h1

Program Pelatihan Guru TK

07/25/2006

Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional berupaya meningkatkan mutu tamatan sekolah Taman Kanak – kanak (TK) agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, guru memegang peranan kunci dan menentukan keberhasilan pendidikan melalui kegiatan belajar mengajar disamping faktor – faktor sumber daya lainnya. Oleh karena itu peningkatan kualifikasi guru taman kanak – kanak agar diuapayakan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta serta agar sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Guru yang kualifikasinya sesuai mempunyai korelasi tinggi terhadap mutu tamatan sekolah.

Salah satu peningkatan kualifikasi guru dilakukan melalui akreditasi menuju kualifikasi D2 PGTK oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terhadap program pendidikan dan latihan bagi guru taman kanak-kanak. Sehubungan dengan Otonomi Daerah, maka pelaksanaan peningkatan kualifikasi guru taman kanak-kanak menuju kualifikasi D2 PGTK menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kabuapaten/Kota bekerja sama dengan LPTK setempat/terdekat, namun demikian Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional sesuai kewenanganya melalui kerjasama dengan Prof.Dr. Conny R Semiawan dan kawan – kawan dari Universitas Negeri Jakarta serta masukan dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, IKIP Negeri Singaraja dan Universitas Negeri Lambungmangkurat Banjarmasin, telah menyusun Buku I Naskah Akademik Perintisan Akreditasi Program Pelatihan Guru Taman Kanan-kanak menuju Kualifikasi D2 mencakup nomna-norma akademik untuk digunakan sebagai salah satu acuan peningkatan kualitas guru taman kanak-kanak. Diharapkan adanya Naskah Akademik ini dapat membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan kerjasama dengan LPTK dalam upaya meningkatkan kualifikasi guru taman kanak-kanak di wilayahnya sehingga mutu pendidikan dapat tercapai. Selanjutnya Dinas Pendidikan propinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat mengembangakan Naskah Akademik ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wilayahnya sehingga pelaksanaanya menjadi efektif dan efisien.

5 komentar

  1. Assalaamualaikum Ibu Riva,
    Senang sekali bisa bertemu di dunia maya. Ada banyak kesamaan visi dan misi untuk meningkatkan dunia pendidikan. Apakah bisa kita melakukan kerja sama. Silahkan kunjungi website kami: http://www.sopyanmk.wordpress.com atau http://www.prasastiimani.org

    Terima kasih,
    Sopyan


  2. Saya tertarik dengan tulisan anda diatas mengenai peningkatan mutu pendidikan untuk Taman Kanak-Kanak. berkaitan dengan itu ada beberap hal yang ingin saya taxakan antara lain;
    – Apakah peningkatan mutu pendidikan Taman Kanak-Kanak ini berkaitan dengan standar pengajar dari TK tersebut seperti yang ada saat ini yaitu Pengajar TK harus tamatan S1
    – Apakah anda tahu tempat pelatihan guru TK di jogja (PGTK). jika andan tahu tolong kirim alamat PGTK tersebut ke email saya;
    bayu_p_kusuma@yahoo.com

    terima kasih atas perhatianya


  3. kapan ya kita mengadakan seminar outbound calistung (cara cepat membaca, menulis dan menghitung dengan metode outbpund) asik lho… kami punya team yang solid…..target jelas dan mantaap….(0274) 6932552 / 0818260304


  4. METODE PERTAMA DI INDONESIA

    OUT BOUND CALISTUNG
    Semakin dini usia anak, maka konsep bermain itu belajar sangat melekat didalam system pembelajaran. Berawal dari hal ini, maka kami mempunyai ide jitu, unik, pertama dan paling utama, yaitu Out Bound calistung (cara memperkenalkan membaca, menulis dan menghitung dengan metode Out Bound)
    Out bound calistung paling disukai anak, dikarenakan :
    1. Situasi bermain sambil belajar,
    2. Tempat diluar ruangan,terbukti mempercepat daya tangkap ilmu kedalam otak anak
    3. Memaksimalkan otot, otak dan hati dalam rangkaian gerakan terbukti sangat mudah dicerna dan ilmu yang ada tahan lama
    4. Melalui Out Bound, suasana kondusif dapat diciptakan, sehingga mampu membangun konsentrasi anak untuk dapat berpikir, bertindak lebih baik dan lebih efektif.

    Event-event yang dapat dilaksanakan guna menunjang pemahaman Out Bound calistung, kami memberikan beragam penawaran, diantaranya :
    1. Pelatihan bersertifikasi (level I, II dan master Trainer Out Bound calistung)
    2. Diskusi
    3. Bedah modul
    4. Out bound calistung kepada guru, orangtua dan pemerhati anak
    5. Out Bound calistung kepada anak didik
    6. Seminar

    (0274) 6932552 / 0818260304


  5. Kalau kita pengen jadi guru TK kuliahnya dimana??mungkin bisa memberi saya informasi universitas yang mempunya program tersebut?tks



Tulis Balasan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 276 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: