h1

Email itu apa sih?

05/25/2007

email.jpgEmail atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman rujukan di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun dalam tulisan ini saya akan tetap menggunakan kata email agar anda tidak dibuat bingung dengan masalah bahasa.

Email sebagaimana layaknya surat, dibuat dengan tujuan untuk berkomunikasi. Bedanya bila surat yang biasa dibuat diatas kertas, dan dikirim dengan perantara kurir (lebih umum POS) maka hal tersebut tidak berlaku dengan email.

Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.

Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Namun tidak seperti alamat surat yang lazim kita gunakan. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et). Misalnya email saya adalah email saya : riva_fauziah@yahoo.com

Lebih banyak informasi tentang email silahkan merujuk pada:

* Surat Elektronik di Wikipedia Indonesia
* E-Mail di Wikipedia berbahasa Inggris, dan
* Email di WikiDirektif

Cara membuat akun email (email account)

Bila anda menggunakan layanan sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (PJI, ISP) untuk berinternet ria, biasanya anda akan diberikan sebuah atau bahkan mungkin beberapa alamat email yang siap digunakan. Namun bila tidak, anda masih dapat membuat sebuah akun email dengan gratis pada banyak penyedia jasa layanan email yang sifatnya gratisan.

Begitu banyaknya penyedia layanan dimaksud hingga kadang membuat bingung bagi mereka, netter yang sudah lama memanfaatkan jasa tersebut. Kadang dengan alasan ruang penyimpanan (space) yang mulai tidak cukup lagi, sekedar coba-coba layanan baru, sebab tawaran fitur yang dijanjikan penyedia, atau bahkan dengan alasan sangat norak – “keren kan punya akun email disana!”

Dalam tulisan ini, saya akan membatasi panduan cara membuat email hanya untuk layanan di Yahoo! Mail dan Gmail saja.

Yahoo!Mail

  • Buka alamat http://mail.yahoo.com pada browser web anda * Klik tautan secure yang terdapat dibawah form login
  • Klik tautan Sign-Up. Kemudian anda akan diantarkan pada halaman registrasi.
  • Pada halaman ini silahkan isi informasi yang dibutuhkan (ditandai dengan karakter bintang atau asterik (*))

Saya tidak menyarankan, tapi perlu diingat, tidak semua informasi yang dibutuhkan harus diisi dengan valid. Anda dipersilahkan untuk memanipulasi identitas yang sifatnya pribadi. Saat mengisikan Yahoo!ID, silahkan klik tombol Check Availability of This ID untuk sekedar memastikan bahwa akun atau identitas yang anda inginkan tersedia, atau belum digunakan oleh pengguna lain. Coba dengan ID lain bila ternyata identitas yang anda inginkan sudah tidak lagi tersedia. Gunakan juga password yang baik.

  • Baca dengan cermat ketentuan penggunaan (Term of Service, TOS) serta aturan privacy (Privacy Policy)

Bila anda setuju klik I Agree, bila tidak silahkan tutup browser anda tanpa perlu mengklik tombol I Do Not Agree.

  • Proses registrasi sudah selesai bila anda kemudian dihantarkan pada halaman yang Yahoo! Registration Complete yang berisi beberapa informasi yang telah anda isikan sebelumnya, termasuk Yahoo!ID dan alamat email anda.
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Continue to Yahoo!Mail
  • Selamat anda telah memiliki sebuah akun email baru dengan domain yahoo.com. Yahoo!ID dan password yang anda miliki dari pendaftaran ini dapat juga digunakan pada beberapa layanan lain yang disediakan oleh Yahoo!.

Gmail

Tidak seperti Yahoo!Mail, untuk mendaftar di Gmail anda harus mendapatkan sebuah undangan dari para pengguna lain yang sudah terlebih dahulu memiliki akun email disana. Bila anda memerlukan sebuah undangan atau Gmail invitation, silahkan hubungi saya melalui email atau dengan dengan memberikan komentar.

  • Bila sebuah undangan telah dikirimkan untuk anda, maka yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan aktivasi undangan tersebut dengan mengklik tautan yang dikirim. Selanjutnya anda akan dihantarkan pada halaman dimana anda harus mengisikan beberapa informasi yang dibutuhkan.
  • Klik tombol I have read and agree to the Term and of Use. Creat my account. Setelah informasi yang dibutuhkan pada halaman registrasi anda isi dengan lengkap.
  • Sesaat kemudian anda mendapati halaman Introduction to Gmail dan ucapan Congrulations bila proses pendaftaran tidak ada masalah.
  • Lalu klik I’m ready – show me my account bila sudah tidak sabar untuk mengirimkan ucapan terimakasih kepada si pemberi undangan. Tak berbeda dengan Yahoo!, akun Gmail anda juga bisa digunakan untuk keperluan layanan lain yang disediakan oleh Google.

Jangan lupa Sign-Out

Saat anda telah memiliki email, gunakanlah dengan baik dengan mengindahkan netiket. Penggunaan emoticon juga bisa anda selipkan diantara kalimat-kalimat surat elektronik yang akan dikirim kepada rekan-rekan anda.

Perlu juga rasanya saya ingatkan, bila anda mengakses akun email menggunakan mail client berbasis web pada tempat-tempat umum seperti warnet, kantor, atau lab komputer di sekolah, jangan menandai checklist Remember my ID on this computer atau semacamnya saat anda akan log-in, juga jangan pernah lupa untuk mengklik teks atau tombol sign out setiap kali anda selesai menggunakan layanan email. Hal ini memberikan jaminan ekstra bahwa akun email anda bebas dari penyalahgunaan oleh orang yang tak berhak.

Terakhir, jangan segan-segan untuk bertanya bila mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran akun email pertama anda.

5 komentar

  1. Assalamualaikum,fauziah,,,
    makasih ya infonya,oya tolong kasih penjelasan lebih juga dunkz tentang gmail…
    dan aku juga minta undangannya dong…
    mau ya..
    makasi..
    jazakillahukhaira
    moga2 webnya berkembang terusss
    wassalamualaikum
    =============================================
    Penjelasan dapat Saudara Lihat di : http://telematika.co.id dan http://blog.telematika.co.id


  2. Halo fauziah,minta foto kamu dong kirim ya ke nomor q 081398509669


    • Teh islya : Lewat YM lebih baik.. Eh Kok minta kontak person kita segala.. waaah! teh Islya mau kirim parcel ya?

      Ym : rivafauziah@yahoo.com


  3. nice post gan…..


  4. mantabb nice post gan…..



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 276 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: