h1

Budidaya Jambu Merah

02/05/2011

jambu1.jpgBudidaya jambu merah merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang dapat ditekuni dan menjanjikan keuntungan. Permintaan pasarnya cukup besar, karena jambu merah atau dikenal juga sebagai jambu biji atau jambu klutuk ini, banyak mengandung vitamin A dan C. Pemasarannya tidak hanya di pasar tradisional, tetapi juga di supermarket.

Salah satu lokasi budidaya jambu merah terletak di Kecamatan Panyingkiran, Majalengka, Jawa Barat. Di wilayah ini terdapat sekitar 20 hektar kebun jambu merah rakyat. Salah satunya, perkebunan jambu merah yang dikelola oleh Haji Pepen.

Untuk mencapai lokasi perkebunan jambu merah dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jakarta – Cikampek, keluar di pintu tol Purwakarta, lalu mengambil arah ke Majalengka. Lokasi perkebunan jambu merah terletak di luar kota Majalengka, di Blok Bojong.

jambu3.jpgDi kebun seluas dua hektar inilah, Haji Pepen menanam 300 pohon jambu merah sejak tahun 2002 lalu. Berkebun jambu merah tidak terlalu sulit karena tanaman ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Jambu merah akan tumbuh subur pada lahan yang gembur dan diberi pupuk organik.

Jambu merah merupakan tanaman daerah tropis yang tumbuh subur pada lahan dengan ketinggian 5 hingga 1.200 meter dari permukaan laut, dengan suhu pada siang hari berkisar antara 23 hingga 28 derajat celcius.

Bibit jambu merah yang ditanam disini dilakukan dengan sistem pencangkokan. Bibitnya dibeli dari kawasan Bogor, Jawa Barat.

Pohon jambu merah yang ditanam dengan sistem pencangkokan ini, sudah mulai berbuah setelah berumur 7 bulan. Agar tidak rusak dan terkena hama, buah jambu merah yang berada di pohon dibungkus dengan dengan plastik.

Pemanenan dilakukan setelah buah jambu yang semula berwarna hijau pekat berubah menjadi kuning muda. Cara memanen yang terbaik adalah dengan memetik buah jambu bersama tangkainya. Setiap kali panen, satu pohon di kebun ini dapat menghasilkan sekitar 5 kilogram jambu merah. Sehingga dari total 300 pohon setiap kali panen dapat menghasilkan sekitar 1,5 ton buah jambu merah. Pohon jambu merah akan terus berbuah hingga berusia 10 tahun.

jambu2.jpgBuah jambu merah yang dipetik dari pohon kemudian dimasukkan ke dalam keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Pemetikan buah biasanya dilakukan dengan cara manual, dan menggunakan tangan.

Setelah dikumpulkan ke dalam keranjang, buah jambu merah dibawa ke tempat penampungan. Disini buah disortir berdasarkan ukurannya dan dicuci.

Sebelum dibawa ke pasar, buah dikemas dengan plastik dan dimasukkan kedalam keranjang. Jambu merah yang telah matang dapat bertahan sekitar 7 hari bila disimpan di tempat yang dingin.

Pasar jambu merah cukup besar, karena selain banyak mengandung vitamin A dan C, jambu merah juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti diare dan demam berdarah.(Helmi Azahari.Idh) Indosiar

Info Mengenai Jambu Merah Cianjur dapat SMS ke : 0856 8004200 (darmas)
Download File BUDIDAYA JAMBU BIJI

Artikel BERBAGAI BUDIDAYA UNGGULAN  dapat di download di bawah ini :

98 komentar

  1. saya minta penawaran harga sampai di kota Bogor

    Hormat Saya
    Tianpu / Bapa Allan
    ASTA AGRO GROUP


    • Saya tinggal di wilayah Kec. Panyingkiran, sentra pembibitan dan perdagangan jambu merah. Persediaan jambu merah sangat banyak, bagi yang memerlukan secara kontinue, kami siap melayani anda dengan baik……..bagi yang berminat silahkan hub : imansunandar34@yahoo.com atau 085759574813


      • saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 6840 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.


    • harga bibit jambu merah berapa??trus utk 1 hektar lahan,standarnya bisa di tanami berapa bibit/pohon??mohon bantuan informasinya


      • saya juga bisa menydiakan bibit jambu sukun merah tergantung specnya?tingginya…semua dari stek,okulasi.lokasi jawa timur?juga ada pohon kayu.,tanaman hias dll hub niko_pratama10@yahoo.co.id 085735825680


  2. Kami berminat membeli jambu merah dalam jumlah besar secara continue. Mohon diberikan informasi alamat / nomor telepon yang bisa dihubungi.
    Terima kasih,

    Adri


    • silahkan anda menghubung 085224917494
      alamat
      desa cisoka
      kecamatan cikijing majalengka 45466

      kami siap melayani anda


    • jambu biji merah yang kami budidayakan telah pemeliharaannya terutama pemupukannya sudah menggunakan pupuk-pupuk dan pestisida organik sehingga produk yang kami hasilkan adalah jambu biji merah organik dengan kwalitas yang baik. harga bersaing, stok lebih dari cukup.


    • di daerah desa Tretep, kec, Tretep, kab. temanggung banyak warga yang menanam jambu biji merah, tetapi kami masih belum tahu dimana pemasarannya!!mohon bantuannya!!


    • silahkan menghubungi 085782543933 ..kmi berlokasi d daerah bogor


  3. Kami ingin menanam jambu merah, tetapi bagaimana cara mendapatkan bibitnya. Saya bertempat tinggal dikota bengkulu.

    suroto


  4. Untuk wilayah cianjur banyak jambu merah… pengiriman ke bengkulu bagaimana ya?
    Paket tidak mungkin… Tetapi kalau dalam jumlah yang banyak bisa lewat darat menggunakan kendaraan..

    Stok saya lihat di cianjur banyak, bahkan ada yang sedang membudidayaan bibir jambu merah

    Salam Buat Teh Riva


    • pengiriman k bengkulu paling lewat darat 2hari nyampe


      • Kalau punya supply jambu biji merah saya berminat. Tolong contac ke 0852 1928 4375 . saya di wilayah bandung


  5. saya memiliki stok jambu biji merah.jika berminat hubungi saya di 085641421715 atau (024)70371744.


  6. Biasanya untuk pembelian Jabu Biji Hitungannya Kilo ya>> bisa kasih tahu informasi harga perkilonya?


  7. Dengan Hormat,
    Saya punya kebun jambu merah dan siap untuk dikirim dalam 2x seminggu sebanyak 1000kg
    tolong siapa yang berminat hubungi saya,
    di 0264-212723
    atau 081932261939


    • Berapa harganya terima di Mataram, NTB. Saya memerlukan banyak, tk


  8. saya berminat untuk membeli dalam jumlah banyak jambu merah, untuk pengiriman ke jawa timur, berapa harga per kilonya. Terima kasih. Budi-08888123273


  9. Dgn hormat. Bagi yg berminat membeli jambu tersebut bisa hubungi kami .081225414324 (atas nama saudara imron) atau dgn sau dara ali .Atau dgn saudara abdul haris(087832666645) . Terima kasih.


  10. Dgn hormat. Bagi yg berminat membeli jambu tersebut bisa hubungi kami .081225414324 (atas nama saudara imron) atau dgn sau dara ali .Atau dgn saudara abdul haris(087832666645) . Bagi yg berminat berkonsultasi tentang penanaman atau perawatan,informasi dan sebagainya,silahkan hubungi kami . Trimakasih


  11. Kami punya banyak jambu. baik jambu biji putih maupun merah. harga sangat murah dan terjangkau. Bagi anda yang berminat untuk membeli jambu kami silahkan hub : MASYKURI 081807950905 lokasi perkebunan kami ada di wilayah kota bogor. Trims ….


  12. Saya dari samarinda kalimantan timur,saya ingin mengetahui berapa harganya jika dikirim ke kota saya,mohon untuk dikirim ke email saya .regards zulkifli


    • saya sanggup kirim ke samarinda silakan hub hp 082116251299 untuk pengaturan selanjutnya


  13. Dengan Hormat,

    saya wayan surawan dari bali. saya sangat tertarik untuk mengembangkan tanaman jambu merah bagai mana caranya dan cocok ngga untuk di bali?

    salam

    surawan


    • dimanapun jambu biji merah bisa tumbuh. untuk budi daya di bali silahkan hubungi bpk made mangku di no hp 081338130387. bpk made mangku ini adalah salah seorang staf ahli penyelamatan lingkungan hidup prop. bali dan telah mengembalikan potensi jeruk bonyoh kec. kintamani yang hampir punah akibat. jeruk bonyoh saat ini adalah jeruk organik yang telah dipupuk dengan pupuk organik cair lengkap super biuota plus.


  14. saya jacky mau tanya,saya ada di kota banda aceh,saya butuh banyak jambu merah. bgmn caranya utk bs sy membelinya ya?? dan brp hrg per kilo nya? jumlah yg sy perlukan 30-50kg/hari. tlg email saya atau hub ke 081806142339 thx u


    • Saya bisa kirim ke Banda Aceh, ke kota anda dengan harga Rp. 10.000/Kg belum termasuk ongkos kirim. Hub saya 08192022850 Trims


  15. berapa modal yang dibutuhkan untuk menanam jambu merah dalam lahan 1H? tolong dikirim ke email saya makasih adeperkasamtr@yahoo.com


  16. saya skrg ini sedang budidaya pohon jambu merah nanti’y klo sudah menghasilkan buah saya ingin ada yg berminat membeli jambu’y,untuk itu mohon kerjasama’y dan tlg hub 031-8975254 Bp H.muhammadun,terima kasih


  17. Saya menekuni budidaya pohon jambu merah dari tahun 2002 sampai sekarang, lokasi di parung, jika rekan berminat dan membeli dgn jumlah yang banyak, Insya Allah kami bisa membantu, contant person didit esia : 021-99467953, 087884977789, 081317902028,
    saya berharap kerjasama ini bisa terjalin dengan baik, saya ucapkan terima kasih.

    wassalm

    didit


    • saya butuh jambu biji merah yang berkualitas 1ton/2hari harga perkilo berapa sekarang?


  18. Wah jadi pengen usaha jambu merah, kelihatannya akan menggeliat


    • Ass, klo rekan-rekan berminat bisa menghubungi saya mulai dari bibit dan buah jambu merah, Insya Allah saya siap membantu yang ingin membudidaya jambu merah


      • saya baru menanam jambu merah 2 bln di pekanbaru.bibit didatangkan dari semarang.jenis australian red, bibit cangkok.sekarang sudah mulai berbuah, tetapi mengapa buah selalu gugur saat masih sebesar kelereng?


      • Berapa harga bibitnya, untuk Mataram, NTB saya memerlukan 1000 pohon. tk


  19. Ass wr wb klo bapak atau rekan-reka berminat bisa menghubungin saya, mulai dari bibit dan buah jambu merah, insya Allah saya siap membantu rekan-rekan yang ingin membudidaya jambu merah…

    Wasalam
    Didit
    021-99467953
    0251-9437511


  20. tolong di informasikan harga perkilonya plus berapa biaya kirimnya , saya ada di kota tarakan kaltim


  21. saya baru lulus kuliah ni, malah disuruh ngelola tanaman jambu.. mohon bimbingannya..


  22. aduh dulur urang ti kidul teupi ka kitu nya make kudu teu kabeuli beas sagala pan loba anu beunghar urang cianjur teh cik atuh sumbang tah dulur dulur teh


  23. jambu batu dari mulai tanam sampai produksi berapa lama ya pake cangkok


  24. berapa harga jambu merah sekarang dari petani ,,ada yang mau beli tlan ke 081931101107


  25. yang yang berminat membeli janbu merah dalam jumlah besar bisa hubungi :jayadi hp.081931101107..domisisli d Telaga kahuripan parung


  26. saya lg menanam jambu mohon petunjuk cara perawatan yang baik


  27. Saya butuh bibit jambu merah dengan kualitas unggulan,mohon informasi lokasi penjualan bibit jambu merah dan berapa harga per pohonnya??


  28. kok ga ada analisa bisnisnya ya?


  29. yang berminat membeli jambu merah di kawasan Sumatera Utara bisa hub saya 08192022850


  30. saya jual CD cara berkebun buah jambu merah yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


  31. Saya sangat tertarik dengan usaha budidaya jambu biji merah tapi saya belum tahu dimana untuk mendapatkan bibitnya dan berapa harga per pohonnya??
    Apabila telah berproduksi ada tidak yang mau menampung hasil produksi tersebut??
    Dan berapa harga per kilogramnya??
    Untuk yang mempunyai pengalaman mohon bisa berbagi ilmunya…

    Terima kasih

    regards,
    Gjr


  32. saya butuh jambu merah sekitar 500 kg/ minggu saya berada di propinsi jambi jika ada yang berminat hubungi saya di 085273928880 atas nama bapak roy kita dapat membahas bagaimana tehnik pengiriman biar tidak rusak sampai di jambi, sistem pengiriman barang serta sistem pembayarannya


  33. sy tingal d makassar,.sy berminat berkebun jambu merah,brp modal yg hrs d siapkan u/ 1ha,& cara mendapatkan bibitx..tq


  34. Sy tinggal di Malang, sy butuh jambu mereah dalam jumlah lumayan besar, ada..??


    • Pak hery insya allah kami bs membantu menyediakan jambu bangkok biji merah
      Maaf pak hery mau masar di supermarket apa mau ke industry minuman segar kami
      Memberikan harga saat ini Rp.4000,/kg blm termasuk ongkos kirim
      Rencana pak hery butuh brp ton n per berapa periode…terimakasih


  35. Aku seorang pekerja swasta, saya merasa ga cocok dengan kerjaan ini,, saya ingin bebas dan ga mau ditekan, Saya ingin usaha sendiri dan saya ingin memiliki usaha budidaya jambu merah, apa keputusan saya ini benar?


  36. saya tinggal d depok.potensi jambu biji merah lumayan banyak. bahkan kalo sedang melimpah, harga jadi jatuh.adakah yang bisa menampung tapi dengan harga yang wajar.Selain itu kendala lainya adalah kalo terlalu matang jadi cepat busuk,mohon saran..


    • Saya dri psr induk kramat jati……bisa menerima dlm jmlh lumayan bsr……contact:085719972119


  37. Saya tinggal di wilayah Kec. Panyingkiran, sentra pembibitan dan perdagangan jambu merah. Persediaan jambu merah sangat banyak, bagi yang memerlukan secara kontinue, kami siap melayani anda dengan baik……..


  38. untuk yang berminat buah jambu merahsilahkan hubungi e-mail Imansunandar34@yahoo.com atau 085759574813


  39. saya punya lahan perkebunan jambu biji dan ingin dikontrakan ada sekitar 3500 m2
    dan diatas nya terdapat 300-an pohon. lokasinya dibogor jawa barat, bagi yg berminat bisa hub saya di no
    08812381343 atau email saya di kod33_200582@yahoo.com


  40. Apakah perlu obat atau vit khusus agar cepat berbuah?
    utk melindungi dari hama perlu obat apa?


  41. Saya punya Jambu BangKok Jenis Getas Biji Merah rata2 berat 1 jambu mak 1,2kg
    Ada 6 hektar di 3 tempat Di kawasan Cianjur JABAR
    Saya Memasok JABOTABEK n BALI jika berminat hub
    Lingga:085721667888
    Aji:081220487956
    Alamat: jl. Polingga2 no.6 ds 4abandar kc.karang tengah kab cianjur
    0263281053.


    • saya berminat,harga per-kg nya brp?saya pedagang dipasar induk kramatjati.


      • saya berminat berapa harganya ke jambi dan kita bisa kontiniu hub 085268944744 ada buah yang lainnya nggak seperti sirsak, manggis dan buah musiman lainnya saya tunggu


  42. pengen tahu anilisa usahanya


  43. boleh jjuga nih,
    cz nanam sendiri biar pas panen bisa makan banyak,
    dari pada bli mahal harganya
    he2


  44. saya butuh bibit jambu biji merah, berapa harga bibit paling kecil sampai di Jember Jawa timur.trim


    • harga bibit disini aja udah 20ribu tinggal tambah ongkos kirim aja pak


  45. saya punya kebon jambu di cinangka pondok cabe.saya punya pohon 170 dilahan 2rb meter.selanjutnya saya akan menanam lagi di 6rb meter.bagi siapa yang berminat dengan jambu merah hub:021-92350825,085213181673.siap kirim di daerah jakarta,bogor&tanggerang


  46. saya punya stok bibit jambu merah non biji hub 081312451911


  47. saya punya stok jambu dan bibit jambu non biji dalam jumlah banyak, juga punya stok puree jambu dalam jumlah besar bisa hub 081312451911 a/n Tatan rustandy alamat: desa Cisoka kec.Cikijing kab. Majalengka Jawa barat


  48. pupuk untuk jambu merah


  49. apa pupuk buah jambu merah


    • pupuk Jambu Merah biasanya mengunakan pupuk yang mengandung unsur mikro seperti Ca, Mg, Mn, Zn, Cu, Fe.
      Unsur dari Mg berfungsi untuk pembentukan klorofil tanaman, sehingga fotosintesis berjalan optimal. Unsur ini Mg juga berfungsi sebagai katalisator penyerapan unsur P dan K.
      Pemupukan harus dilakukan secara berkala setiap 3 bulan sekali, atau minimal 2 kali setahun. Pemupukan sebaiknya di lakukan pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.
      Menggunakan PUPUK ORGANIK Akan lebih Baek.. dan jika menggunakan pupuk kimia gunakan seperlunya saja, dengan dosis dan takaran yang sewajarnya.

      ***NB :
      Pak yusuf ardiansyah : kalau panen Jambu Merahnya Jangn lupa Kirimkan Ke kami ya? he3x Ditunggu Kiriman paket jambu merahnya yang berbuah lebat! :D


  50. kami yang tergabung dalam CV.AMP yang berkedudukan di jambi membutuhkan buah jambu merah, buah strobery, mangga, sirsak manggis dan buah yang lainnya untuk di salurkan di supermarket kalau adea yang tertarik dapat hubungi kita di 085268944744. kita dapat membahas bagai mana pengiriman supaya tidak rusak, sisstem pemayarannya dan lainnya secara lebih baik


    • siap untuk pengiriman nih tapi masalah pembayaran gimana?


      • HUBUNGI KAMI ATAU SMS MAKA KITA DAPAT BERNEGOSIASI MENGAMBIL KE BIJAKAN YANG SALING MENGUNTUNGKAN ,.,. KAMI TUNGGU DI 085268944744 ATAU TINGGALKAN NO HP ANDA BIAR KAMI HUBUNGI


      • Terima kasih.. SMS ke 08568004200


  51. sy punya stok jambu merang sangat banyak bagi yg minat hub.081324973446.. 081947195091 atw 082127713122 . sy suka krim ke jambi,bali,malang,jatim,jakarta,bandung bahkan ke pt juice di bandung..,citerep.. trmksh..


  52. insyalah sy bisa krim jmbu merah ke jambi dngn harga 7000 Blum trmsuk ongkos..


  53. bagi seluruh pengusaha jambu merah mari kita tingkatkan kualitas karena pada akhir2 ini buah yang dihasilkan kurang memuaskan dikarenakan cuaca yang ektrim.kami siap melayani anda yang diluar pulau jawa untuk pengiriman bisa diatur selanjutnya thanks….!


  54. mohon info,
    1. berapa jarak antar bibit jambu merah yang baik?
    2. untuk wilayah mojokerto prop. jawa timur, tempat penjualan bibit jambu merah di mana?
    terima kasih atas infonya…


    • 1.untuk penanaman bibit jambu optimum 5 meter dikarenakan untuk tanah kontur bukit dalam jangka waktu 1tahun sudah tumbuh besar
      2.bibit jambu merah bisa mungkin bisa dipesan dari cisoka dikirim ke mojokerto


    • saya bisa menyediakan bibit jambu merah utk wil jatim contack us niko_pratama10@yahoo.co.id,bibit tanaman buah dan tanaman keras tanaman hiasn lengkap


  55. Bagi yang butuh bibit jambu merah, bisa kontak kami di 081317496564
    alamat kami di Bogor, harga nego


    • Ukuran Tinggi Bibit rata2 Berapa Tingginya..! Terima kasih..!
      Salam dan Sukses Selalu..!


  56. jambu merah yg dhasilkn dipengaruhi oleh ktinggian dan sifat tanah ga?


  57. Mungkin sudah saatnya anda melirik Jambu Kristal dengan kelebihan lebih renyah, manis, besar, dan yang paling istimewa adalah bijinya sedikit hingga tidak ada biji.


    • sekarang yang lagi populer jambu non biji merah walaupun ada bijinya hanya sedikit “jambu apel” asli dari cisoka -cikijing karena lahir dari silangan alami di desa cisoka.. dengan stok bibit lumayan banyak contact us : 081324089710,082120928114 a/n tatan rustandi
      juga bagi yang membutuhkan puree jambu merah dalam jumlah banyak bisa kontak kami atau kunjungi kami di http://www.jambubijim3rahwordpress.com atau bisa juga di http://www.buanafoodwordpress.com


    • maaf sebelumnya sy mau nanya jambunya merah atau putih? thanks


  58. yg membutuhkn jambu merah dalam jumlah banyak bisa hub 082116251299 siap kirim antar pulau…


  59. jangan pernah percaya dengan yang namanya roy/arjuna yang bisnis jambu merah asal dari jambi karna dia sebenarnya suka bohong


  60. kami mencari pembeli jambu merah konsumsi, pengiriman continue hingga 1 ton lebih per minggu. berminat dan serius silahkan hubungi 085682543933. kualitas OK.


  61. tolong di bantu untuk memasarkan jambu biji merah.
    jika ada yang sanggup memasarkan,saya sangat berterima kasih.
    hormat saya,ali di semarang

    083842306613


    • bapak tinggal dimana sy lg
      butuh jambu hub ke 085317126176


  62. […] Sumber: http://rivafauziah.wordpress.com/2011/02/05/budidaya-jambu-merah/ […]


  63. Kalau ada supplier jambu merah di daerah cianjur silahkan contac ke 0852 1928 4375 saya berminat untuk ekspor


    • saya punya stok jambu merah bisa continue asal harga nya kena bisa kontak saya a/n tatan 082126392996



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 279 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: