Ciri khas yang paling menonjol dalam permainan ini adalah, ada daerah yang tidak boleh diserang, serta melakukan smash tidak boleh daerah khusus atau lapangan warna merah. Seorang pemain boleh memainkan bola 3 kali di daerah lapangan sendiri dari pantulan, pukulan sampai smash.
–    Permainan ini dapat dimainkan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat dan tingkat kemampuan.
–    Permainan ini dapat dimainkan di segala bentuk permukaan rumput, kayu, pasir, tanah dan segala permukaan lantai beton.
–    Permainan ini menarik bagi penonton pertandingan.
–    Permainan ini dapat dimainkan di Hall atau di daerah terbuka.
–    Permainan ini juga bisa untuk rekreasi dan untuk meraih prestasi.
–    Permainan ini hanya sedikit peraturan dasar dan keahlian.
–    Permainan ini hanya sedikit memerlukan perlengkapan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
–    Permainan ini boleh memainkan/menyentuh bola 3 kali dalam lapangan sendiri.

2.    FASILITAS DAN PERLENGKAPAN
A.    Ukuran Lapangan
Lapangan secara keseluruhan panjang 18 meter, lebar 7 meter, untuk daerah lapangan permainan bola yang hidup adalah 7 x 6 m, untuk lapangan keseluruhan dikelilingi oleh daerah bebas dengan minimal 2 meter dari sisi tebal line 5 cm, lapangan dalam gedung daerah bebas permainan harus berukuran minimal dengan ketinggian 7 meter dari permukaan lapangan.

B.    Permukaan Lapangan
Lapangan permainan harus datar dan horisontal, tidak berlekuk-lekuk sampai menimbulkan bahaya atau kecelakaan bagi pemain. Untuk pertandingan yang bertaraf nasional hanya diperbolehkan permukaan lapangan yang terbuat dari kayu yang sintetis, harus mendapat pengesahan dari badan penyelenggara pertandingan.

  1. Untuk lapangan tertutup (Hall), permukaan lapangan harus satu warna yang terang, garis-garis harus berwarna kuning atau putih.
  2. Pada lapangan terbuka boleh ada suatu kemiringan 4 milimeter permeter demi untuk pengurasan (drainase). Tidak boleh membuat garis-garis dengan benda padat atau garis yang menonjol.

C.    Garis-garis Lapangan
Garis tengah membagi lapangan menjadi dua bidang yang masing-masing berukuran 7 m, garis ini tepat di bawah net. (gambar 1).

D.    Daerah-daerah Khusus
Di dalam daerah lapangan permainan ada daerah khusus, namanya daerah serang yang tidak boleh diserang, yaitu daerah 3 meter dari garis bawah net yang disebut dalam permainan bola voli biasa disebut daerah garis serang. Lapangan harus berwarna merah dan hijau, untuk daerah khusus berwarna merah atau bola mati, sedangkan lapangan berwarna hijau daerah permainan bola hidup.

E.    Daerah Servis
Tempat melakukan servis di belakang garis akhir selebar 7 meter dengan dibatasi 2 garis pendek minimal 1 meter, termasuk daerah bebas servis.

F.    Daerah Pemanasan
Daerah pemanasan boleh dilakukan di dalam lapangan bersama pelatih.

G.    Lampu Penerangan
Lampu penerangan pada lapangan permainan adalah mulai 1.000 – 1.500 lux, sudah diatur sedemikian rupa di atas lapangan permainan.

H.    Net / Jaring serta Tiang
Tinggi net untuk Putra 2,40 meter dari permukaan lapangan, sedangkan untuk Putri 2,20 meter. Tiang net terbuat dari besi dilapisi busa sebagai penunjang net, jarak tanam antara 0,75 – 1 meter dari garis luar samping dan bentuk tiang harus bulat. Tiang net harus tertanam/tertancap tanpa menggunakan kawat sebagai penguat.

I.    Bola
Bola yang dipakai harus terbuat dari kulit yang lunak, lentur atau bahan kulit sintesis atau sejenis, untuk berat bola, keliling, tekanan udara, bentuk dan warna tidak berbeda dengan bola voli biasa, namun ada ciri khusus bola HANDSPY, pantulannya lebih lambat, karena tingkat kelembutan kulit, adapun bila memakai bola voli masih bisa dipakai untuk permainan ini.

Link Terikait :

h1Olah Raga HandSpy-Karya Putra Bangsa Indonesia

One comment

  1. […] Link Terkait : Data Teknis Permainan HandSpy […]



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: