h1

Jalan Sukanagara Rusak Parah

07/12/2007

jalan-sukanara-rusak.jpgSejumlah ruas jalan yang melalui beberapa kecamatan di wilayah selatan Kab. Cianjur banyak yang rusak cukup parah. Kondisi tersebut dikeluhkan berbagai kalangan pengguna transportasi di wilayah selatan Cianjur. Selain tidak nyaman dilalui, dikhawatirkan mengancam keselamatan pengguna jalan. Kerusakan jalan juga membuat laju kendaraan menjadi lambat dan waktu tempuh ke beberapa daerah di Selatan Cianjur menjadi lebih lama.
KENDARAAN umum berusaha menghindari kubangan sisa hujan pada lubang-lubang di jalan di kawasan Sukanagara Kab. Cianjur. Pengguna transportasi mengeluhkan sejumlah ruas jalan di wilayah Selatan Kab. Cianjur yang rusak cukup parah.

Kondisi jalan rusak terlihat hampir di sepanjang jalur menuju wilayah selatan Kab. Cianjur. Hanya sebagian kecil ruas jalan yang kondisinya masih bagus.

sukanagara2.jpgJalan retak-retak, bergelombang, aspal terkelupas menjadi pemandangan biasa bila melalui ruas jalan menuju selatan Cianjur. Malahan di beberapa lokasi, kerusakan jalan cukup parah, lubang di badan jalan cukup besar sehingga seperti kubangan begitu hujan tiba.

Dengan kondisi jalan seperti itu, pengguna jalan harus ekstra hati-hati memilih jalan. Malahan tidak jarang harus melebar ke kanan jalan (arah berlawanan-red.) menghindari lubang supaya kendaraan yang mereka gunakan tidak terjebak lubang jalan. Ditambah lagi, jalan menuju wilayah selatan Cianjur medannya cukup berat berupa belokan tajam, turunan landai dan tanjakan curam.

Kondisi jalan seperti itu hampir merata, tersebar di sejumlah wilayah kecamatan yang dilalui. Jalan rusak sudah mulai terlihat saat memasuki Kec. Cilaku, dan Cibeber. Semakin ke selatan, kondisi jalan semakin banyak yang rusak. Misalnya di Campaka, Sukanagara, Tanggeung, Cibinong hingga Sindangbarang dan Cidaun. Demikian pula dengan kondisi jalan ke selatan dari Sukanagara menuju Kadupandak hingga Cijati. Di beberapa lokasi sudah banyak yang mengalami kerusakan.

Rusaknya kondisi jalan di selatan Cianjur dikeluhkan beberapa kalangan. Misalnya, Rudi salah seorang tokoh pemuda Warga Ds. Bojongkasih Kec. Kadupandak Kab. Cianjur. Dia berharap pemerintah bisa secepatnya memperbaiki jalan yang rusak di beberapa lokasi. Pasalnya dengan kondisi jalan seperti sekarang, selain melaluinya tidak nyaman, dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan. Apalagi ketika hujan turun, lubang di badan jalan yang tertutup air menjadi tidak kelihatan. “Mudah-mudahan bisa secepatnya diperbaiki, terutama yang kerusakan jalannya parah dan membahayakan,” ujarnya.

Foto Diambil : Kecamatan Sukanagara – Cianjur Selatan : Sabtu, 7 Juli 2007

7 komentar

  1. iya tuh, kan kasian pengguna jalan ! saya juga sering sekali bepergian ke Sukanagara, berhubung nenek dan saudara-saudara saya banyak yang tinggal disana.


  2. mas putradi >> iya tuh.. saya juga sering ke sukanagara (anak istri malah liburan disana kok) jalannya waduuuuhhhh Mentok bemperrr…. mana kalau malam kabutnya tebel banget… jalan banyak lubangnya..
    Lokasi si cianjur sih sangat amat INDAH.. Melebihi PUNCAK deh.. Cuma tidak dikelola dengan benar.. seakan2 wilayah cianjur selatan dianak tirikan…
    Salamkenal mas >:D


  3. i read about jalan sukanagara rusak parah, my heart is broken, and very sad, i love cianjur, i miss cianjur .12 tahun yang lalu saya selalu pulang pergi antara cianjur selatan dan cianjur kota mobil yang di tumpangi saya selalu ajrug-ajrugan,perjalanan yang sangat jauh ,agrabinta.tiba di ramah badan ku trasa sakit aaaaddduuuuuuuuhhh. kasihan pada orang-orang yang punya keluarga di daerah pakidulan, kumaha atuh ieu teh, dikira ciajur selatan jalan-jalannya sudah bagus tapi ternyata saya baca tentang jalan sukanagara rusak parah,oh my god what happenig with cianjur…….i hope cianjur goverment bisa mendatangani jalan-jalan yang rusak disekitar cianjur selatan,coba bayang kan cianjur adalah kota mashur di indonesia dan ke negara-negara lain termasuk ke negara terpenting di dunia america serikat kalau cianjur di urus dengan baik,cianjur akan menjadi kota terkaya di indonesia,coba lihat tanah nya yang subur beras nya termashur ,pemandangan nya yang bagus ,pantai-pantainya yang indah yang di milikki sindang barang dan agrabinta.coba pikir kan… hatur nuhun.


  4. Makanya investor banyak yang berinvestasi di wil. Sukabumi, Ciamis, garut etc yang akses transportasinya relatif lebih baik. Tunggu aja kalo Cianjur Selatan betul2 mau pisahkan diri, dijamin inohong2 di pancaniti nyesel. do it before late jurgan….


  5. betuuuuul…… MR Lukman, saya setujuuuuu,do it before to late.


  6. Cianjur selatan mulai Kec. Cidaun, Sd.barang,Tanggeung sampai Sukanagara harus diintegrasikan kewilayah Kab Bandung Barat, karena pemda Kab Bandung Barat menitik beratkan pembangunannya ke wilayah barat (Kec.Gununghalu dan Rongga) yang berbatasan langsung dengan Kab.


  7. aduh kumaha atuh yeh…jalan teh ngan rusak wae..



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 278 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: