h1

Kontes Lomba Ayam Pelung 2009

10/09/2009

Foto : Lomba Ayam @detik

Foto : Kotes Ayam @detik

Tidak  hanya burung perkutut atau burung kicauan saja yang mengadakan kontes dan lomba Kicau, Ayam Pelung juga di konteskan dengan menitik beratkan pada Alunan dan Lingkingan Kokok  Suaranya. Namun sesuai dengan perkembangan zaman kini dalam kontes Lomba Ayam Pelung menitik beratkan pada semua aspek, dari penampilan – kesehatan – bobotnya dan terpenting adalah suara lingkingan kokok. Kontes Lomba Ayam pelung dari tahun ke tahun sering di adakan di beberapa daerah jawa barat. Lomba Ayam Pelung ini sudah teroganisir baik lokal maupun nasional bahkan banyak sekali bermunculan komunitas penggemar ayam pelung.

Seperti Info LOMBA KONTES AYAM PELUNG PANGALENGAN 2009 dari Kang Hasan Surahman tahun ini akan di laksanakan di Pangalengan – Bandung Jawa Barat :

  • Pada Tanggal :   13 desember 2009
  • Lokasi  :  Pangalengan – Bandung – Jawa Barat
  • Peta Lokasi :   Lokasi Secara Detail (dengan Google Map ini akan lebih mudah menetukan lokasi dan jalur yang akan ditempuh untuk menuju Lokasi Lomba di Pangalengan)
  • Info     : 0813 2187 4872 (Kang Hasan Surahman)

Seperti yang pernah di beritakan portal kabupaten cianjur : Pada kontes Ayam Pelung tersebut selain diadakan lomba tarik suara dan lainnya juga merupakan arena bursa penjualan dari anak ayam sampai ayam dewasa, dari usia 0 s/d 1 bulan (jodoan), usia 3 bulan (sangkal), usia 6 s/d 7 bulan (jajangkar), sampai kepada ayam pelung yang sudah jadi (siap kontes). Dengan demikian lomba/kontes ayam pelung sekaligus merupakan bursa penjualan, promosi dan sosialisasi khusus ayam pelung. Melalui bursa semacam ini para pembeli, penjual dan penggemar merasa puas karena pada umumnya mendapatkan bibit-bibit maupun induk yang berkualitas dan tambahan pengetahuan tentang segala hal mengenai ayam pelung yang cukup memuaskan dari sesama peternak dan penggemar.

**Jika ada Info Lebih Detail mengenai KONTES AYAM PELUNG PANGALENGAN 2009 silahkan Saring di sini, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Terima kasih! Salam BLoGGeR Cianjur | Riva Fauziah

45 komentar

  1. aku pingin sekali ikut melihat kontes tapi tempatku jauh sekali .aku juga pengin memiliki ayam pelung tapi bagaimana caranya? kalau bisa tolongaku biar dadat memiliki.darimana beli bibit ayam pelung

    Terima kasik,alamatku.desa Pekalongan rt 1/rw1 Kec.Winong Kab.Pati,jateng
    saya harapkan infonya.


  2. mas coba kontak mobil travel apa ada yang ke pati bandung? kalo ada coba kontak aku di 081321874872
    barangkali aku bisa bantu


  3. Sy dr indramayu. Nt d kontes tgl 13 d pnglngn ada penjualan ayam pelung dr anakn smpe yg sdh besar g ya? Di mulai dari dan sampe jam brp lamanya kontes. Sblm d sesudahnya sy ucapkn mksh.


    • Ke GARut JA PA HAJI


  4. Ass.Wr.Wb.Saya dr indramayu, wlpn tdk memiliki ayam jantan utk dkonteskn tp sy mempunyai anaknnya dan mdh2n bsr nt bs ikutan kontes. Dan tgl 13 des nt inginnya sy dtg dan mlht sndri jalannya kontes dan ayam2 pelung kualitas istimewa. Apkh d kontes nt bnyk penjualan2 dari anakn sampe dewasa? dan lamanya kontes dimulai dari jam brp sampe jam brp? atur nuhun.


  5. ass. mau tanya klo HIPPAPI di kota bandung ada gak?
    klo ada alamat nya di mana ya?
    mohon informasinya. terima kasih.


  6. ass… kum…

    mas, saya mau tanya, kalo HIPPAPI di jogja dah ada belum..???
    kalo udah ada, dimana alamatnya.??
    terimakasih…


  7. bagi pemula yang ingin memliki ayam pelung berkwalitas jangan takut dengan harga tinggi sebab nantipun anakanya bakal berkwalitas karena darah pasti turun ke bawah. kalau beli ayam murah nanti jadi sam,pah tapi beli ayam mahal insya Allah cepat terkenal bila anda berminat ternak ayam pelung berkwalitas Hub ujang 081312807990


    • ass….kum….mas ujang, sy nurhasim tinggal di magelang jawa tengah tepatnya Pusdiklat Pengembangan SDM – BPPK Jl. Alun-alun utara No. 2 Magelang HP. 08174100452 ato (0293) 363150, sy tertarik dengan ayam pelung rencana pingin miara 1 pasang yang berkualitas tentunya(bakalan) taksiran harganya berapa mas bagaimana cara pengirimannya. nuwun


  8. kalo dijogja mau nyari bibit pelung berkualitas, dmn ya..?
    harga kisaran berapa..???

    trimakasih…


  9. kl di indramayu / cirebon sudah ada belum ya HIPPAPI? kl ada tlng dong di mana alamatnya? makasih.


  10. Hippapi di Indramayu kayaknya belum ada, gimana ayamanya sehat, yang anak jangan dijualya pertahankan itu bibit bagus sekali dan bapaknya udah wafat, kapn ke Garut Lagi ? ditunggu


  11. pak sualeman, lebih baik kayanya kalo mempelopori berdirinya HIPPapi kab indramayu..ayooooo….
    info kontes katanya tgl 31 januari 2010 disukabumi, tgl 27 februari di banjaran..


  12. bagi yang berminat ayam pelung di jogja, kebetulan saya mau nganter pelung ke jogja dan sekitarnya..barangkali ada yang skalian pesen bisa kontak di 081321874872


  13. teh riva, mohon DIINFORMASIKAN bahwa pada tanggal 27 februari 2010, hippapi banjaran bandung akan mengadakan kontes ayam pelung tingkat jawa Barat. lokasi di Jl Ciapus Kp pintusari RT 03 RW 08 desa Banjaran kec Banjaran kb. Bandung, untuk bisya pendaptaran antara 35 sd 50 rb, masih konfirm, ( sudah termasuk makan siang)..trims


  14. Bln2 skrg sy msh blm bs bprgian jauh. Jd msh blm lht kontes. Pdhl pgn skali lht. Sy skrg lg menctk aym pelung yg sy dpt dr garut(ujang) agar brsuara emas. Krn dr beli smpi skrg sy blm prnh dngr suara emasnya.


  15. Mengenai usuln pak hasan agar sy mndrkn hippapi d indramayu. Usulan yg sgt bgs skali, tp skrg ini pnggmr ayam pelung d indramayu blm ada. Kbnykn pd mlhra ayam bangkok.


  16. pak sulaeman, mendirikan organisasi hanya berawal dari sedikit orang saya rasa memang sebuah keunikan tersendiri…cobalah dari teman 2 terdekatr dulu pak…


  17. Untuk Seni dalam Ayam pelung ternyata Waaaah bgt lah
    dan ternyata untuk mendapatnya sekarang sudah gampang,tapi yang bagus susah juga.
    yana_suryana14@yahoo.com


  18. Pak hasan,kira2 kl di adakan lomba di joga tmn2 jabar gmn ya,oiya bagi tmn2 pecinta pelung di joga bisa tukar kaweruh dngn sy d jogja


    • mas koko, jogjanya sebelah mana ya..??
      saya jg dari jogja, ingin belajar per-pelung-an dengan mas koko.
      trimakasih.
      udin487@yahoo.com


  19. mas koko, coba bikin perkumpulannya dulu. terserah mau apa namanya..terus kundang kami yang ada di jabar…insyaalah ke sana..


  20. kang hasan aktif sekali

    mau numpang tanya,
    1. kalo kokok pelung dikategorikan panjang itu kalo berdurasi berapa detik ?
    2. mulai usia berapa ayam pelung bersuara panjang dan usia berapa perkembangan max kokok ayam pelung?

    terima kasih
    @kang hasan : ayam sy dah mau ko2k lagi kalo di pisah jauh dari ayam laen.


  21. kokok pelung pak arif dikatakan panjang kalo lebih dari 13 detik…yang masuk kategori kontes tidak hanya panjang. tetapi harus ada lagunya….ayam pelung itu mulai bersuara bahkan ada yang 2 bulan dah mulai belajar bersuara…akan tetapi maksimal bersuara setelah ayam berumur setahun, akan tetapi terkadang ayam setelah tua baru kokokannya mulus, kadang masih muda dah bagus…
    pa arif..faktor mental ayam harus dijaga agar keindahan suara ayam dapat terdengar dan dinikmati..heheheh ok pak…
    di jogjga dan sekitarnya saya dah banyak masukin ayam pelung asli jawa barat ke daerah itu coba kontak2 dan bikin perkumpulannya…insyalah kami dari jawa barat kalau ada kontes akan berbondong2 ke sana


  22. pak mau tanya,apakah ada hippapi di jawatimur?krn sy penggemar ayam pelung dr kota malang.
    dan sy berharap selalu di informasikan jadwal2 KONTES AYAM PELUNG di blog ini,krn sy ingin datang melihat jalannya kontes.trimakasih


  23. teh…mau nanya nech…saya penggemar ayam pelung baru..kebetulan tinggal di bandung…punya chanel gak tempat beli ayam pelung yang berkualitas soalnya kalau beli di pasar burung…selain kuliatasnya jelek…cepet mati….terima kasih


  24. mohon info nih kalo mau cari bibit pelung di jogja di mana ya dan harganya kisaran berapa?


    • di daerah selatan terminal umbulharjo, ada breeder-nya pak..
      coba aja kesana…


  25. saya tgl di jkrta, kl mau cari ayam pelung betina di mana ya?


  26. mas rekta kalau mau lihat2 ayam pelung saya di pangalengan bandung..kali aja ada yang cocok…trims
    081321874872


  27. Mas,HIPPAPI Jabodetabek dah terbentuk belum?tolong donk dibentuk,banyak Pecinta dan Penggemar yg mau bergabung.saya mau bantu tenaga dech…OK Trims


  28. info…tgl 11 juli 2010 hippapi cianjur mengadakan kontes ayam pelung di lapangan pinggir kodim cianjur di daerah joglo…acara dimulai pukul 09 sd selesai…u biaya pendaftaran sekitar 50 rb…u info hub bapak jaling di 087820172077…trims


  29. saya pengen komentar dari kawan2 semua, apakah perlu pelatihan wasit2 junior u lomba/kontes ayam pelung…??
    jujur saja memang u hippapi sangat jarang ada perkaderan/pelatihan juri…
    ini menjadi penting sbenarnya agar pecinta pelung memahami seperti apa yang mendapat kulaifikasi sebagai ayam yang mempunyai kualitas suara unggulan.
    pengalaman saya di lapangan , sebernya dilema, kebanyakan yang ikut sering kontes pun gak tahu sebenernya suara yang bagus tuh seperti apa, gmana penilaiannya, dsb. terkadang perdebatan tanpa daasar itu kan jadi membingungkan.. wakakak
    kalau ditelisik mungkin hippapi kita ini oraganisasnya harus dibikin lebih progresif lagi (maaf saya bingung nyari kata yg tepat) agar terjadi percepatan penyebaran pengemar ayam pelung di indonesia ini…termasuk terkait dengan bagaimana agar hippapi kjuga ikut dalam hal yang berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran ternak ke suatu daerah…
    menurutku banyak yang hmenjadi pr hippapi. dan yang paling harus segera dilakukan adalah pembenahan organisasi, perkaderan (tentu saja ynag berkaitan dengan dunia ayam pelung)…
    trims.


    • sedikit berkomentar, demi keberlangsungan ayam pelung..mengenai perlu atau tidaknya wasit2 junior, saya rasa itu perlu, hal ini mengingat selain perlu adanya regenerasi, juga penentuan standar baku, bahwa ayam pelung yang bagus itu, baik dari segi suara maupun fisik tidak bias/abu-abu, akan jauh lebih baik apabila sebelum di adakan pelatihan, para juri senior (HIPPAPI) menentukan standar baku (sejenis SNI)tentang kategori/kriteria ayam pelung yg bagus tersebut, sehingga juri maupun semua orang tidak akan berbeda pendapat ataupun pandangan mengenai ayam pelung yg bagus dikarenakan standarnya yg jelas..

      Mengenai kondisi di lapangan..penggunaan alat bantu elektronik sejenis handycame ataupun recorder sepertinya bisa digunakan, sehingga para juri bisa menilai secara berulang-ulang baik secara manual maupun menggunakan sistem yang lebih canggih yang bisa menentukan kualitas suara ayam tersebut disebut unggul, sehingga kemungkinan kesalahan dalam penentuan sang juara akan lebih diminimalisir.. terima kasih… semoga bermanfaat….


      • buat kawan2 penggemar ayam pelung, sekarang ini banyak pertanyaan ke saya seputar ayam pelung juara tang telah jadi legenda,,,, karena banyak yang mengaku2 jadi ayam legenda, ya itu sah2 aja silakan,,,namun kalau kita perhatikan pendpat para pakar yang sudah lebih dari 30 tahun bergelut di dunia lomba dan penangkaran ayam pelung, sebut saja misal pa Ugun, pa mahin,dari garut dan pa Jaling dari cianjur dan ustad nana dari bandung, menyebutkan misal dari pa ugun menyebutkan nama: SI MEGA, LEMBAYUNG, MENTARI, SI JAGAT, TERAKHIR PUN GOYONG, versi Pa Jaling : LEMBAYUNG, PUN GOYONG, SI MEGA , MENTARI, SI BINTANG, SI MAYANG, SI JAGAT…
        nah menurut sya dari pendapat para pakar itu terdapat kesamaan nama ayam yaitu si mega, mentari, lembayung,Si jagat pun goyong….
        kepada kawan2 mungkin ini dapat jadi bahan buat kita untuk menilai apa ayam yang telah lalu jadi legenda atau tidak….karena menurut para pakar itu telah banyak sekali ayam juara ( ya pasti lah karena kontesnya juga serring) namun yang menjadi legenda hanya ayam itu, susah menemukan kelas seperti ayam 2 itu..yang terakhir adalah pun goyong sekitar tahun 2006 an…dari sana sampai sekarang belum ditemukan lagi ayam sekelas itu….mari kita galakan penangkaran bibit berkelas, siapa tahu muncul yang kelas legenda
        oleh hasan surahman Oktober 8, 2010 at 2:17 am
        Balas

        *

        BUAT KAWAN2 YANG MINAT DAN MINTA DIKIRIM AYAM PELUNG KE LUAR PULAU JAWA , KAMI BERUPAYA MEMBANTU…APALAGI KALAU SEBELUMNYA SALAING BERKOORDINASI, SOALNYA ONGKIRNYA MAHAL KALAU SENDIRIIAN , JADI KALAU BARENG2 YANG BISAS LEBIH MURAH…TERUTAMNA YANG PALING POKOK KELENGKAPAN DOKUMEN SERTA IZIN PEMASUKAN TERNAK DARI DISNAK PROPINSI MASING2…..OKE DEH BAGI YANG MINAT SAYA INSYALAH BANTU…BISA MENGHUBUNGI DI 081321874872..TRIMAS
        oleh hasan surahman Oktober 14, 2010 at 2:20 am


  30. info, tgl 18 july 2010 ini ada latber di pangalengan kabupaten bandung, ya semacam kongkur di hanya diikuti oleh satu kecamatan,
    tgl, 25 juli ada kontes sebandung, di banjaran pintu sari, ayam 30 brsar nasional dilarang masuk hehehe..begitu kata panitia..info hub pa rahmat 085295071039


    • terus info ya kalo ada kontes…


  31. tolong beri tau saya kalo ada kontes ayam pelung,saya di bandung hp 085220379515,nuhun….


  32. hippapi bandung akan mengadakn kontes ayam pelung tingkat pemula (ayam 30 besar nasional dilarang tampil hehe) yang akan diadakan di sasak dua pintu sari ciapus banjaran, searah dengan yang ke tempat smun banjaaran..ini akan diadakan pada tgl 25 juli 2010, bagi yang berminat silakan, tersedia 15 piala..u info hubungi pa rahmat, no hp ada di coment sebelumnya..trims


  33. mas,tolong beri tau jadwal kontes ayam pelung di jabar,sekalian saya mau beli….hp 081802614507


  34. ni mau nany,banjaran sukabumi belakang terminal palung ada yg katagori lomba ga ?


  35. info kontes nasional akan diadakan di fakultas peternakan unpad jatinangor tanggal 28 november 2010, pendaftaran 50 rb rupiah.


  36. tolong dikasih info di balikpapan dah ada hippapi belum, n dah adakah yg kirim pelung ke balikpapan


  37. mohon info,ada yg punya video sijagat ga ato rekaman suaranya….by email.(ami.spink25@gmail.com)krn sy punya turunannya umur 5 bln dan belum mau koko…


    • Silahkan Share di sini yang mempunya Video – Lengkingan Kokok dan lain2 . Indahnya jika kita dapat saling berbagi



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 278 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: