h1

Beternak Ayam Pelung Cianjur

01/12/2009

ayam_pelung

ayam_pelung

BERTERNAK dan Budidaya ayam pelung, kata Asep, cukup menjanjikan untung. Sepasang ayam yang masih kecil, berumur satu bulan bisa laku antara Rp 40.000 sampai Rp 50.000, berusia dua bulan Rp 75.000 sampai Rp 100.000, tiga bulan hingga enam bulan Rp 100.000
sampai Rp 300.000. Ketika menginjak umur tujuh bulan, saat ayam mulai berkokok dijual per ekor antara Rp 100.000 sampai Rp 400.000. Dan, lebih dewasa lagi, kalau suaranya bagus bisa laku Rp 1 juta/ ekor.

Cuma saja merawatnya yang harus ulet, karena ayam butuh perhatian dalam erawatannya. Misalnya, makanannya juga harus disesuaikan tingkat perkembangan si pelung. Pada ayam pelung berusia sehari sampai dengan satu minggu, sebaiknya diberi makan menir dengan jumlah 18 gram per ekor setiap hari. Untuk yang berumur lebih dari satu minggu diberikan dedak mulai dari 25 gram per ekor setiap hari. Setelah itu sesuai perkembangan usianya, makanannya bisa ditambah sampai 127 gram per ekor setiap hari.
Ayam pelung jantan dewasa yang sudah bersuara mengalun dan indah, makanannya diberi campuran dedak halus, ditambah dengan gabah, nasi setengah matang, katak kecil dicincang, ikan kecil atau belut serta pisang.
Sementara pakan jadi buatan pabrik dapat diberikan sesuai tingkatan umur. Namun pakan buatan pabrik tidak baik diberikan untuk ayam pelung jantan yang sudah berkokok merdu.

Ketika ayam mulai terlihat kurang sehat pemiliknya juga harus segera memberi obat. Untuk mencegah penyakit ND (cekak/tetelo/eluk), ayam pelung harus di-vaksinasi ND secara tepat dan benar sesuai program yang ditentukan, sehingga dapat menekan
kematian.

Sebenarnya, program vaksinasi ND ayam pelung sama dengan program vaksinasi ND untuk ayam buras biasa. Program vaksinasi itu diberikan sesuai tahapan usia, yaitu umur empat hari, empat minggu, empat bulan, dan kemudian diulang setiap empat bulan.
Sedang lokasi yang baik untuk pemeliharaan ayam pelung di tempat yang agak dingin dan teduh, dengan ketinggian antara 500-1.500 dpl. Dengan lokasi yang teduh, ayam pelung diharapkan bisa hidup nyaman, sehingga menghasilkan suara yang baik.

Pada umumnya pemeliharaan ayam pelung dilakukan di kandang. Pada awal ertumbuhan, ayam pelung sebaiknya ditempatkan di kandang postal atau kandang berpagar. Namun setelah ayam jantan dewasa sudah berkokok indah, ditempatkan di kandang yang disebut ajeng, yakni kandang khusus yang ditempatkan kurang lebih dua meter dari permukaan tanah.

Link Terkait :
* Ayam Pelung Cianjur
* Sejarah Ayam Pelung
* Pelestarian Ayam Pelung
* Perjuangan Ayam Pelung

Prospek dan Perhitungan Usaha Budidaya Ayam pelung DOWNLOAD DISINI

Prospek dan Cara Budidaya Ayam Ketawa Atau Ayam Dangdut yang sedang Trend dapat di DOWNLOAD DISINI

Dan anda Dapat Download Artikel dibawah ini untuk proses pembelajaran dalam hal usaha dan Budidaya :

40 komentar

  1. bagus infonya. kok susah downloadnya?


    • Tidak susah kok..! KLIK dan ikutin Perintahnya..


      • kok cantik..:)


  2. nama saya adi asal tasikmalaya…..
    saya peternak ayam pelung asli cianjur.
    punya kendala untuk pemasaran,barangkali ada link sehingga harga jual bisa sesuai dengan standar harga di cianjur.


    • Saya kira usaha bisnis ayam pelung sekarang tidak susah pemasarannya pak, asal kualitas ayam bagus akan di minati orang, bahkan akhir2 ini hampir setiap daerah ada komunitas pecinta ayam pelung.l.

      Salam dan sukses selalu


      • boz,klo pesen anakan pelung umur 2 bulanan dkirim ke lumajang brpa harganya bang???


    • 0kl untuk memasarkan untuk daerah tangerang bisa saya hendel. bisa tlp saya di 08881452995 atau 082123044401 (andri)


  3. sy penyuka ayam pelung tp sy ga tau bgamn merawat ‘y…… tolong bagi2 infonya


    • budidaya ayam pelung sangatlah mudah..perawatan dengan cara tradisional itu jauh lebih baik..sama halnya dengan perawatan ayam lainnya..


  4. Klo boleh tau alamat.a dmn ?


  5. maaf pak, boleh saya tau alamat bapak. terimakasih – tyas


  6. ass

    kalau daerah cianjur/cibeber dimana saya dapat ayam pelung kwalitas bagus/untuk kontes

    terimakasih


  7. saya punya ayam pelung yg sudah mulai berkokok, tapi kenapa makanya tidak lahap sperti ayam kampung …………. jadi tiap makan pasti saya harus ngloloh……….. bagaimana mengatasinya….?


  8. Dear All

    Bagaimana cara pengadaan ayam pelung ke Makassar,
    No. kontak 085396917899


  9. beli bibit ayam pelung dimana yah? ada nggak yang di daerah Tangerang?

    Blognya bagus, mampir di blog saya juga yah http://www.akhmadfarhan.wordpress.com


  10. Dimana y sya bs dpt bibit pelung asli, dn brp harga’y? sya di wilayah malang


    • sy achmad,menyediakan bibit ayam pelung asli cianjur dr usia 1 bln-1th.silahkan hub 0341-8608008,8608088,081333488008,081332326632..
      utk wilayah jawa timur bisa datang ke penangkaran ayam pelung kami..


      • Tolong pak diberikan informasi saya kepingin memelihara ayam pelung misalnya klu berupa telur berapa biayanya sampai kami terima dimado dan kalau anakan 2 minggu berapa biaya sampai terima dimanado trims


  11. sy salut dengan pak asep.dengan kesuksesannya mau berbagi informasi pada yang membutuhkan. sy pecinta ayam pelung skrg punya keinginan mengembangkan usaha ternak ayam pelung. kira kira butuh modal awal berapa ya pa..???,hatur nuhun..


  12. saya mau beli bibit ayam pelung umur 1 bln ke atas bingung g ada informasi yg jlas yng hasis d hubungi dan sepesivikasi harga’a. klo ada yng mau jual hubungi saya e-mail tio_survey@yahoo.com terutama bagi yng sanggup kirim daerah palembang… trim


  13. admin saya mw menawarkan jagung nih..!!!
    d tunggu balesannya.
    terima kasih


  14. Kami penggemar ayam pelung tnggal di manado,adakah no telepon yG bisa dihubungi peternak ayam pelung di cianjur,mohon bantuannya triims


  15. gmn cara nya supaya ayam pelung berkokok panjang,,di ksh pakan apa ???


  16. Tuku ayam


  17. kalau mau beli yang murah dimana ya? alamat lengkapnya


    • mas ari, domisili dimana?kalo penangkaran ayam pelung sy di kota malang..Achmad


      • ramaikan bursa lelang ayam pelung grup facebook….


    • saya orang solo pak


  18. saya mau bel ayam pelung yang murah dimana ya….umur dan harga brapa kisarannya 085782575652


    • hubungi hendra 08172361541


    • saya punya 6 ekor,,usia 7 bulan,,ayam pelung jayadipa asli,,,hub (022)92397432,,,harga bisa nego


      • harga perekor brpaan bang???? alamat anda dmna bang???


  19. Mas mau tanya ayam pelung dg ciri2 bagus dinilai dari mana


  20. kita dari HIPOCI Cianjur saat ini mendampingi peternak ayam pelung di gekbrong Cianjur….hub hendra 08172361541 seputar ayam pelung


  21. saya jual ayam pelung jayadipa asli cianjur,,umut 7 bulan,,ada 6 ekor,,,suara bagus,,hub soni (022) 92397432,,harga nego


  22. mas ni q mau jual ayam pelung jantan dan betina umur 7-8bln dengan harga cukup murah hanya 500 satu pasang.


  23. Tolong dong mas, E-mailke kentstones483@yahoo.com “tata cara beternak ayam pelung, trim.


  24. ini ada bahan referensi gan

    http://jualayampelung.blogspot.com/


  25. permisi mbak caranya menjinakkan ayam jago pelung tu gimana,punya q kalo mau saya pegang apsti notol tu mbak kalo nggk gitu ya nladung.
    tolong solusinya..
    makasih.


  26. saya memelihara 3 ekor jantan dan 3 ekor betina dalam satu kandang. tapi sampai sekarang belum bertelur juga. apa yang harus saya lakukan? terimakasih..



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: