h1

Terminal Pasir Hayam Cianjur “Kurang Optimal”

05/04/2010

“]Gerbang Terminal Pasir Hayam

Terminal Pasir Hayam sebagai prasarana angkutan yang melayani kendaraan umum untuk angkutan dan translet Penumpang antarkota antar provinsi.  Namun karena sistem Pengelolaan Terminal Pasir Hayam Cianjur kurang,  mengakibatkan kurang opimalnya terminal tersebut.

Pembangunan Terminal Pasir Hayam Cianjur sejak awal dari peroses pembebasan Lahan sudah menuai masalah dengan menggunakan dana yang miliaran dari pos dana tak tersangka APBD Tahun 2005, yang digunakan pihak eksekutif menambah dana pembebasan tanah bagi keperluan pembangunan Terminal Pasirhayam. yang menjadi pertanyaan pihak dewan apakah penggunaan dana tak tersangka untuk menambah dana pembebaskan tanah itu sesuai aturan atau tidak. Terminal Pasir Hayam Kabupaten Cianjur dibangun tahun 2006 dengan menghabiskan biaya Rp14 miliar.

Pejabat Terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur seakan tak berdaya memfungsikan terminal angkutan umum penumpang baik di dalam kota Cianjur maupun di beberapa kota kecamatan, sehingga keadaan lalu lintas di kota yang sudah beberapa kali meraih Piala Adipura ini, semrawut tidak karuan (acak2an).

Terminal Pasir Hayam yang selesai dibangun tahun 2006 dengan menghabiskan biaya Rp14 miliar. Puluhan angkutan perkotaan jurusan Cibeber, Sindangbarang, Sukanagara, Warungkondang, Gekbrong dan bis antar kota, lebih suka mengetem di luar atau mulut terminal, sehingga terjadi kesemrawutan lalu lintas.

Akibatnya terminal Pasir Hayam kurang berfungsi, bahkan oleh sementara pengemudi terminal Pasir Hayam dijadikan garasi dan bengkel kendaraan yang mogok. Dengan tidak berfungsinya secara optimal baik terminal Pasir Hayam, menimbulkan kesemrawutan lalu lintas di mulut terminal dan beberapa titik terminal liar atau terminal bayangan. Ruko Rukan banyak yang tutup karena sepinya pengunjung!

Tampak pada Gambar Kondisi Terminal Pasir Hayam yang sepi seakan tdk  dipergunakan. Namun di luar terminal mobil berjajar tak beraturan dan parkir sembarangan sehingga menimbulkan kemacetan dan kesan semprawut.

Terminal Kosong

Terminal Kosong (seperti kuburan)

Sepinya Terminal

Sepinya Terminal (roko rukan tutup)

Gerbang Keluar Terminal

Gerbang Keluar Terminal (sepi)

Kondisi di Luar Terminal Arah Sukanagara

Kondisi di Luar Terminal Arah Sukanagara (semprawut)

Kondisi di Luar Terminal Arah Sukabumi

Kondisi di Luar Terminal Arah Sukabumi (selalu terjadi Kemacetan)

Kondisi di Luar Terminal arah Bandung

Kondisi di Luar Terminal arah Bandung

Kondisi di Luar Terminal arah Bandung

Kondisi di Luar Terminal arah Bandung (lokasi depan Pos Polisi)

5 komentar

  1. Beberapa waktu lalu lewat depan terminal pasir hayam sewaktu mau ke cibeber, Angkota kota memang semrawut. Baru tau kalau do dalam terminalnya kosong. Sangat di sayangkan, semoga ke depan bisa lebih baik :)


  2. Suatu Ketika saya pernah mau ke arah Sukanagara (Mudik). Bisa dari Bndung masuk ke terminal. Saya turun di dalam terminal. Hampir 2 jam saya menunggu Bis pakidulan, namun tdk kunjung tiba. Akhirnya karena penat dan jengkel menunggu, saya beranikan diri bertanya Mengenai hal tersebut. Betapa kagetnya saya ternyata Mobil arah Pakidulan tdk masuk ke terminal Pasir Hayam namun Ngetam (berhenti) di Luar. Saya pun keluar terminal berjalan kaki yang jaraknya lumayan jauh! Ternyata di luar terminal Mobil Pakidulan Ngetam bejajar sepanjang jalan. Dan disana ternyata ada petugas berpakaian Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur sedang berjaga2 namun kenapa mobil di biarkan diluar mengganggu pengguna jalan lain. Ada ada di balik ini semua. ***Kemungkinan adalah masalah uang setor (Mel)! Maaf!
    Entah sampai kapan Kemacetan ini dapat diatasi oleh pemda setempat.


  3. teh, punya profile kecamatan cilaku ga?…data monografi kec. cilaku?


  4. kirim ke e-mail


  5. [...] Pemerintah Kabupaten Cianjur yang memecah konsentrasi terminal dari Joglo dan Muka ke Jebrod ( terminal Pasirhayam ) dan terminal rawa bango, di terminal Pasirhayam sudah terlihat geliat bisnis dengan adanya [...]



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 276 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: