h1

budidaya-ikan-air-tawar

06/12/2007

BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR POTENSI EKONOMI MASA DEPAN

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Mungkin sepotong kalimat itu menunjukkan kepada kita bahwa dengan memulai sesuatu akan lebih baik daripada tidak mencoba memberikan sedikit kontribusi yang tanpa kita sadari padahal itu yang terbaik dari diri kita. Berbicara tentang rencana pembangunan bangsa pada jangka panjang dua puluh tahun, salah satunya akan memfokuskan pada perwujudan Indonesia sebagai negara kepulauan yang mandiri dan kuat. Laut dan pulau-pulau di sekitarnya yang akan menjadi kekuatan dari pembangunan nasional itu sendiri. Jika kita sadari, ternyata Provinsi Kepulauan Bangka – Belitung dapat menjadi salah satu sasaran untuk itu. Sesuai dengan UU No. 22/1999, provinsi kepulauan yang terbilang masih muda dengan umur baru menginjak delapan tahun namun memiliki perairan 65.281 Km2 lebih luas jika dibandingkan daratannya yang hanya seluas 16.281 Km2 . Kondisi ini tentunya dapat menjadi fokus pembangunan pemerintah daerah untuk mengembangkan pembangunan ke depannya yang diprioritaskan pada sektor bahari. Perairan yang dibicarakan di sini tentunya mencakup perairan darat maupun laut. Persepsi masyarakat mungkin akan tertuju pada sektor kelautan yang diharapkan akan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini ditunjukkan dengan hasil ikan laut di provinsi ini pada tahun 1998 sebelum provinsi ini dideklarasikan menunjukkan bahwa total dari volume ikan laut untuk Kabupaten Bangka, Belitung dan Pangkalpinang sebesar 123.046 ton (Sumber: Bangka, Belitung dan Pangkalpinang dalam angka 1998 (BAPPEDA)). Bahkan saat sekarang ada sebagian industri kecil yang telah mengelola ikan laut menjadi makanan khas provinsi ini misalnya diolah menjadi kemplang/kerupuk, abon ikan, ikan asin, dan lain sebaginya.Tidak selamanya subsektor perikanan laut dapat menjadi sumber pendapatan untuk sebuah daerah. Terkadang ada saat tertentu pasti akan terjadi penurunan hasil laut yang dikarenakan kondisi cuaca yang tidak mendukung para nelayan untuk mendapatkan hasil tangkapan berupa hasil laut, apalagi pada saat musim seperti sekarang ini. Mengingat sektor perikanan akan tetap menjadi salah satu sektor unggulan di negeri ini, maka akan sangat tepat jika kita mulai memberi perhatian yang lebih pada sektor perikanan air tawar.

Namun apakah budidaya ikan air tawar ini dapat memberikan kontribusi bagi sektor perikanan? Atau mungkinkah subsektor perikanan, khususnya budidaya ikan air tawar akan terus eksis di negeri serumpun sebalai ini? Beberapa pertanyaan seperti tersebut di atas mungkin akan timbul di benak kita. Jawabannya dapat kita lihat sendiri, bahwa pemerintah daerah telah memulai untuk itu dan diharapkan masyarakat mau memulai budidaya ikan air tawar dapat semakin marak seiring dengan memanfaatkan kolong-kolong eks penambangan timah yang tidak terpakai lagi. Walaupun hanya sebagian kecil masyarakat kita telah memulai mengembangkan budidaya ikan air tawar tersebut. Timbul pertanyaan mengapa budidaya ini hanya dilakukan oleh sebagian kecil dari masyarakat kita? Pasti ada masalah atau kendala-kendala yang menjadi penyebabnya sehingga untuk budidaya ini jumlahnya sangat sedikit sekali.

Hal ini bisa dikarenakan mahalnya bibit dari ikan air tawar itu sendiri atau semakin mahalnya harga pakan ternak untuk makanan ikan air tawar tersebut, serta kurangnya penyuluhan-penyuluhan untuk menambah keterampilan petani ikan air tawar dalam meningkatkan nilai tambah hasil produksi.Namun jika kita kaji lebih dalam, ternyata ikan air tawar dapat dijadikan salah satu potensi ekonomi masa yang depan dan keuntungan bagi masyarakat sendiri khususnya dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga hubungannya dengan pemenuhan hidup sehari-hari. Untuk tingkat lokal sendiri dapat dijadikan konsumsi masyarakat sehari-hari. Jika ada suatu pembelajaran yang baik pasti suatu saat akan menjadi salah satu komoditi ekspor ke luar negeri, seperti : udang, ikan kerapu, kakap merah, kepiting dan cumi-cumi. Dengan memanfaatkan potensi lahan yang masih luas untuk dijadikan tambak ikan atau udang air tawar, secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu, lokasi eks penambangan timah minimal dapat sedikit memberikan nilai tambah, jika areal atau lokasi tersebut dapat dikelola dengan baik untuk budidaya ikan air tawar.

Apakah semua itu bisa terwujud? Yang pasti tidak ada yang tidak bisa. Asal ada kemauan pasti akan ada jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut. Usaha ini pasti akan terwujud dengan satu tekad dan tujuan untuk membawa negeri ini ke arah yang lebih baik. Dengan perencanaan, pengelolaan serta pemasaran yang baik dari budidaya ikan air tawar pasti tujuan yang diinginkan akan tercapai. Memang ini bukan merupakan PR (Pekerjaan Rumah) pemerintah daerah sendiri. Bantuan pihak-pihak lain tentunya sangat diperlukan untuk keberhasilan program pengembangan budidaya Ikan air tawar ke depan. Kita yakin pihak universitas dan masyarakat tidak akan tinggal diam dalam menyikapi hal ini dan pasti akan berperan aktif jika memang diperlukan. Kerjasama berupa, penelitian, pelatihan keterampilan tenaga kerjanya baik teknis di lapangan maupun manajemen pengelolaan dan pemasaran ikan air tawar itu sendiri sehingga tujuan akhirnya dapat tercapai yakni untuk memberikan andil yang besar dalam menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam hal ini, memang masyarakat lah yang harus memulai dan mampu membuktikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan wilayah yang tidak hanya unggul dalam pada subsektor perikanan laut namun perikanan air tawar juga harus diperhitungkan. Karena tidak menutup kemungkinan investor dapat beralih ke sektor ini setelah berakhirnya pasca timah. Apalagi letak geografis dari propinsi yang sangat mendukung untuk sarana pemasaran ke luar atau ke dalam negeri. Dari saluran distribusi telah memungkinkan kita untuk berani menerobos pasar-pasar yang ada di luar Babel sendiri. Sarana transportasi laut di propinsi ini telah tersedia dan bisa dikatakan cukup untuk itu. Dengan kondisi-kondisi tersebut di atas, kita yakin investor pasti akan datang dengan sendirinya tanpa harus menunggu dengan alasan kurangnya data dan informasi serta fasilitas-fasilitas yang ada. Kita sangat berharap semoga pimpinan daerah yang akan terpilih pada pilkada nanti dapat menjadikan sektor ini sebagai salah sektor unggulan dalam program pembangunan Bangka Belitung lima tahun yang akan datang.Akankah pada kenyataannya nanti kita dapat menunjukkan bahwa budidaya ikan air tawar memang merupakan salah sektor ekonomi potensial masa yang akan datang di Bumi Serumpun Sebalai sehingga kita dapat berkata memang belum terlambat untuk memulainya dari sekarang. [UBB]

Download BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR

Download makalah Budidaya Ikan Air tawar :

  1. Untuk DOWNLOAD File Cara Budi Daya Ikan Patin,Pengelolaan -Makanan Ikan Patin dan Biaya Usaha KLIK DISINI!
  2. Info Harga Ikan Air Tawar 2009 KLIK di SINI
  3. Cara Membuat Pakan Ikan KLIK SINI

12 komentar

  1. Tips budidaya ikan agar panen cepat & irit pakan, ikan tidak stress, tahan penyakit, angka kematian sangat rendah, kualitas daging bermutu tinggi: (1) Campur 1 botol VITERNA (Vitamin Ternak Natural) + 1 botol HORMON ORGANIK. (2) Kemudian ambil campuran VIterna Hormonik 10 cc (1 tutup) + 2,5 Kg pakan apa saja. Pemberian pakan pagi hari 1 x sehari atau pagi & sore 1 x sehari. Buktikan hasilnya dalam 3 bulan. Viterna & Hormon Organik bisa diorder online di http://www.organic2indonesia.com/wp tersedia Video CD teknis budidaya organik perikanan.


  2. tips budidaya ikan gabus!


  3. Setuju sekali :)

    salam kenal dari peternak ikan lele Cianjur


  4. [...] :http://rivafauziah.wordpress.com/2007/06/12/budidaya-ikan-air-tawar-2/ Download doc Download Pdf Did you like this? Share it:Tweet This entry was posted in [...]


  5. alangkah bagusnya jika sebuah badan penyuluhan juga berperan sebagai moderator untuk penjualan hasil panen dr budidaya tersebut tetapi apakah itu memungkinkan?


  6. semua pasti bisa dilakukan dengan baik jika kita sungguh” ingin mengembangkan suatu bisnis termasuk bisnis ikan air tawar akan bisa mnjadi bisnis yang sngt prospektif..


  7. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000 ekor, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000 butir, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor, 4-6 = 2500 ekor, 5-7 = 2000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.


  8. tepat sekali dengan tulisan diatas, jika ada sedikit saja lahan jangan sampai hanya berpangku tangan, manfaatkan peluang untuk mengatasi krisis global ini dengan aneka budidaya, diantaranya adalah budidaya perikanan


  9. Saya telah m’buat kolam, tp ikannya sering mati2


    • pengolahan management air boss,,, perlu dijaga


  10. pemikiran yang idealis


  11. Saya cari ikan gabus/kutuk hidup dalam jumlah besar, berat minimal 300gr/ekor @ minimal 4 ton pembayaran cash di tempat, bagi agan2 yg bisa supply hub. 085249954425 h.madi



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 276 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: